Sukses

Samawa Artinya Semoga Rahmat Allah Menyertai, Simak Penjelasan Lengkapnya

Liputan6.com, Jakarta Samawa merupakan doa yang kerap diucapkan kepada pasangan pengantin baru. Samawa artinya adalah singkatan dari sakinah mawadah warahmah. Pernikahan dalam islam merupakan salah satu bentuk ibadah, dan sakinah mawadah warahmah menjadi tujuan dari pernikahan tersebut.

Samawa artinya adalah doa baik yang berisi pengharapan agar kehidupan rumah tangga pengantin baru berlangsung penuh cinta, kasih, dan rahmat dari Allah. Tidak hanya pengantin baru, pasanga yang telah menikah dalam waktu lama juga dpat menerima doa ini agar pernikahannya terus mendapatkan rahmat dari Allah hingga hanya maut yang dapat memisahkan.

Pada intinya samawa artinya adalah agar pasangan yang didoakan dapat menjalani pernikahannya bahagia di dunia dan di akhirat. Berikut ulasan Liputan6.com tentang samawa artinya yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Samawa Artinya Sakinah Mawaddah Warahmah

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, samawa artinya adalah singkatan dari sakinah mawaddah warahmah. Kalimat ini merupakan doa yang juga menjadi tujuan dari pernikahan dalam Islam.

Kalimat sakinah mawadah warahmah juga tercantum dalam Al-Qur’an  Surat Ar-Rum ayat 21. Ayat tersebut menjelaskan fungsi dan tujuan menikah dalam agama Islam.

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖۤ اَنۡ خَلَقَ لَكُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِكُمۡ اَزۡوَاجًا لِّتَسۡكُنُوۡۤا اِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُمۡ مَّوَدَّةً وَّرَحۡمَةً  ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ

Wa min Aayaatihiii an khalaqa lakum min anfusikum azwaajal litaskunuuu ilaihaa wa ja’ala bainakum mawad datanw wa rahmah; inna fii dzaalika la Aayaatin liqaumin yatafakkaruun.

Artinya: “Dan diantara tanda tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan Dia menjadikan diantaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh pada yang demikian itu benar benar terdapat tanda tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir”. (Q.S.Ar-Rum:21).

Dalam ayat tersebut terdapat kata لِّتَسۡكُنُوۡۤا (litaskunu) yang memiliki makna yang sama dengan kata sakinah, lalu mawaddah, dan rahmah. Ketiga kata tersebut kemudian kerap digabung menjadi satu kalimat yaitu sakinah mawadah warahmah yang sering diucapkan ketika dalam khotbah pernikahan ataupun dalam undangan pernikahan.

Apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, sakinah artinya tenang, damai, atau tenteram. Sedangkan, mawaddah artinya cinta kasih dan warahmah artinya rahmat. Melalui Ar-Rum ayat 21 Allah SWT berfirman kepada umatnya bahwa manusia diciptakan untuk saling berpasangan yaitu antara istri dan suami untuk mendapatkan ketenangan, ketentraman, dan juga kasih sayang.

3 dari 3 halaman

Samawa Artinya Sakinah Mawaddah Warahmah

Sakinah Artinya Tentram

Sakinah berasal dari bahasa Arab yang apa bila diartikan dalam bahasa Indonesia menjadi tenang, tentram, aman, dan damai. Kata sakinah dalam doa untuk pengantin baru menjadi pengharapan agar kehidupan rumah tangga pasangan pengantin baru ini berjalan tentram dan damai.

Konflik pasti terjadi dalam semua rumah tangga. Doa samawa artinya agar rumah tangga dapat menyelesaikan konflik yang ada dengan damai dan tentram tanpa perdebatan dan pertikaian yang tidak berkesudahan. Rumah tangga pengantin baru diharapkan seperti pada arti sakinah yaitu tentram, tenang, aman, dan damai.

Dengan adanya ketenangan maka anggota keluarga akan dapat memikirkan cara memecahkan masalah dengan tenang karena memiliki pikiran yang jernih. Konflik antar anggota keluarga dapat diselesaikan tanpa memecah belah keluarga.

Mawaddah Artinya Cinta Kasih

Mawadah dalam bahasa Arab jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi  kasih sayang dan cinta. Kata mawaddah dalam doa untuk pengantin baru menjadi pengharapan agar pasangan dapat saling memelihara rasa cinta kasih yang dimiliki.

Seiring berjalannya waktu fisik dan sikap seseorang dapat berubah, termasuk juga pasangan suami istri. Hal ini dapat merubah perasaan yang dimiliki keduanya. Dengan adanya mawadah diharapkan pasangan suami istri dapat memelihara rasa cinta kasihnya kepada pasangan. 

Mawadah di dalam keluarga juga akan membuat keluarga menjadi penuh cinta dan kasih sayang. Namun, keluarga mawadah tidak terbentuk begitu saja, perlu upaya dari semua anggota keluarga untuk terus merawat dan menjaga perasaan cinta kasih antar anggota keluarga.

Warahmah Artinya Karunia Allah

Rahmah artinya adalah rezeki, ampunan, karunia dan rahmat dari Allah SWT. Keluarga yang mendapat Rahmat terbesar tentu keluarga yang memiliki cinta, kasih sayang dan juga kepercayaan. Keluarga yang warahmah tidak dapat terbentuk dengan proses yang instan. seluruh anggota keluarga perlu berusaha untuk saling memahami dan saling menerima kekurangan.Dengan kesabaran dan pengorbanan dari semua anggota keluarga, Allah kan menurunkan rahmatnya kepada keluarga tersebut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS