Sukses

Ukuran Tinggi Net Bola Voli untuk Putra dan Putri adalah 2,43 meter dan 2,24 meter

Liputan6.com, Jakarta Ukuran tinggi net bola voli untuk putra dan putri adalah suatu hal yang sangat penting dipahami, terutama untuk kamu yang menyukai olahraga ini. Segala peraturan lapangan ataupun net dalam olahraga voli tentunya sangat penting dipahami.

Permainan bola voli adalah olahraga dengan bola voli yang dimainkan di lapangan berbentuk persegi panjang dan dipisahkan oleh net atau jaring. Total jumlah pemain bola voli dalam satu regu untuk sebuah kompetisi profesional adalah 10 orang. 

Ukuran tinggi net bola voli untuk putra dan putri adalah 2,43 meter dan 2,24 meter. Kamu perlu memahami ukuran-ukuran dalam bola voli agar dapat memaksimalkan potensi dan teknik yang telah dipelajari selama ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/12/2022) tentang ukuran tinggi net bola voli untuk putra dan putri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mengenal Olahraga Bola Voli

Sebelum mengenal ukuran tinggi net bola voli untuk putra dan putri adalah hal yang sangat penting, kamu perlu memahami apa itu olahraga bola voli terlebih dahulu. Dalam permainan bola voli masing-masing tim dapat diperkuat oleh 10 pemain. Enam pemain utama pada bola voli terdiri dari tosser, libero, spiker, dan defender, serta empat orang pemain yang menghiasi bangku cadangan.

Tosser atau pengumpan bertugas untuk memberikan umpan matang kepada rekan satu tim dan mengatur jalannya permainan. Libero bertugas untuk mengontrol pertahanan, spiker bertugas untuk memukul bola ke area lawan, dan defender bertugas untuk mengeblok serangan lawan.

Untuk memperoleh poin pada pertandingan bola voli, FIVB telah memiliki ketentuan paten yang bernama reli poin (rally point system). Mudahnya, untuk mendapatkan sebuah poin, kedua tim harus berlomba memenangkan reli. Reli adalah rangakaian permainan yang dimulai dari sebuah servis. Biasanya sebelum memulai pertandingan, wasit akan menentukan tim mana yang berhak mendapatkan kesempatan pertama untuk melakukan servis.

Bagi tim yang mendapatkan servis perdana, pemain yang ditunjuk untuk mengeksekusi bola servis dituntut memberikan bola yang sulit dikembalikan. Mengingat, untuk memenangkan sebuah reli, bola yang diservis harus menghujam lantai permainan tim lawan. Selain menjatuhkan bola ke wilayah lawan, reli juga dapat dimenangkan bila tim lawan tidak dapat mengembalikan bola secara sempurna. Misalnya, bola yang dikembalikan keluar lapangan permainan atau tidak melewati bibir net.

Kemudian, bagi tim yang berhasil memenangkan reli, berhak mendapatkan satu poin dan berkesempatan melakukan servis kembali. Sementara, bila tim yang mendapatkan servis gagal memenangi reli, maka servis pun berpindah kepada tim lawan.

3 dari 4 halaman

Ukuran Tinggi Net Bola Voli untuk Putra dan Putri

Ukuran tinggi net bola voli untuk putra dan putri adalah suatu hal yang penting dipahami. Dalam pertandingan resmi, ukuran tinggi net bola voli untuk putra dan putri adalah 2,43 meter dan 2,24 meter. Ukuran net tersebut yaitu panjangnya 9 meter dan lebar 1 meter. Sementara itu, jarak tiang net dengan garis samping lapangan voli yaitu antara 0,5 meter sampai 1 meter, dan pita tepian samping net adalah 5 cm dengan panjang 1 meter.

Sementara itu, merujuk pada buku Peraturan Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), lapangan bola voli harus memiliki panjang 18 meter dan lebar 9 meter. Lapangan voli berbentuk persegi panjang dengan luas 162 meter persegi. Lapangan ini dikelilingi daerah bebas yang ukurannya minimal 3 meter di semua sisi. Daerah clearance untuk menghalau bola memiliki ukuran 3-8 meter dan bagian samping 3-5 meter. Daerah bebas permainan harus memiliki ketinggian minimal 7 m dari permukaan lapangan.

Ukuran tinggi net bola voli untuk putra dan putri adalah suatu hal yang sangat penting diperhatikan karena perannya sangat signifikan.

Ukuran Tinggi Net Bola Voli berdasarkan Usia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ukuran tinggi net bola voli untuk putra dan putri adalah 2,43 meter dan 2,24 meter pada pertandingan resmi. Namun, ukuran ini digunakan untuk level profesional.

Ukuran tinggi net bola voli untuk putra dan putri adalah 2,38 meter dan 2,19 meter untuk usia 45 tahun ke atas. Sementara itu, ukuran tinggi net bola voli untuk putra dan putri adalah 2,24 meter untuk usia 13-14 tahun. Kemudian ukuran tinggi net bola voli untuk putra dan putri adalah 2,13 meter untuk 11-12 tahun, sedangkan untuk anak usia 10 tahun tingginya 2,13 meter untuk laki-laki dan 1,98 meter untuk perempuan.

4 dari 4 halaman

Perhitungan Poin

Dalam permainan bola voli, maksimal akan ada lima set yang dipertandingkan. Dalam satu set permainan, masing-masing tim berlomba untuk mencetak 25 poin. Tim yang paling cepat mencapai target angka, dengan maksimal selisih 2 poin, otomatis dinyatakan memenangi set tersebut. Idealnya, sebuah tim dinyatakan memenangi sebuah set dengan skor akhir 25-23.

Apabila pertandingan berjalan sengit dan papan skor menunjukkan angka 24-24, maka set tersebut akan diperpanjang hingga salah satu tim unggul dengan selisih 2 angka. Misalnya 26-24, 27-25, 30-28, dan seterusnya.

Lalu, permainan akan dihentikan bila salah satu tim dapat memenangi tiga set permainan (3-0). Bila pertandingan berakhir seri atau masing-masing tim dapat memenangi dua set laga (2-2), maka set kelima otomatis menjadi set penentu kemenangan dari pertandingan tersebut.

Bedanya, dalam set terakhir, pemenang akan ditentukan bila salah satu tim mencetak 15 poin dengan selisih yang serupa, yakni 2 poin. Bila terjadi deuce atau seri, pertandingan akan dilanjutkan hingga salah satu tim unggul 2 angka. Misalnya 16-14, 20-18. 22-20, dan seterusnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS