Sukses

1 Liter Berapa Kg? Lengkap Satuan Berat dan Contoh Soalnya

1 liter berapa kg adalah 1 kg, karena 1 liter setara dengan 1 kg.

Liputan6.com, Jakarta 1 liter berapa kg atau kilogram merupakan pertanyaan yang kerap kali digunakan untuk menghitung ukuran benda maupun barang dalam kehidupan sehari-hari. Kilogram adalah satuan massa dalam Sistem Satuan Internasional (SI). Sementara itu, liter adalah pengukur volume.

1 liter berapa kg atau kilogram bisa digunakan untk mengukur benda padat maupun cair. Pengukuran liter dan kg atau kilogram sendiri paling sering digunakan dalam menentukan ukuran pada barang ataupun benda.

Untuk itu, tak jarang kita mendengar pertanyaan 1 liter berapa kg atau kilogram dalam pengukuran benda atau barang. Bahkan pertanyaan 1 liter berapa kg atau kilogram juga terdapat dalam materi matematika.

Untuk lebih rinci, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai 1 liter berapa kg yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Senin (12/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Satuan Liter Adalah

Satuan liter adalah unit pengukur volume. Liter bukan salah satu dari unit SI, tetapi sering digunakan sebagai salah satu dari "unit di luar SI yang diterima penggunaannya dengan SI". Unit SI untuk volume adalah meter kubik (m³).

Kata liter sendiri berasal dari bahasa Perancis, tepatnya "litron", yang diperkenalkan untuk pertama kalinya di tahun 1785. Satuan liter ini juga dapat digunakan untuk mengukur massa. Pada umumnya, satuan liter digunakan untuk mengukur massa benda cair.

Lambang satuan liter adalah huruf l kecil atau huruf besarnya, L. Biasanya huruf l kecil yang lebih melengkung (ℓ) juga digunakan, tetapi tidak diterima oleh BIPM atau Biro Internasional untuk Ukuran dan Timbangan.

3 dari 6 halaman

Satuan Berat Adalah

Satuan berat merupakan standar atau dasar ukuran yang digunakan untuk menyatakan berat dari suatu benda. Ada dua sistem yang digunakan untuk menyatakan berat. Sistem metrik yang merupakan satuan internasional (SI) dan sistem imperial yang digunakan oleh Amerika Serikat. Pada umumnya, untuk satuan yang sesuai dengan satuan internasional atau SI, terdiri dari miligram (mg), sentigram (cg), desigram (dg), gram (g), dekagram (dag), hektogram (hg), kilogram (kg), ons, pon, kati, kuintal, dan ton. Salah satu satuan berat yang paling sering digunakan adalah kilogram atau gram.

4 dari 6 halaman

Cara Menghitung 1 Liter Berapa Kg

Seperti yang telah dijelaskan di atas, 1 liter berapa kg yakni setara dengan 1 kg. Satuan kilogram ini merupakan turunan dari gram. Namun, liter adalah satuan dari sebuah volume. Sedangkan kilogram adalah satuan berat masa benda. Sederhananya, massa jenis adalah tetapan yang dimiliki oleh setiap benda baik padatan, cair atau gas. Cara menghitung massa jenis adalah sebagai berikut:

Volume atau rho (massa jenis)= m (massa) / v (volume).

p = m/V

Untuk menjawab pertanyaan 1 liter berapa kg, anda dapat menggunakan rumus matematika berikut ini:

m = p x V

m = 1 (Kg/L) x 1 L

m = 1 Kg

Jadi, hasil atau jawaban dari pertanyaan 1 liter berapa kg adalah 1 kg, karena 1 liter setara dengan 1 kg.

5 dari 6 halaman

Daftar Satuan Liter

Satu liter sama dengan:

1. 0.001 meter kubik,

2. 1 desimeter kubik,

3. 1000 sentimeter kubik

4. volume sebuah kubus dengan sisi masing-masing 10 sentimeter.

Ada 1.000 liter dalam satu meter kubik (m³). Liter dapat dibagi lagi kepada satuan yang lebih kecil lagi. 1 liter sama dengan:

a. 1.000.000 mikroliter (µL)

b. 1.000 mililiter (mL) = 1.000 sentimeter kubik (cm³),

c. 100 sentiliter (cL),

d. 10 desiliter (dL),

e. 0,01 hektoliter (hL).

Volume yang lebih besar dapat dihitung dengan kiloliter (1 kL = 1.000 liter) atau megaliter (1 ML = 1.000.000 liter).

Tidak ada standar internasional mengenai kapan menggunakan liter dan kapan menggunakan meter kubik. Biasanya liter digunakan dengan barang-barang yang diukur menurut kapasitas atau ukuran wadahnya (misalnya cairan), sementara meter kubik biasanya digunakan dengan barang-barang yang diukur menurut dimensi mereka. Liter juga sering digunakan dalam beberapa pengukuran yang telah diperhitungkan, seperti kepadatan (kg/L), sehingga mudah untuk dibandingkan dengan kepadatan air.

6 dari 6 halaman

Contoh Soal Liter Berapa Kilogram

Untuk lebih memahaminya, anda perlu mengetahui contoh soal ukuran liter berapa kilogram adalah.

1. Diketahui beras memiliki massa jenis 2 kg/liter. Kalau begitu, berapa massa untuk 2 liter beras? Jawab:

m = ρ × V

m = 2 (kg/liter) × 2 liter

m = 4 kg

Jadi, dapat disimpulkan bahwa massa 2 liter beras adalah 4 kg.

 

2. Diketahui beras memiliki massa jenis 1,5 kg/liter. Dengan begitu, berapa massa untuk 3 liter beras? Jawab:

m = ρ × V

m = 1,5 (kg/liter) × 3 liter

m = 4,5 kg

Jadi, dapat disimpulkan bahwa massa 3 liter beras adalah 4,5 kg.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.