Sukses

50 Kata-Kata untuk Meminta Maaf kepada Teman, Tulus dan Penuh Penyesalan

Kata-kata bisa menjadi berharga bagi seseorang llebih dari apapun yang mungkin pernah kita bayangkan.

Liputan6.com, Jakarta Hampir setiap orang setidaknya memiliki seorang teman. Teman adalah bagian keluarga kita yang lain. Bahkan bersama teman, terkadang kita bisa melakukan dan mengatakan apa yang tidak bisa kita ungkapkan kepada anggota keluarga kita sendiri. Bersama teman baik, biasanya hari-hari kita menjadi lebih berwarna. Teman bisa membawa kita menjelajah dunia dan melukiskan kisah-kisah baru dalam hidup kita.

Pertemanan yang sebenarnya tidak akan lepas dari pertengkaran, konflik dan salah paham. Semua itu adalah hal yang wajar terjadi kepada kita dan teman-teman kita. Cara yang benar adalah memperbaiki apa yang salah untuk tetap menjaga hubungan baik. Bahkan, terkadang konflik akan membuat hubungan kita dan orang lain bisa terjalin lebih erat.

Kamu bisa melakukan apapun jika bertengkar atau melakukan kesalahan kepada temanmu, termasuk menuliskan hal-hal yang tulus ingin kamu katakan. Ini karena sebagian orang mungkin hanya bisa mengatakannya melalui kata-kata. Kamu bisa mengungkapkan permintaan maafmu melalui rangkaian kata-kata. Terdapat banyak kata-kata untuk meminta maaf kepada teman dengan tulus.

Lebih penting lagi, kata-kata untuk meminta maaf kepada teman perlu disusun dengan baik sehingga apa yang kita ingin sampaikan dapat dimengerti dengan sempurna oleh teman kita. Berikut Liputan6.com rangkum tentang berbagai kata-kata untuk meminta maaf kepada teman yang mungkin bisa kamu coba dari berbagai sumber, Selasa (22/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kata-Kata Minta Maaf Untuk Teman Ketika Kamu Melakukan Kesalahan

Berikut kata-kata untuk meminta maaf kepada teman ketika kamu melakukan sebuah kesalahan:

1. Kau adalah temanku satu-satunya. Aku telah melakukan kesalahan besar, sehingga aku mungkin telah kehilanganmu. Akan tetapi, aku akan terus percaya suatu saat kau akan memaafkanku karena aku tahu secantik apa hatimu.

2. Aku mengira aku mempunyai banyak teman. Ternyata, temanku hanya dirimu seorang. Aku tahu aku telah melukai hatimu dengan kata-kata yang sangat menyakitkan. Aku tahu aku tidak pantas untuk dimaafkan. Akan tetapi, aku dengan tulus ingin meminta maaf kepadamu dan aku tidak ingin kehilanganmu.  

3. Ingatkah kamu ketika kita merencanakan bersama masa depan dan masa  ketika kita sudah menua? Kau ingin berteman bersamaku selamanya. Ya, begitu juga apa yang aku inginkan. Maafkan aku yang telah melukai hatimu dan menghilangkan semua mimpi itu. Aku akan selalu menunggumu untuk mau menulis rencana baru pertemanan kita.

4. Aku telah mengetahui apa yang kau ingin lakukan dan kau juga begitu. Merusak pertemanan kita adalah kesalahanku. Ini semua karena kelalaian dan kebodohanku. Mungkin akan lebih bodoh jika kau mau memaafkan aku. Akan tetapi, aku masih mengharapkan keajaiban itu; ketika kau mau memaafkanku.

5. Aku telah mengingkari janji persahabatan kita. Aku telah gagal untuk memenuhinya. Aku yang salah dan aku ingin meminta maaf padamu. Apakah kau akan memberikanku kesempatan kedua?

6. Aku merindukanmu, wahai temanku. Aku salah telah memilih yang lain dengan meninggalkanmu. Maafkan aku yang belum bisa menjadi teman terbaikmu.

7. Aku sadar apa yang telah aku lakukan telah membuka jarak yang sangat lebar di antara kita berdua. Akan tetapi, aku akan berusaha untuk mengembalikannya. Mohon maafkan aku temanku yang terbaik.

8. Aku telah bertindak gegabah dan egois yang membuatku melakukan kesalahan. Ini pasti sangat menyakitkan bagimu. Temanku, tolong maafkan aku dan maukah kau memberikanku kesempatan kedua?

9. Aku kira aku akan bisa baik-baik saja, tetapi aku salah. Aku yang melakukan kesalahan dan aku pantas merasakan sakit ini lebih banyak dari siapa pun. Tolong maafkan aku, sahabatku. Aku benar-benar tidak ingin kau meninggalkanku.

10. Katakan padaku apa yang bisa lakukan untuk mengembalikan semuanya dan melepaskan jarak tak terlihat di antara kita? Aku sungguh meminta maaf kepadamu.

3 dari 6 halaman

Kata-Kata Minta Maaf Kepada Teman

Berikut kata-kata untuk meminta maaf kepada teman yang penuh akan penyesalan :

11. Andai waktu bisa diulang, aku akan kembali ke masa lalu. Aku menyesal telah melakukan kesalahan itu dan aku lebih menyesal karena akhirnya aku kehilangan teman terbaik sepertimu. Masih adakah kesempatan untukku meminta maaf?

12. Aku sungguh menyesal telah mengambil keputusan yang mengecewakanmu. Aku tidak memikirkan bagaimana pendapatmu terhadap keputusanku. Kau adalah sahabat terbaikku, aku sungguh memohon maaf kepadamu.

13. Aku hanya berharap kau akan berbelas kasih memaafkanku. Entah bagaimana aku bisa menjalani hidupku dengan semua kesalahan yang pernah aku lakukan kepadamu. Sungguh, maafkan aku, temanku.

14. Aku tidak pernah bermaksud menyakiti atau melihatmu kesakitan. Aku juga menyesal tidak bisa selalu berada di sisimu. Maafkan aku, teman terbaikkku.

15. Aku menghilang di saat-saat penting bagimu. Aku tidak hadir menawarkan bahu ketika kau menangis tersedu-sedu. Aku tidak peka untuk menawarkan bantuan ketika kau kesulitan. Aku sungguh menyesal terlambat menyadari dan mengetahuinya. Tolong, maafkan aku.

16. Semua kata-kata ini mungkin tidak akan cukup untuk menyampaikan betapa besar rasa bersalahku. Aku terlambat menyadari jika kau adalah satu-satunya yang selalu bersamaku. Membantuku ketika aku butuh dan menenangkanku ketika aku merasa sedih. Aku menyesal telah membuatmu pergi. Aku hanya ingin meminta maaf kepadamu, meskipun aku tahu bahwa aku tidak pantas untuk menerima ampunanmu.  

17. Menjadi sahabatmu adalah keputusan terbaik yang pernah aku ambil. Sedangkan melepaskanmu adalah keputusan terbodoh yang pernah aku lakukan. Aku menyesalinya. Aku telah melakukan sesuatu yang salah. Tolong, maafkan aku, temanku yang ku sayang.

18. Ketika kau mengucapkan selamat tinggal, jauh di lubuk hatiku aku menangis, meskipun aku terlihat tersenyum. Harusnya aku mencegahmu waktu itu dan harusnya aku bisa berusaha lebih keras untuk menjadi teman yang lebih baik  bagimu. Maafkan aku, wahai temanku.

19. Aku meminta maaf karena telah menjadi orang yang paling egois yang pernah kau temui. Aku hanya ingin selalu dimengerti tanpa berusaha mengerti perasaanmu dan perasaan orang lain. Maafkan aku, sungguh aku meminta maaf.

20. Kehilanganmu telah menyadarkanku banyak hal. Tidak ada yang mendengarku seperti kau yang mendengarkan. Tidak ada yang memperlakukanku sebaik dirimu. Aku sadar bahwa aku telah melakukan hal yang tidak pantas kau terima. Aku pantas untuk merasakan ini semua. Maafkan aku, sekali lagi maafkan lah aku.

4 dari 6 halaman

Kata-Kata Minta Maaf Kepada Teman Penuh Makna

Berikut kata-kata untuk meminta maaf kepada teman yang penuh makna:  

21. Baru sekarang tindakan dan kata-kataku telah menjadi mimpi buruk yang paling menakutkan, bahwa aku sangat menyesal telah membuatmu begitu banyak mengalami rasa sakit. Jika mungkin ada kesempatan kecil, aku berharap kau mau memaafkanku.

22. Kau adalah teman yang selalu memberi warna dalam hidupku. Selalu membantu membentangkan jalan di setiap langkahku, sampai aku membalasmu dengan rasa sakit yang tidak pernah kau harap dan bayangkan. Sungguh, aku sangat meminta maaf kepadamu.

23. Sepertinya baru kemarin kita tertawa dan menangis bersama, berdua dan tidak ada yang mengetahuinya, tetapi sekarang aku langsung bisa merasakan jarak yang begitu luas telah tercipta di antara kita. Mungkin sudah tidak ada kesempatan kedua atupun ketiga bagiku. Namun, jika mungkin saja kau bisa memaafkanku, aku akan berusaha menjadi manusia dan teman yang lebih baik untukmu.

24. Ketidakhadiranmu telah membentuk ruang hampa yang begitu luas sehingga aku tidak bisa mengisinya dengan apapun. Aku berbohong jika aku mengatakan tidak ingin kembali ke masa lalu. Jika bisa, aku ingin menarik semua kata-kata ku yang pernah membuatmu sakit dan meninggalkan perilaku yang tidak baik. Namun, semuanya sudah terlambat. Aku hanya bisa memohon maaf kepadamu. Aku sungguh sungguh berharap kau mau memaafkanku.

25. Sangat menyakitkan bagiku untuk hanya bisa mengenang kebersamaan kita yang telah berlalu. Aku masih mengingat semua tentangmu, temanku. Aku ingin kau kembali dan mau memaafkanku.

26. Aku meminta maaf karena telah mematahkan semua mimpi dan harapanmu. Aku selalu berdoa kepada Tuhan agar mau membukakan hatimu untuk memaafkanku. Aku ingin memperbaiki semua, tolong maafkan aku, temanku.

27. Aku selalu egois kepala dan kau selalu mengalah sambil tersenyum. Aku selalu keras kepala dan kau selalu sabar. Aku tahu bahwa kau bukan hanya temanku, tetapi manusia terbaik yang pernah kutemui. Aku tau aku telah menyakiti hatimu. Akan tetapi, maukah kau memberikan kesempatan kedua dan memaafkanku?

28. Mataku selalu buta dan hatiku selalu tertutup untuk menyadari salah satu hadiah terindah dari Tuhan untukku adalah dirimu. Teman terbaik yang selalu bersama dan melindungiku. Aku pernah kehilanganmu dan aku tidak ingin mengalaminya lagi karena kesalahpahaman ini. Tolong, maafkan aku, temanku.

29. Aku merindukan hari-hari kita melakukan hal bodoh bersama. Aku tahu kau sudah memiliki seseorang yang akan selalu membuatmu bahagia. Aku tahu aku belum bisa membalas semua kebaikanmu. Aku menyesal tidak memperlakukanmu lebih baik. Maafkan aku, sahabat terbaikku.

30. Aku telah menyakitimu dan rasa bersalah ini terus menghantui hari-hariku. Ini begitu menyakitkan, tetapi mengingat betapa kau lebih merasa sakit maka ini mungkin belum apa-apa. Aku hanya ingin kau memaafkanku, wahai sahabatku.

5 dari 6 halaman

Kata-Kata Minta Maaf Kepada Teman Penuh Makna dan Populer

Berikut kata-kata untuk meminta maaf kepada teman yang penuh makna dan yang populer :

31. Aku sampai tidak tahu apa hal yang harus aku lakukan agar kau mau memaafkanku. Aku memang bukanlah manusia dan teman yang sempurna, tetapi mungkinkah jika tidak sekarang, maka di masa depan kau akan memaafkanku?

32. Aku selalu membayangkan bagaimana hari-hari kita jika kau masih menjadi sahabatku. Aku sangat mengerti mengapa kau sulit memaafkanku. Maafkan aku, sahabatku. Jika mungkin, aku ingin menulis buku harian lebih banyak bersamamu.

33. Aku tidak pernah membayangkan jika ketidakhadiranmu  di hidupku akan membuat lubang besar di hatiku. Meskipun di sini ramai kicauan burung, semuanya masih terasa sepi tanpa kehadiran kau, sahabatku. Maafkan aku telah mengecewakanmu.

34. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Maafkan aku yang baru menyadari bahwa semua ini disebabkan olehku. Tolong katakan padaku apa yang harus aku lakukan untuk memperbaiki persahabatan kita.

35. Jika aku mampu memadamkan api dan menghentikan badai yang mengguncang persahabatan kita, aku akan langsung melakukannya. Aku akan terus meminta maaf dan terus beruaha sampai kau mau memaafkanku. Aku tidak akan menyerah pada persahabatan kita.

36. Aku benar-benar minta maaf kau harus melewati masa-masa itu tanpa penjelasan. Membuatmu bertanya-tanya, membuatmu menunggu. (Tere Liye)

37. Aku merasa malu atas apa yang telah kulakukan. Aku tidak memiliki alasan. Aku sudah melakukan kesalahan dan bertanggung jawab penuh atas tindakan itu. Aku tidak akan menyalahkan orang lain atas kesalahanku. Maafkan aku telah menyakitimu. (Louie Anderson)

38. Aku minta maaf untuk hal-hal seperti ini. Kuharap aku tahu kata-kata yang perlu diungkapkan. Aku dan kau sepertinya tak pernah saling melihat dari mata ke mata. Akan tetapi, aku yakin kita bisa akur. (Save Ferris, Sorry My Friend)

39. Aku sudah memahami kalau terkadang kata maaf saja tidak akan cukup. Terkadang aku harus benar-benar berubah. (Claire London)

40. Jika aku sudah mengucapkan kebohongan, jika aku sudah membuatmu menangis, maafkan aku dari lubuk hatiku yang terdalam. (Bobby Vinton)

6 dari 6 halaman

Kata-Kata Minta Maaf Kepada Teman Populer

Berikut kata-kata untuk meminta maaf kepada teman populer :

41. Aku benar-benar minta maaf. Aku sudah terlalu banyak salah kepadamu. Ingat kan, kita pernah menjadi sahabat? (Alvi Syahrin, Little Snow in Zurich)

42. Aku menyayangi dan memujamu, tetapi aku menguras perasaanmu seperti orang yang haus di mata air. Aku menyukai atas segala yang sudah kau berikan kepadaku; rasa kagum, penerimaan, cinta dan pengampunan.  Aku lupa mencintaimu untuk dirimu sendiri. (Jennifer Ashley, Lady Isabella's Scandalous Marriage)

43. Aku menghabiskan waktu setiap hari meminta maaf atau mengatakan hal yang salah dan aku terlahir menyesal. (Morrissey)

4. Mungkin, bagaimanapun juga, kata-kata terindah dalam bahasa ini adalah aku minta maaf. (Christopher Buckley, Losing Mum and Pup)

45. Saya telah membuat kesalahan mengerikan yang telah menyakiti orang-orang yang paling saya sayangi, dan saya sangat menyesal. Saya sangat malu dengan penilaian dan tindakan saya yang mengerikan. (Anthony Weiner)

46. Mari kita saling memaafkan. Hanya dengan begitu kita akan hidup dalam damai. (Leo Tolstoy)

47. Saya seharusnya jauh lebih bertanggung jawab dalam cara saya menangani diri saya sendiri dan untuk itu saya minta maaf. (Ryan Lochte)

48. Saya meminta pengampunan Anda. Saya merasa sangat sedih sehingga sulit bahkan untuk meminta maaf.(Hwang Woo Suk)

49. Saya minta maaf untuk mengatakan bahwa kadang-kadang hal-hal yang sangat penting membuang banyak waktu berharga. ( William Whipple)

50. Saya minta maaf atas ketidakmampuan saya untuk membiarkan hal-hal yang tidak penting pergi, karena ketidakmampuan saya untuk berpegang pada hal-hal penting. (Jonathan Safran Foer)

Nah, demikian kata-kata untuk meminta maaf kepada teman yang mungkin bisa menjadi alternatif bagimu. Mungkin saja semua tindakan yang telah kamu lakukan untuk temanmu tidak berhasil, tetapi kata-kata untuk meminta maaf kepada teman inilah yang akan membuahkan jawaban.

 

Reporter magang: Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini