Sukses

6 Tempat Wisata di China yang Jadi Situs Warisan Dunia, Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta China menjadi negara di Asia Timur yang menempati urutan nomor empat sebagai negara terbesar di dunia setelah Rusia, Kanada, dan Amerika Serikat. Selain negaranya yang luas, komunitas warga keturunan Tionghoa juga menyebar ke seluruh penjuru dunia. Hampir setiap negara di dunia dapat ditemui warga keturunan Tionghoa.

Tempat wisata di China juga menjadi daya tarik tersendiri, Negeri Tirai Bambu ini dikenal memiliki budaya yang sangat kuat. Warisan budaya inilah yang kerap menjadi alasan wisatawan datang. Warganya juga tahu betul bahwa warisan budaya yang dimiliki mampu membawa keuntungan bagi mereka, sehingga warga China dengan bangga melestarikannya.

Beberapa warisan budayanya kini diakui sebagai daftar warisan dunia oleh UNESCO. Pengakuan dari UNESCO menjadi sebuah nilai tambah bagi tempat wisata di China untuk dipromosikan kepada wisatawan mancanegara. Berikut Liputan6.com merangkum tempat wisata di China yang dinobatkan menjadi situs warisan dunia oleh UNESCO dari berbagai sumber, Kamis (17/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Tempat Wisata di China yang Merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO

1. Great Wall 

Great Wall atau Tembok Besar Cina merupakan landmark yang sejak lama menjadi ikon negara China. Tempat wisata di China satu ini dinobatkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. UNESCO mengakui bangunan tembok yang dibangun sebagai tembok pertahanan ini sebagai situs warisan dunia pada tahun 1987.

Pembangunan tembok ini membutuhkan waktu sekitar sembilan tahun lamanya, dengan panjang bangunan sekitar 21.196 kilometer. Membentang di pegunungan China Utara, tembok yang dikenal dengan nama Changcheng dalam bahasa Mandarin ini melewati 15 Wilayah di China Utara. Untuk mengunjunginya wisatawan dapat memilih salah satu dari lima jalur yang dapat diakses, yaitu Jinshanling, Simatai, Juyongguan, Badaling, dan Mutianyu.

2. Forbidden City

Forbidden City atau Kota Terlarang merupakan sebuah istana peninggalan Dinasti Ming. Disebut Kota Terlarang karena pada masa kekuasaan Dinasti Ming, hanya orang-orang tertentu saja yang dapat memasuki area istana yang menjadi tempat tinggal bagi Kaisar. Sekarang, istana ini menjadi salah satu tempat wisata di China yan dapat dikunjungi oleh siapa saja.

Forbidden City telah masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1987. Islana yang sekarang menjadi museum ini terletak di tengah Kota Beijing, dengan luas bangunan sekitar 720 ribu meter persegi yang terdiri dari 9.900 unit kamar.

Bangunan istana dikelilingi tembok yang menjulang setinggi kurang lebih delapan meter. Tembok ini semakin memperkuat kesan bahwa area istana adalah tempat yang tertutup. Dua patung singa besar diletakkan di dekat pintu masuk sebagai simbol penjaga istana zaman dulu. Keindahan arsitektur istana sangat dijaga keutuhannya agar dapat dinikmati oleh para wisatawan 

3. Yuanyang Rice Terraces, Yunnan

Tidak hanya bangunan bersejarah, ada pula situs warisan dunia di China yang berupa area persawahan. Yuanyang Rice Terraces adalah area persawahan yang berada di pegunungan dengan lahan seluas 17.000 hektar di Provinsi Yunan. Provinsi Yunan berjarak sekitar 3 kilometer dari Ibukota Beijing.

Dengan lahan yang sangat luas dan berlokasi di ketinggian, tempat wisata di China ini menyajikan pemandangan terasering yang menakjubkan. Area persawahan yang sudah ada sejak 1300 tahun lalu ini dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2013.

3 dari 3 halaman

Tempat Wisata di China

4. Gunung Pelangi Zhangye Danxia

Tempat Wisata di China yang menjadi situs warisan dunia selanjutnya adalah Gunung Zhangye Danxia yang terletak di Provinsi Gansu. Pegunungan ini terbentang sejauh 510 kilometer persegi dan telah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2009.

Daya tarik Gunung Zhangye Danxia terletak pada batuan dan mineral yang membentuknya. Batuan yang membentuk Gunung Zhangye Danxia memiliki kandungan mineral yang menyebabkan batuan tersebut memiliki warna yang beraneka ragam. Perpaduan warna batuan ini kemudian membentuk warna seperti pelangi, sehingga banyak orang yang menyebutnya sebagai Gunung Pelangi. 

Meski menjadi salah satu tempat paling indah di dunia, tidak ada kehidupan di Gunung Zhangye Danxia. Kondisi tanah di Gunung Pelangi ini sangat tandus, sehingga tidak ada ekosistem yang dapat hidup di sana. 

5. Sichuan Giant Panda 

Giant Panda di Sichuan merupakan tempat penangkaran beruang khas China yang lebih dikenal sebagai Panda. Penangkaran yang juga menjadi tempat wisata di China ini, dihuni oleh 30 persen panda raksasa yang ada di seluruh dunia.

Penangkaran Giant Panda di Sichuan menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2006 karena memiliki populasi panda raksasa yang hampir punah. Cagar alam seluas 9.245 kilometer persegi ini juga menjadi rumah bagi hewan langka lainnya, seperti panda merah, macan dahan, dan macan tutul salju. Cagar alam ini juga menjadi salah satu situs botani terkaya di dunia dan menjadi habitat sekitar 6 ribu spesies flora.

6. Prajurit Terakota

Prajurit terakota adalah situs yang terdiri dari 8.099 patung terakota berbentuk prajurit perang dan kuda. Uniknya patung yang ada pada situs Prajurit Terakota berukuran sama dengan ukuran manusia dan kuda asli. Situs ini ditemukan oleh petani setempat pada tahun 1974 di Distrik Lintong, Xi`an, Provinsi Shaanxi. 

Tempat wisata di China satu ini dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia pada 1987. Patung Prajurit terakota ini dibuat sebagai pasukan prajurit bawah tanah Kaisar China, bernama Qin Shi Huang. Dikisahkan kaisar Qin Shi Huang memiliki ambisi untuk hidup dan berkuasa selamanya. Pasukan Terakota yang ikut ditanam di bawah tanah bersama dengan jasahnya merupakan wujud simbol kekuasaannya yang besar. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS