Sukses

7 Potret Kemegahan Masjid Sheikh Zayed Solo, Berasa di Abu Dhabi

Masjid yang mampu menampung 10 ribu jamaah ini punya keindahan layaknya masjid-masjid di Timur Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Kabar gembira tengah dirasakan masyarakat Indonesia khususnya warga Solo. Tepat Senin ini (14/11), sebuah masjid megah telah resmi berdiri atas hadiah dari Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ). Bukan hanya sebagai tempat ibadah semata, Masjid yang mampu menampung 10 ribu jamaah ini punya keindahan layaknya masjid-masjid di Timur Tengah. 

Tak lain ialah desain hingga dekorasinya yang punya ornamen ala masjid di Arab. Bahkan walikota Surakarta, Gibran menyebut Masjid Sheikh Zayed Solo itu serupa dengan Masjid Sheikh Zayed yang ada di Abu Dhabi. Kakak Kaesang Pangarep itu bahkan turut menyaksikan langsung peresmian Masjid bareng Joko Widodo.

Masjid ini mampu menampung sekitar 10.000 jamaah dan menjadi pusat pengajaran Islam yang rahmatan lil 'aalamin di Kota Solo. Masjid Raya Sheikh Zayed akan menjadi simbol persahabatan dua negara muslim terbesar di dunia," tulis Gibran dalam laman Instagram pribadinya. 

Rasa penasaran masyarakat akhirnya terbayarkan usai sebagian masjid terbuka untuk umum. Selain mengagumi keindahannya, banyak yang mengaku nuansa berada di Masjid Sheikh Zayed ini bak berada di Abu Dhabi. Tak heran nuansa pepohonan palm dan potret kubah dan menara nan megah jadi daya tarik tersendiri. 

Bahkan jika dilihat dari udara, penampakan Masjid yang bergaya Islam modern ini terlihat megah. Sangat kontras dari pemukiman sekitar yang berdekatan dengan Stasiun Solo Balapan. Sebelum makin penasaran, berikut Liputan6.com merangkum potret suasana megah Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo melansir dari berbagai sumber, Senin (14/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Beginilah potret kemegahan Masjid Raya Sheikh Zayed jika dilihat dari dekat, pohon palemnya menghadirkan nuansa ala Timur Tengah.

3 dari 8 halaman

2. Masjid yang berdiri di Jl A Yani No128, Gilingan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta ini juga terlihat megah meski dilihat dari ketinggian.

4 dari 8 halaman

3. Dekorasi luar bernuansa putih membuat penampakan Masjid Sheikh Zayed terlihat mencolok.

5 dari 8 halaman

4. Diketahui, Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan hadiah dari Pangeran UEA, Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan untuk Presiden Jokowi.

6 dari 8 halaman

5. Meski masih terbatas, inilah potret interior tempat ibadah kembaran Masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi.

7 dari 8 halaman

6. Terlihat futuristik tanpa mengesampingkan dekorasi indah ala masjid di Timur Tengah.

8 dari 8 halaman

7. Mulai ruang VIP, perpustakaan, dan basement yang diperuntukkan sebagai tempat wudhu melengkapi fasilitas masjid yang mulai dibangun pada 6 Maret 2021 lalu itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.