Sukses

Apa Itu Bloating? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu,  Bunga Citra Lestari alias BCL diterpa isu tak sedap perihal dirinya yang dituding sedang berbadan dua. Istri almarhum Ashraf Sinclair itu lantas angkat bicara perihal gosip miring tersebut.

Menurut penyanyi 39 tahun itu, merasa menjadi korban celaan fisik alias body shaming. Menurut BCL, banyak faktor yang bisa memengaruhi perutnya tampak lebih buncit dalam video yang viral tersebut. 

"Enggak semua orang mengerti angle, enggak semua orang mengerti bloating, atau sedang datang bulan. It's okay tapi sedih aja," terangnya dilansir dari YouTube Budiey Channel, Sabtu (13/11/2022). 

Lantas apa itu kondisi bloating dan bagaimana penyebabnya? Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai penyebab bloating dan cara mengatasinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (13/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Bloating

Dikutip dari Healthline, apa itu bloating atau perut kembung adalah saluran gastrointestinal atau GI terisi dengan udara atau gas. Gejala yang muncul saat bloating adalah perut terasa penuh, kencang, hingga buncit. Bahkan perut anda akan terasa nyeri, keras, dan sering buang gas.

Apa itu bloating ini sangat mengganggu penampilan, bahkan segala aktivitas sehari-hari akan terasa berat. Kondisi ini sering kali terjadi pada siapapun, baik anak-anak hingga orang dewasa. Apa itu bloating adalah kondisi pencernaan yang sedang terisi oleh gas atau udara. Penyebab dari bloating sendiri bisa karena hormon dan stres, bahkan bisa terjadi karena kondisi medis lainnya.

3 dari 5 halaman

Penyebab Bloating

Setelah mengetahui apa itu bloating, anda perlu memahami penyebab bloating. Penyebab bloating umumnya karena terlalu banyak gas di usus. Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa makanan dan minuman seperti sayur-sayuran dan minuman bersoda. Masalah lain yang menyebabkan perut kembung yakni:

1. Masalah pencernaan

2. Sembelit

3. Intoleransi makanan tertentu

4. Sindrom iritasi usus besar

5. Menstruasi

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Bloating

1. Makan probiotik

Cara mengatasi apa itu bloating yang pertama adalah dengan mengonsumsi probiotik. Probiotik akan mengantar banyak bakteri hidup ke sistem pencernaan untuk membantu merestorasi ketidakseimbangan yang ada. Bakteri itu akan bekerja cepat pada usus untuk membersihkan dari gas atau udara yang terperangkap.

2. Buang angin

Kondisi apa itu bloating merupakan langkah untuk melepas udara di dalam perut. Dengan buang angin, maka akan menjadi cara paling efektif untuk membuatmu merasa lebih baik dalam sekejap.

3. Mengonsumsi teh

Cara mengatasi apa itu bloating yang berikutnya yakni dengan mengonsumsi teh herbal. Meski begitu, saran ini belum ada bukti yang pasti tentang khasiat minum teh untuk atasi bloating. Namun, tidak ada salahnya dicoba, dengan begitu gas yang ada di usus akan segera hilang.

4. Makan lebih banyak serat

Cara mengatasi apa itu bloating yang berikutnya adalah dengan makan makan berserta. Ada beberapa makanan yang disarankan para ahli diet sebagai obat untuk mengatasi bloating. Seperti buah-buahan, sayuran, gandum penuh dan kacang-kacangan.

Makanan yang difermentasi juga berguna karena mengandung bakteri baik yang secara alami muncul, yaitu Lactobacillus. Seperti makanan yoghurt, kefir, kimchi, dan kombucha juga masuk dalam kategori ini. Mengonsumsi kombinasi dari beberapa makanan ini bisa mengatasi bloating dengan cepat dan aman.

5. Tidur yang cukup

Selain menjaga pola makan,  cara mengatasi bloating adalah dengan mengatur pola tidur. Mungkin terdengar tidak ada hubungan langsung antara tidur dan kesehatan sistem pencernaan, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa satu malam dengan tidur yang buruk, bisa mengganggu microbiome di sistem pencernaan.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Bloating

Dikutip dari Healthline, dalam banyak kasus, gejala perut kembung dapat dikurangi atau bahkan dicegah dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup sederhana seperti menurunkan berat badan hingga mengurangi terlalu banyak mengonsumsi makanan berkarbonasi. Berikut ini cara mencegah terjadinya bloating, yakni:

1. Hindari mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet dapat menyebabkan Anda menelan lebih banyak udara, yang pada akhirnya dapat menyebabkan bloating atau perut kembung.

2. Batasi asupan minuman berkarbonasi

Cara mencegah terjadinya bloating adalah membatasi asupan minuman berkarbonasi. Hindari makanan yang menyebabkan gas, seperti sayuran dalam keluarga kubis, kacang kering, lentil, minuman bersoda, dan masih banyak yang lainnya.

3. Makan perlahan dan hindari minum melalui sedotan

Cara mencegah bloating yang berikutnya adalah dengan makan perlahan dan hindari minum dengan menggunakan sedotan.

4. Gunakan produk susu bebas laktosa (jika Anda tidak toleran terhadap laktosa)

Cara mencegah bloating yang selanjutnya adalah dengan menggunakan produk susu bebas laktosa.

5. Mengonsumsi probiotik

Probiotik juga dapat membantu mengisi kembali bakteri usus yang sehat. Penelitian dicampur pada efektivitas probiotik. Satu ulasan menemukan bahwa probiotik memiliki efek sedang, dengan persetujuan 70 persen pada efeknya pada kembung. Anda dapat menemukan probiotik dalam kefir dan yogurt.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS