Sukses

15 Tempat Wisata di Banten Bertema Pulau dan Pantai, Alam Indah dan Memukau

Liputan6.com, Jakarta Banten adalah salah satu Provinsi di wilayah paling barat Pulau Jawa, dengan pusat pemerintahan yang berada di Kota Serang. Banten merupakan jalur penghubung antara Jawa dan Sumatera, di mana wilayah laut Banten memiliki jalur potensial dan strategis, karena dapat dilalui kapal besar yang menghubungkan Australia dan Selandia Baru. Dengan ragam potensi yang ada, maka Tempat wisata di Banten tentu memiliki keindahan alam yang tak bisa diragukan lagi.

Tempat wisata di Banten memiliki sejumlah pulau yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pulau Panaitan, yang berlokasi di Ujung Semenanjung Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Berbagai pulau yang ada di Banten, memiliki keunikan tersendiri yang sayang untuk dilewatkan. Tersedia berbagai satwa liar, ribuan burung dengan jenis yang berbeda bisa Anda jumpai di sini. 

Tempat wisata di Banten selain memiliki pulau yang indah, juga memiliki deretan pantai dengan panoram alam yang memesona. Pasir putih panjang, angin sepoi-sepoi juga ombak dan batu karang, menjadi daya tarik tersendiri untuk pengunjung wisata. Berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola wisata juga sangat memadai, sehingga menunjang aktivitas yang dilakukan oleh pengunjung.

Berikut ini tempat wisata di Banten bertema pulau dan pantai yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (17/11/2022). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Banten Bertema Pulau

1. Pulau Umang

Tempat wisata di Banten yang wajib Anda kunjungi sendiri atau bersama dengan keluarga adalah Pulau Umang. Pulau resort ini terletak di wilayah Anyer, membuat pengunjung bisa menempuh perjalanan  naik speedboat dari pantai Sumur, Pandeglang. Memiliki lokasi yang strategis yaitu dekat dengan Taman Nasional Ujung Kulon, membuat tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung. 

2. Pulau Dua

Pulau Dua terletak di desa Sawah Luhur kecamatan Kasemen Serang provinsi Banten. Saat berkunjung, Anda akan menikmati pemandangan alam yang sejuk dan tenang, juga melihat burung-burung dari beragam tempat yang berkumpul ketika bermigrasi. Sampai saat ini, telah tercatat sekitar 10.000 ekor burung dari 108 jenis yang berbeda akan berkumpul di tempat ini.

3. Pulau Sangiang

Tempat wisata di Banten yang wajib Anda kunjungi saat liburan dengan keluarga, yaitu dengan mengunjungi Pulau Sangiang. Meskipun tak memiliki tempat dengan luas yang berhektar-hektar, namun sekarang pulau ini kini menjadi taman wisata alam dengan beragam potensi mulai dari keindahan alam, bahari, dan budaya.

 

 

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Banten Bertema Pulau

4. Pulau Peucang

Pulau Peucang terkenal dengan karakteristik khas yang dimiliki yaitu pasir putih sejauh mata memandang, menjadikan tempat ini sebagai destinasi favorit wisatawan. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung, salah satunya melakukan tracking ke Karang Copong, berenang, snorkeling bahkan menyelam.

5. Pulau Handeuleum

Di Pulau Handeuleum, Anda bisa menyaksikan gugusan pulau-pulau kecil di ujung timur laut pantai Semenanjung Ujung Kulon. Tak sama dengan pulau sebelumnya, di sini Anda bisa melihat satwa rusa (Rusa timorensis), dan ular phyton. Pulau ini juga dikelilingi oleh hutan mangrove yang sangat indah juga menawan. 

6. Pulau Panaitan

Pulau Panaitan berlokasi di Ujung Semenanjung Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon. Memiliki luas kurang lebih 17.000 hektar, tempat ini terbentuk secara alami dengan kombinasi vegetasi hutan mangrove, juga hutan pantai dan dataran rendah. Saat berkunjung, Anda akan melihat berbagai jenis habitat satwa liar seperti rusa, kancil, kera ekor panjang, buaya, kadal, ular phyton dan aneka jenis burung. Tak hanya itu saja, Anda bisa mengunjungi pantainya yang dihiasi oleh sejumlah terumbu karang indah, berselancar, hingga melakukan snorkeling. 

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Banten Bertema Pantai

7. Pantai Bagedur

Saat berada di pantai ini, Anda akan melihat pasir putih yang membentang luas, dengan pantai yang landai. Tempat wisata ini berlokasi di kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, provinsi Banten. 

8. Pantai Carita

Tempat wisata di Banten yang cukup populer dan instagramable adalah Pantai Carita, di mana tempat ini berlokasi di Banten Barat, Labuhan, Pandeglang, Banten. Saat berkunjung, Anda akan disambut oleh barisan pepohonan kelapa yang melambai-lambai. Uniknya lagi, Anda bisa menikmati keindahan pantai sambil melihat pemandangan Gunung Krakatau.

9. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong masih satu kawasan di Anyer, Serang, Banten. Saat berkunjung, Anda akan melihat deretan batu karang, yang menjadi ciri khas di sini. Jangan lupa untuk mengabadikan momen indah Anda berlatar batu karang yang kokoh. 

10. Pantai Anyer

Tempat wisata di Banten yang sangat populer juga terkenal adalah Pantai Anyer. Pantai yang berlokasi di Kota Serang, Provinsi Banten ini, memang tak pernah sepi dari pengunjung. Suasana alam yang memesona, menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan untuk piknik bersama dengan keluarga.

 

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata di Banten Bertema Pantai

11. Pantai Sawarna

Saat berada di pantai ini, Anda juga bisa menyaksikan alam indah dan memukau. Menariknya lagi, lokasi pantai ini terletak di Desa Sawarna Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, yang memiliki pemandangan alam yang indah diantyaranya pegunungan, gua, sungai, dan pantai dengan pasir putih sejauh mata memandang. 

12. Pantai Sambolo

Tempat wisata di Banten yang wajib Anda kunjungi saat ingin menghabiskan liburan adalah, Pantai Sambolo yang berlokasi di Provinsi Banten. Jangan khawatir kamu akan tersesat, karena pantai indah ini masih satu jalur dengan Pantai Anyer. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke sini, salah satunya menyaksikan sunset maupun sunrise, atau bisa menyusuri pantai ini dengan berjalan kaki. 

13. Pantai Tanjung Layar

Pantai ini berlokasi di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Lebak. Saat berkunjung, Anda akan melihat dua batu karang yang berdiri kokoh, serta menjadi salah satu ikon yang dipercaya merupakan kapal Sangkuriang. 

14. Pantai Pasir Putih

Seperti dengan namanya, tempat ini memiliki pasir putih panjang yang indah juga memukau. Tak sama dengan pantai sebelumnya, di sini Anda akan melihat gulungan ombak yang besar, namun terdapat gugusan karang yang bisa memecah ombak sebelum sampai di bibir pantai. Anda juga bisa beristirahat sambil menikmati suasana yang tenang, atau bahkan menyusuri pantai bersama dengan keluarga. 

15. Pantai Ciputih

Sama seperti pantai lainnya, di sini Anda bisa menyaksikan suasana alam yang sejuk dan tenang, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Tak hanya itu saja, pantai ini memiliki pasir putih yang memukau sejauh mata memandang, dihiasi air yang jernih juga ombak yang tenang. Saat berada di sini, banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan di tempat ini, salah satunya snorkeling, berenang, atau bahkan menyusuri tempat ini sambil mengabadikan momen indah dan menarik. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS