Sukses

10 Manfaat Jus Belimbing Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Kaya Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jus belimbing bagi kesehatan dan kecantikan dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Buah belimbing atau Averrhoa carambola termasuk jenis buah yang banyak ditemukan di daerah tropis, termasuk Indonesia.

Manfaat jus belimbing bagi kesehatan dan kecantikan tidak perlu diragukan lagi. Selain dikenal baik untuk kadar gula darah, buah yang memiliki bentuk bintang ini juga dipercaya mampu mencegah jerawat.

Untuk mendapatkan manfaat jus belimbing, kamu dapat mengonsumsinya secara rutin. Sebab, buah ini memiliki kandungan protein, vitamin A, vitamin B5, folat, tembaga, kalium, magnesium, dan mineral. Buah belimbing juga dikenal rendah kalori.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai manfaat jus belimbing yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (26/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jus Belimbing untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengendalikan kadar gula darah

Tingginya kandungan serat tidak larut air (insoluble fiber) pada buah belimbing dinilai dapat menghambat penyerapan glukosa sehingga mampu menurunkan dan mencegah lonjakan kadar gula darah. Manfaat jus belimbing ini tentu dapat sangat membantu penderita diabetes untuk mengendalikan kadar gula darahnya.

2. Meredakan maag

Manfaat jus belimbing berikunya adalah meredakan sakit maag. Dalam pengobatan tradisional, buah belimbing kerap digunakan untuk meringankan gangguan pada lambung, seperti sakit maag.

Buah belimbing dan ekstrak daunnya diketahui memiliki sifat antiulkus karena mengandung terpenoid, flavonoid, dan mucilage yang dapat memperkuat lapisan dalam lambung dan usus, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan lambung akibat gastritis.

3. Mencegah penyakit kronis

Manfaat jus belimbing selanjutnya juga dipengaruhi oleh zat antioksidan, yang berguna untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas adalah zat yang dapat merusak sel-sel baik di dalam tubuh. Bila banyak radikal bebas, kamu jadi mudah terkena penyakit.

Selain itu, antioksidan juga bermanfaat untuk mencegah kanker, adanya sumbatan plak pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung dan stroke, serta mencegah menurunnya fungsi penglihatan.

4. Cocok untuk diet

Manfaat jus belimbing selanjutnya adalah cocok untuk diet. Dikutip dari Healthline, buah belimbing dikenal sebagai buah yang rendah kalori. Selain itu, buah ini juga tinggi karbohidrat. Untuk satu porsi ukuran standar, belimbing menyediakan 6 gram karbohidrat, sedangkan untuk kandungan gulanya hanya mengandung sebanyak 3,6 gram per buah. Bagi orang-orang suka membatasi asupan gula mereka, buah ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat.

Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah belimbing dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena belimbing termasuk buah yang rendah kalori dan memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga membuat kamu tidak cepat lapar.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jus Belimbing untuk Kesehatan Tubuh

5. Baik untuk pencernaan

Belimbing dianggap sebagai makanan berserat tinggi, karena dalam satu porsi buahnya mengandung 2,5 gram serat. Makan satu buah belimbing dalam sehari membuat kamu sudah memenuhi kebutuhan serat harian hingga 10 persen.

Manfaat jus belimbing dengan kandungan seratnya tersebut dapat membantu meningkatkan feses buang air besar dan mencegah sembelit. Selain itu, serat dalam buah belimbing punya efek yang lebih rendah dalam menaikan kadar gula darah, jadi baik dikonsumsi untuk orang diabetes. 

6. Memperkuat imunitas

Di dalam satu buah belimbing yang diolah menjadi jus, sudah mengandung setengah kebutuhan vitamin C per hari. Vitamin C dalam buah belimbing sangat bermanfaat bagi kesehatan karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu memperbaiki masalah rambut, kuku,  serta meningkatkan penyerapan kalsium dan besi. Tak hanya itu, adanya antioksidan dalam buah belimbuing, seperti zinc dan mangan, juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta membantu menghilangkan racun dari tubuh.

7. Mencegah dehidrasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, buah belimbing mempunyai kandungan air yang sangat tinggi, hampir setara dengan buah semangka yang terkenal berair. Maka bisa dipastikan bahwa manfaat jus belimbing juga baik untuk mencegah dehidrasi yang bisa memicu badan lemas dan sakit kepala. 

4 dari 4 halaman

Manfaat Jus Belimbing untuk Kecantikan

8. Membantu mencegah jerawat

Manfaat jus belimbing untuk kecantikan adalah dapat membantu mencegah jerawat. Sifat antimikroba dari kandungan dalam buah belimbing bisa membantu mencegah dan mengatasi jerawat dari dalam. Minumlah jus belimbing segar secara teratur untuk mencegah munculnya jerawat. Tetapi, jangan dicampur gula. Pasalnya, konsumsi gula sederhana yang diekstrak dari tebu bisa memperburuk kondisi jerawat.

9. Melindungi kulit dari radikal bebas

Belimbing memiliki banyak antioksidan, seperti senyawa polifenol, asam galat, dan quercetin yang membantu mengatasi efek stres oksidatif serta menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan begitu, manfaat jus belimbing bila dikonsumsi secara teratur, dapat memberikan perlindungan ekstra bagi kulit.

10. Menjadikan kulit sehat dan bercahaya

Kandungan vitamin A, vitamin B, dan vitamin C dalam segelas jus belimbing dapat berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Apabila jus belimbing dikonsumsi secara teratur, nutrisinya akan menjadikan kulit sehat dan bercahaya. Tetapi, untuk membuat jus belimbing, gunakan yang matang agar mendapatkan nutrisi maksimal.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS