Sukses

15 Tempat Wisata di Majalengka yang Paling Hits, Alamnya Memukau

Tempat wisata di Majalengka bisa menjadi destinasi liburan yang nyaman dan menyejukkan.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Majalengka menawarkan keindahan alam yang memukau. Majalengka sendiri merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Barat dengan kondisi alam yang asri. Majalengka terdiri dari wilayah dataran rendah di bagian utara, wilayah tengah berbukit-bukit, dan wilayah selatan merupakan wilayah pegunungan dengan puncaknya Gunung Ceremai.

Wisata di Majalengka bisa menjadi destinasi liburan yang nyaman dan menyejukkan. Hal ini tidak terlepas dari daerah dataran rendah dan perbukitan yang dimilikinya. Di Majalengka terdapat banyak destinasi air terjun dan danau.

Tempat wisata di Majalengka terdiri dari pesona alam yang menawan. Bagi kamu yang ingin berwisata ke Jawa Barat, Majalengka dapat menjadi destinasi pilihan liburan yang menyenangkan. Hamparan alam yang asri menjadi daya tarik utama bagi daerah ini. 

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (11/11/2022) tentang tempat wisata di Majalengka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Majalengka

Terasering Panyaweuyan

Terasering Panyaweuyan menjadi tempat wisata di Majalengka. Di sini kamu dapat menikmati pemandangan persawahan dan perkebunan dengan kontur bervariasi. Sebagian wilayah di Terasering Panyaweuyan berada di ketinggian 400 hingga 2.000 meter di atas permukaan laut dan berupa permukaan tanah miring. Tempat wisata di Majalengka berada di Desa Sukasari Kidul, Argapura, Majalengka. Terasering Panyaweuyan cocok bagi kamu yang punya hobi fotografi. Di sini kamu bisa membidik perpaduan panorama hijaunya perbukitan, langit, dan cerahnya sinar matahari.

Curug Muara Jaya

Tempat wisata di Majalengka berikutnya yaitu Curug Muara Jaya. Terletak di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, Curug Muara Jaya memiliki ketinggian 73 meter. Di sini kamu tak cuma dapat menikmati segarnya air terjun melainkan juga rimbunnya pepohonan besar berumur ratusan tahun serta melihat satwa seperti kera dan lutung.

Situ Sangiang

Berada 27 kilometer dari pusat Kabupaten Majalengka, Situ Sangiang tak cuma sekadar wisata danau menyejukkan mata. Tempat wisata di Majalengka ini juga mempunyai nilai sejarah masa lampau. Situ Sangiang juga terdapat makam Sunan Parung yang dipercaya adalah salah satu raja dari Kerajaan Talaga Manggung. Objek wisata ini memiliki luas 107 hektare, dengan luas Situ atau Telaga Sangiang 19,7 ha. Situ Sangiang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai (TNGC).

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Majalengka

Curug Ibun Pelangi

Curug Ibun Pelangi merupakan air terjun yang menawarkan pemandangan berupa dua dinding batu alam. Tempat wisata di Majalengka memiliki air yang jernih dan pepohonan rindang. Lokasinya ada di Desa Sukasari Kaler, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Di sini pengunjung dapat menikmati fenomena pelangi yang muncul di area curug. Curug Ibun Pelangi berjarak kurang lebih 16 kilometer dari pusat Kota Majalengka dengan estimasi waktu tempuhnya 30 menit.

Gunung Ciwaru

Gunung Ciwaru merupakan tempat wisata di Majalengka yang menawarkan hamparan hutan pinus dan pesona alam dataran tinggi. Lokasinya berada di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka.  Untuk bisa menikmati pemandangan dari puncak, maka pengunjung harus berjalan kaki sekitar 300 meter. Dari atas Gunung Ciwaru, mereka bisa melihat Gunung Ciremai yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.

Perkebunan Teh Cipasung

Tak cuma curug dan danau, keindahan alam Majalengka juga dapat dinikmati dari perkebunan teh. Objek wisata ini terletak di desa Cipasung Kecamatan Lemahsugih. Di sini kamu dapat menikmati sejuknya hamparan perkebunan teh dengan luas sekitar 59 hektar. Perkebunan Teh Cipasung dikelola dengan baik dan menjadi sumber perekonomian warga sekitar. Di sini Anda bisa menyusuri hijaunya perkebunan teh, jika beruntung, kamu juga bisa menemui para pemetik teh. Tempat wisata di Majalengka berada di lereng Timur Gunung Cakrabuana.

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Majalengka

Curug Baligo

Curug Baligo berlokasi di Desa Padaherang, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Keunikan dari tempat wisata di Majalengka ini adalah adanya dua tingkatan kolam di bawah air terjun. Kolam di curug yang pertama memiliki kedalaman di atas 150 cm, sementara kolam di curug kedua memiliki kedalaman 50 - 170 cm.

Telaga Herang

Telaga Herang sudah menjadi tempat wisata di Majalengka yang populer. Telaga Herang merupakan wisata danau dengan air yang sangat jernih. Berlokasi di Desa Jeruk Leueut, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, air yang mengalir di telaga ini berasal dari air bawah tanah dari Gunung Ciremai.

Situ Cipanten

Situ Cipanten memiliki luas kurang lebih satu hektare, tepatnya di Desa Gunung Kuning, Sindang, Kabupaten Majalengka.  Selain sebagai tempat wisata di Majalengka, Situ Cipanten berfungsi sebagai pengairan dan perikanan. Area ini dikelilingi pepohonan rindang. Pengunjung bisa menikmati beberapa fasilitas, seperti perahu dan spot foto.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Majalengka

Curug Cipeuteuy

Curug Cipeuteuy berlokasi di Blok Pasir, Desa Bantar Agung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Fasilitas di Curug Cipeuteuy ini juga cukup lengkap seperti gazebo, kamar mandi, akses jalan ke curug, kolam dan juga musala. Tempat wisata di Majalengkan ini membuatmu dapat menyaksikan panorama alam hijau yang masih asri dengan pinus yang menjulang.

Telaga Nila

Telaga Nila terletak di Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Telaga Nila juga dikenal dengan sebutan Danau Tosca dan Blue Lagoon. Telaga ini memiliki air yang jernih berwarna biru kehijauan sehingga mampu memantulkan bayangan pepohonan rimbun yang mengelilinginya.

Puncak Sawiyah

Lokasi berikutnya masih berupa dataran tinggi, yaitu Puncak Sawiyah. Dari tempat wisata di Majalengka ini, kamu bisa melihat Gunung Galunggung, Talaga Bodas, Gunung Papandayan, dan Bandara Kertajati. Ada juga beberapa spot foto yang bisa kamu nikmati di Puncak Sawiyah. Ada pula air terjun yang disebut masih alami dan airnya jernih. Lokasi Puncak Sawiyah berada di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka. 

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Majalengka

Paralayang Gunung Panten

Tempat wisata di Majalengka berikutnya yaitu Gunung Panten. Lokasinya berada di Kelurahan Munjul Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka. Di sini kamu bisa menikmati panorama Kota Majalengka dari ketinggian. Tak cuma itu, panorama Gunung Ciremai juga terlihat jelas dari ketinggian lokasi ini. Paralayang Gunung Panten menawarkan pengalaman paralayang bagi kamu yang ingin mencoba terbang di ketinggian.

Curug Leles

Curug Leles merupakan tempat wisata di Majalengka terletak di Desa Padaherang, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka. Lokasi Curug Leles ini juga dijadikan lokasi berkemah bagi para wisatawan. Di bumi perkemahan curug leles kamu bisa berkemah menikmati suasana alam yang jauh dari polusi.

Bukit Kanaga

Tempat wisata di Majalengka berikutnya adalah Bukit Kanaga. Lokasinya berada di Taman Nasional Gunung Ciremai. Berada di ketinggian kurang lebih 1.300-1.450 meter di atas permukaan laut (mdpl), tempat ini memiliki panorama hutan pinus dan perkebunan yang indah. Bukit Kanaga juga memiliki lahan camping yang bisa menampung ratusan tenda. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.