Sukses

PM Adalah Singkatan dari Post Meridiem, Kenali Perbedaannya dengan AM dalam Penanda Waktu

Liputan6.com, Jakarta PM adalah singkatan dari post meridiem, yang artinya setelah tengah hari atau after midday. Penggunaan PM sebagai penanda waktu dalam bahasa Inggris, berdampingan dengan AM, berkaitan dengan format waktu 12 jam.

Penanda waktu ini dinyatakan sampai angka 12 saja, jadi tidak ada jam 13.00 ataupun 20.00 seperti yang digunakan di Indonesia. Seperti yang diketahui, Indonesia menggunakan format waktu 24 jam. Format ini memungkinkan kamu mengenal angka hingga 24 pada jam. Jadi, kamu bisa menyebutkan jam 15.00 atau bahkan jam 23.00. 

PM adalah penanda waktu setelah tengah hari dalam bahasa Inggris. Selain PM kamu juga perlu mengenali penanda waktu lainnya, yaitu AM. PM artinya setelah tengah hari, dan PM artinya sebelum tengah hari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (28/11/2022) tentang PM dalam penyebutan waktu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mengenal Penanda Waktu PM dan AM

PM adalah penanda waktu yang menunjukkan setelah tengah hari atau after midday. PM adalah singkatan dari Post Meridiem dalam bahasa Latin. Hal ini berbeda dengan AM, yang artinya sebelum tengah hari atau before midday. Dalam bahasa Latin yaitu Ante Meridiem.

Perbedaan AM dan PM tentunya terlihat jelas dari waktu menggunakannya. Sebagai penanda waktu dengan format 12 jam, AM dan PM membagi waktu menjadi sebelum tengah hari dan setelah tengah hari. PM adalah penanda waktu yang digunakan setelah tengah hari atau after midday, sedangkan AM digunakan sebelum tengah hari.

PM adalah penanda waktu yang penggunaannya berlaku pada jam 12.00-11.59 atau 12.00-23.59 (jika menggunakan format 24 jam). Berlaku mulai dari tengah hari (siang), sore, hingga malam tiba. Jadi, PM adalah penanda waktu yang digunakan mulai dari tengah siang hingga malam hari sebelum dini hari.

Sementara AM penggunaannya berlaku pada jam 00.00-11.59. AM digunakan mulai dari tengah malam, dini hari, hingga pagi menjelang siang tiba. Jadi, AM merupakan penanda waktu yang digunakan mulai dari tengah malam hingga pagi hari sebelum siang.

3 dari 4 halaman

Penulisan PM dan AM

Setelah mengenali perbedaan PM dan AM, kamu juga perlu mengetahui penulisan dari keduanya. Masih banyak orang yang bingung dengan penulisannya karena memang bisa menggunakan beberapa opsi. Penulisan AM dan PM adalah sebagai berikut:

- AM – PM

- am – pm

- A.M. – P.M.

- a.m – p.m

Kamu bisa menuliskannya seperti contoh berikut ini:

7AM (Penulisan dengan huruf kapital tanpa titik dan spasi)

7 AM (Penulisan dengan huruf kapital tanpa titik, tapi dengan spasi)

7 pm (Penulisan dengan huruf kecil tanpa titik, tapi dengan spasi)

7.00 p.m. (Penulisan dengan huruf kecil disertai titik dengan spasi)

7:15 a.m. (Penulisan dengan huruf kecil disertai titik dan titik dua dengan spasi)

9:15 P.M. / 9.15 P.M. (Penulisan dengan huruf kapital disertai titik atau titik dua dengan spasi)

Perbedaan AM dan PM adalah suatu hal yang sering kali menimbulkan kebingungan saat penulisan tengah hari atau tengah malam, yaitu tepat pada jam 12. Dalam format 24 jam, kamu bisa menyebutkan 00.00 atau 24.00 untuk tengah malam, dan 12.00 untuk tengah hari (siang).

Namun, hal ini tentunya berbeda dengan format 12 jam. Keduanya ditulis dengan angka 12. Hal ini tentunya membingukan saat memasuki jam 12, apakah kamu harus menggunakan AM atau PM. Oleh karena itu, biasanya digunakan 12 noon untuk menunjukkan siang, dan 12 midnight untuk menunjukkan tengah malam.

4 dari 4 halaman

Contoh Penggunaan PM dan AM

Tabel AM dan PM di atas tentunya dapat membuat kamu lebih paham dengan kedua pembagian waktu format 12 jam tersebut. Kamu juga bisa membedakannya dengan pembagian waktu dengan format 24 jam.

Contoh penggunaan AM dan PM adalah sebagai berikut:

1. I wake up every day at 4 AM

2. Mom arrives home at 4 PM

3. My brother goes to school at 6 AM

4. Dad returns from work at 5 PM

5. She drives to the hospital at 8 AM

6. My sister goes to sleep at 9 PM

7. Agus: “Hey, Put! I forgot to wear my watch. Could you please tell me what time is by your watch?”

Putra: “Oh sure, Gus. It is 03:35 PM”

8. Udin: “Hey, Dwi! I forgot to wear my watch. Could you just tell me what time is by your watch?”

Dwi: “Oh sure, Din. It is 3 PM”

9. Putra: What time is it now Din?

Udin: It is 4 PM

10. Dwi: Hey Gus, what time do you go to work?

Agus: I usually go to work at 7 AM

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS