Sukses

Contoh Kiamat Sugra Berikut Pengertian dan Dalilnya dalam Al-Qur’an

Liputan6.com, Jakarta Contoh kiamat sugra belakangan banyak terjadi di Indonesia maupun dunia. Kiamat dalam berbagai agama dipercaya sebagai sebuah proses menuju kehidupan abadi. Pada hari kiamat manusia akan diadili dengan sesuai amalan dan perbuatan yang telah ia lakukan selama hidup di dunia. Tidak ada yang mengetahui secara pasti kapan kiamat akan terjadi, namun beberapa agama memberi petunjuk tentang tanda-tanda kiamat.

Dalam Islam, kiamat merupakan salah satu rukun iman. Seorang muslim yang beriman harus mempercayai kedatangan kiamat atau hari akhir agar terus memacu dirinya untuk sesalu berbuat kebaikan. Islam juga membagi kiamat menjadi dua, yaitu kiamat kubra dan kiamat sugra. 

Kiamat kubro adalah kiamat yang hanya akan terjadi sekali, sedangkan kiamat sugra dapat terjadi beberapa kali dalam kehidupan. Contoh kiamat sugra dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari  terjadi adalah kiamat yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari. Berikut contoh kiamat sugra beserta pengertian dan dalil serta haditsnya, Kamis (8/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Contoh Kiamat Sugra: Pengertian dan Perbedaannya dengan Kiamat Kubra

Dalam Islam, kiamat dibedakan menjadi dua yaitu kiamat sugra dan kiamat kubra. Apabila dijelaskan secara sederhana, kiamat sugra merupakan kiamat kecil, sedangkan kiamat kubra adalah kiamat besar.

Secara lebih terperinci kiamat Sugra adalah matinya setiap individu manusia dan bisa juga berupa bencana-bencana alam. Sedangkan, kiamat kubra adalah hancur dan berakhirnya seluruh fisik dan hukum dunia fana.

Contoh kiamat sugra merupakan kiamat yang bisa dapat dialami dalam kehidupan sehari-hari. Kiamat Sugra dapat dilihat dari tanda-tanda seperti kerusakan alam, kematian manusia dan lain-lain. Semua makhluk hidup pasti akan mati, baik orang tua, dewasa, muda, anak-anak, bahkan bayi bisa mati kapan saja. Tidak ada yang tahu kapan kematian akan datang dang dengan cara seperti apa. Peristiwa ini disebut hari akhir atau yang bisa disebut kiamat sugra.

Sama seperti kematian, tidak ada yang bisa tahu maupun dapat memprediksi kapan terjadinya akhir dunia. Tidak ada makhluk yang bisa lolos dari kiamat. Umat ​​Islam harus mengimani adanya Hari Kiamat sebagai tanda keimanannya kepada Allah SWT. 

Kiamat sugra memiliki fungsi yang penting dalam kehidupan umat muslim. Contoh kiamat sugra seperti kematian dan bencana alam berfungsi agar umat Islam selalu mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT Sang Pencipta Alam. misalnya pada saat bencana melanda, manusia akan berdoa dan memohon pertolongan Allah.

3 dari 4 halaman

Contoh Kiamat Sugra: Dalil

1. Ar Rahman, ayat 26-27

كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍۖ وَّيَبْقٰى وَجْهُ رَبِّكَ ذُو الْجَلٰلِ وَالْاِكْرَامِۚ٢٦

Semua yang ada di atasnya (bumi) itu akan binasa. (Akan tetapi,) wajah (zat) Tuhanmu yang memiliki kebesaran dan kemuliaan tetap kekal.

2. Ali Imran, ayat 185

كُلُّ نَفْسٍ ذَاۤىِٕقَةُ الْمَوْتِۗ وَاِنَّمَا تُوَفَّوْنَ اُجُوْرَكُمْ يَوْمَ الْقِيٰمَةِ ۗ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَاُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ اِلَّا مَتَاعُ الْغُرُوْرِ

Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Hanya pada hari Kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Siapa yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh dia memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya.

3. Al-Araf ayat 51-52 

الَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا دِيْنَهُمْ لَهْوًا وَّلَعِبًا وَّغَرَّتْهُمُ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَاۚ فَالْيَوْمَ نَنْسٰىهُمْ كَمَا نَسُوْا لِقَاۤءَ يَوْمِهِمْ هٰذَاۙ وَمَا كَانُوْا بِاٰيٰتِنَا يَجْحَدُوْنَ

51. (yaitu) orang-orang yang menjadikan agamanya sebagai permainan dan senda gurau, dan mereka telah tertipu oleh kehidupan dunia. Maka pada hari ini (Kiamat), Kami melupakan mereka sebagaimana mereka dahulu melupakan pertemuan hari ini, dan karena mereka mengingkari ayat-ayat Kami.

وَلَقَدْ جِئْنٰهُمْ بِكِتٰبٍ فَصَّلْنٰهُ عَلٰى عِلْمٍ هُدًى وَّرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُّؤْمِنُوْنَ

52. Sungguh, Kami telah mendatangkan Kitab (Al-Qur'an) kepada mereka, yang Kami jelaskan atas dasar pengetahuan, sebagai petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.

4. Al Hajj, ayat 7

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ

Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur.

4 dari 4 halaman

Contoh Kiamat Sugra

Mengutip buku Pendidikan Agama Islam karya Bachrul Ilmy dan buku Kiamat Bisa Datang Nanti Malam karya Moh. Hasan, berikut contoh kiamat sugra.

- Kematian

- Bencana alam seperti gunung meletus, banjir, kebakaran hutan, tanah longsor, badai, dan lain-lain.

- Mewabahnya penyakit menular

- Fitnah merajalelaLenyapnya ilmu pengetahuan.

- Diserahkannya urusan kepada orang yang bukan ahlinya.

- Maraknya perzinaan

- Adanya kematian yang mendadak.

- Sebagian orang menjadi murtad

- Lebih banyak jumlah wanita dibanding lelaki

- Banyaknya peminum khamar

-Lunturnya kejujuran

-Bermunculan nabi-nabi palsu

- Masjidil haram dihancukan

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS