Sukses

25 Wisata Alam di Bali yang Bisa Bikin Liburan Kamu Jadi Lebih Sempurna

Liputan6.com, Jakarta Bali semakin hari semakin banyak dikenal orang di seluruh dunia. Ini membuat mengapa Bali bukan hanya sekadar surga wisata di Indonesia, tetapi menjadi salah satu surga tempat wisata di dunia. Berbagai wisata alam di Bali seringkali menjadi hal yang paling dicari oleh wisatawan.

Mengunjungi Bali mungkin tidak hanya akan menyembuhkan kamu dari lelah dan penatnya bekerja, tetapi akan membuat kamu bersemangat lagi untuk bekerja agar dapat kembali ke Bali. Mulai dari menghabiskan waktu bersama keluarga, berpetualang serta bulan madu, semua dapat kamu lakukan di Bali. Aneka ragam wisata alam di Bali siap menyambut kamu kapanpun.

Salah satu alasan mengapa alam Bali begitu populer, karena keadaannya yang masih asri dan terjaga secara alami. Hal ini tidak lepas dari peran masyarakat setempat yang dengan hati-hati menjaga dan mencintai alam. Melalui hubungan baik masyarakat Bali dengan alam, hasilnya dapat dinikmati oleh semua orang dari segala penjuru dunia. Kamu dapat menikmati puluhan pantai, air terjun, pura dengan pemandangan luar biasa di Bali. Berikut liputan6.com rangkum tentang berbagai wisata alam di Bali dari Dinas Pariwisata Povinsi Bali dan berbagai sumber, Jum’at (11/10/22) 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Wisata Alam di Bali Berbasis Pantai

1. Pantai Pandawa

Salah satu pantai ternama di Bali ini jangan sampai sampai kamu lewatkan. Berkunjung ke Bali juga belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Pantai Pandawa. Pantai yang terletak di Kuta Selatan, Badung, Bali ini menawarkan hamparan pasir putih yang sangat menawan di sepanjang garis pantai. Selain itu, Pantai Pandawa juga berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang membuatnya semakin menakjubkan.

Lautan biru tanpa batas dan panorama ciamik akan membuat stok konten media sosial kamu semakin menarik. Nama Pandawa diberikan kepada wisata alam di Bali yang satu ini bukan tanpa sebab, karena di sepanjang jalan turun menuju pantai, kamu akan menemukan gua-gua yang berhiaskan ornamen tokoh wayang “Pandawa”. Kisah kelima tokoh wayang tersebut merupakan salah satu sumber teladan masyarakat Bali.

2. Pantai Jimbaran

Masih di daerah Kuta Selatan, pantai yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Pantai Jimbaran. Pantai Jimbaran cocok bagi kamu si pecinta senja atau matahari terbenam. Sambil menikmati indahnya matahari terbenam dan hamparan pasir putih, kamu bisa memakan makanan lokal, hidangan laut dsb. Matahari terbenam di Pantai Jimbaran memang menjadi daya tarik utama. Oleh karena itu, lebih baik kamu datang ke sini saat sore hari. Area pantai dibuka selama 24 jam, jadi kamu juga tidak perlu khawatir  jika ingin berlama-lama. Berkunjung bersama keluarga atau pasangan terkasih, semua akan terasa lebih istimewa di Pantai Jimbaran.

3. Pantai Kuta

Siapa yang tidak kenal dengan salah satu ikon wisata alam di Bali ini. Ya, Pantai Kuta namanya, pantai yang tentu saja berada di Desa Kuta, Kecamatan Kuta, Badung, Bali. Pantai Kuta adalah tujuan wisata internasional yang dilengkapi oleh berbagai fasilitas. Selain bersantai, Anda juga dapat berenang maupun berselancar di sini. Meskipun tidak berpasir putih, Pantai ini tetap cantik dan mampu menarik banyak wisatawan. Lokasinya yang berada di pusat Pulau Bali menjadi alasan lainnya mengapa Pantai Kuta banyak dikunjungi.

4. Pantai Nusa Dua

Tempat wisata yang umum dan banyak dikunjungi wisatawan adalah Nusa Dua. Wilayah Nusa Dua memang menjadi salah satu tempat populer di kalangan wisatawan. Pantai yang disebut sebagai pantai paling bersih di Bali ini menyajikan pemandangan indah pantai yang disempurnakan dengan pasir putih. Di sini kamu juga bisa menikmati cantiknya matahari terbit.

Anda dijamin akan mendapatkan kenyamanan seketika sampai di Pantai Nusa dua. Berbagai hotel dan resor mewah juga dapat mudah kamu temukan di sekitar pantai. Selain itu, terdapat water blow yang tidak boleh kamu lewatkan. Deburan ombak yang mengenai batuan di tebing-tebing pantai akan menjadi referensi  foto cantik.

5. Pantai Green Bowl

Wisata alam di Bali berbasis pantai merupakan salah stau hidden gem yang bisa kamu kunjungi. Pantai Green Bowl yang berada di Ungasan ini dapat dikunjungi dengan menempuh perjalanan menuruni anak tangga yang berjumlah ratusan terlebih dahulu. Terutama bagi Anda yang ingin berpetualang, bepergian ke Pantai Green Bowl adalah pilihan yang tepat. Sesampainya di sini kamu akan segera di sambut gulungan ombak pantai dan pemandangan batu kapur yang ada di sekitar pantai.

3 dari 6 halaman

Wisata Alam di Bali Berbasis Pantai

6. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu merupakan salah satu dari enam pura utama di Bali. Pemandangan sekitar pura tidak perlu diragukan keindahan dan kemewahannya lagi. Kamu langsung bisa melihat lautan biru dan tebing tinggi nan curam di sekitarnya. Pemandangan akan semakin sempurna ketika kamu mengunjungi wisata alam di Bali yang satu ini pada sore hari atau ketika matahari terbenam. Selain itu, kamu bisa menikmati pertunjukkan tari kecak dan arsitektur luar biasa dari Pura Uluwatu itu sendiri. Pura Uluwatu, tepatnya berada di Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung dan pada ketinggian 250 kaki di atas permukaan laut.

7. Pantai Lovina

Pantai Lovina berada 9 km dari Singaraja, Buleleng. Pantai Lovina merupakan salah satu dari tempat wisata alam di Bali terbaru. Pantai Lovina menawarkan alam bawah laut yang luar biasa dan pemandangan lumba-lumba hidung botol yang bermain di pantai. Bagi kamu yang ingin mencoba peruntungan bisa melihat lumba-lumba hidung botol muncul dengan datang tepat setelah matahari terbit.

Kamu bisa menaiki perahu tradisional yang dikenal dengan “Jukung” untuk melihat lumba-lumba hidung botol lebih dekat.  Dengan melakukan perjalanan dari Bedugul sekitar dua jam atau melalui rute Gilimanuk sekitar empat jam, kamu akan tiba di pantai ini.

8. Pura Tanah Lot

Memiliki panorama yang mirip dengan Pura Uluwatu, Pura Tanah Lot juga menyajikan pemandangan menakjubkan dari pantai di bawahnya. Terdapat dua pura di sini, satu berada di atas tebing serupa dengan Pura Uluwatu dan yang lain terletak di atas bongkahan batu. Tanah Lot sendiri berada di Desa Baraban, Kediri, Kota Tabanan. Pantai sekitar pura juga merupakan tempat yang tepat untuk melihat matahari terbenam di ufuk barat.

9. Pantai Sanur

Pantai Sanur dikenal dengan pemandangan matahari terbitnya. Ombak laut yang tenang wisata alam di Bali yang satu ini akan membawa ketenangan tersendiri bagi kamu yang datang ke sini. Terletak di Sanur, Denpasar, Bali wisata Alam di Bali yang satu ini juga selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Kamu dapat mencoba beberapa aktivitas air di Pantai Sanur, termasuk, menaiki kano, kayaking, seawalker, scuba diving dan snorkeling. Keluarga atau pasangan kamu pasti akan sangat bahagia menghabiskan waktu bersamamu di sini.

10. Seminyak

Seminyak merupakan pusat kawasan mode, kuliner dan akomodasi yang sangat digandrungi para wisatawan di Bali. Ini merupakan kawasan pesisir kelas atas di sebelah utara Legian dan Kuta. Berada di 10 km dari Denpasar, kamu mungkin tidak akan mendapatkan ketenangan, tetapi kami dapat mendapatkan pengalaman menarik yang tak akan terlupakan di pesisir pantai seminyak. Kamu bisa mencoba mendapatkan ketenangan di siang hari di pantai yang lebih khusus di sini. Seminyak adalah pembuka yang bagus bagi kamu yang ingin menjelajahi alam Bali.

4 dari 6 halaman

Wisata Alam di Bali Berbasis Air

 

11. Pantai Legian

Pantai Legian merupakan pantai dengan perpaduan pemandangan selancar di Kuta dan ramainya pesta di Seminyak. Kamu dapat berenang di pantai atau berjalan-jalan menyusuri tepi pantai. Sekitar pantau juga terdapat beragam butik dan restoran bisa kamu datangi. Pantai Legian adalah pantai yang sesuai untuk bersantai dengan kelebihan suasana yang lebih tenang dan tarif resor sekitar yang lebih murah.

12. Pantai Bias Tugel

Pantai yang berada di Desa Padangbai, Karangasem ini mungkin tidak ramai pengunjung dan tidak semudah aksesnya daripada pantai yang lain. Namun, bagi kamu yang mencintai petualangan, tempat ini benar-benar akan memuaskan dan membayar lunas semua perjuangan untuk sampai di sini. Pantai ini merupakan pilihan tepat untuk mendapatkan ketenangan. Suasana laut dan pemandangan sekitar juga dijamin akan membuat kamu betah berlama-lama tinggal di Pantai Bias Tugel.

13. Danau Tamblingan

Danau Tamblingan berada di lereng sebelah utara Gunung Lesung, kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Buleleng, Bali. Danau Tamblingan menyajikan pemandangan hutan hujan tropis yang masih sangat alami. Selain itu, di sekitar danau juga terdapat beberapa pura yang penuh akan sejarah peradaban dan perkembangan kebudayaan Bali.

14. Air Terjun Kanto Lampo

Air terjun Kanto Lampo terletak di Desa Beng, Kabupaten Gianyar. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 15 meter dengan aliran air yang tidak terlalu deras. Kamu bisa mendapatkan ketenangan dengan menikmati percikan air yang disertai hembusan angin sepoi-sepoi. Hilangkan rasa penat dan lelah kamu dengan mengunjungi salah satu hidden gem di wilayah Timur Bali ini.

15. Air Terjun Manuaba

Air Terjun Manuaba merupakan tempat tersembunyi di antara hutan kecil di Desa Kenderan, Tegallalang. Berada di samping Pura Griya Sakti Manuaba, kamu akan menemukan air terjun yang satu ini. Kamu tidak boleh melewati air terjun yang satu ini karena meskipun baru dibuka pada tahun 2019 dan belum banyak pengunjung, pemandangan dan suasana yang ditawarkan Air Terjun Manuaba tidak kalah indah dari wisata air terjun lainnya.

5 dari 6 halaman

Wisata Alam di Bali

16. Tirta Empul

Tirta Empul merupakan mata air suci dan nama dari sumber air yang berada di dalam candi. Tirta Empul terletak di Desa Manukaya kompleks sekitarnya merupakan salah satu situs budaya nasional. Mata air yang ada di sini menjadi sumber berbagai pemandian pemurnia, kolam, kolam ikan yang nantinya mengalir ke Sungai Tukad Pakerisan. Nikmati pemandangan alam khas Tirta Empul bersama keluarga atau orang terkasih lainnya.

17. Air Terjun Tegenungan Kamenuh

Berada di Desa Kemenuh, Sukawati, Gianyar, Bali, Air Terjun Tegenungan Kamenuh mempunyai ketinggian mencapai 15 meter. Anda dapat menikmati suasana sekitar air terjun yang masih alami. Air terjun ini memiliki debit air yang cukup deras, meskipun airnya bening dan. Sebaiknya Kamu berhati-hati jika membawa anak atau lebih baik tidak bepergian ke sini bersama buah hati kamu.

 

18. Danau Beratan

Danau Baratan berada di dataran tinggi pegunungan, Bedugul, Bali. Di danau ini beridiri Pura Ulun Danu yang sangat megah. Kamu bisa menikmati suasana sejuk karena danau ini berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan air laut. Danaunya begitu tenang dan jernih, tepat bagi kamu yang ingin menenangkan diri dan sejenak melupakan penatnya pekerjaan. Pemandangan dari Danau Baratan dan Pura Ulun Danu ini benar-benar menakjubkan. Wisata alam ini merupakan salah satu bagian ikonik dari Bali.

19. Campuhan Ridge

Bagi kamu yang ingin beralih dari wisata air ke wisata alam yang hijau nan asri, kamu bisa mencoba mengunjungi Campuhan Ridge. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan perbukitan dan sawah yang sangat hijau dan indah. Kamu bisa memanfaatkan taksi online ke arah Warwick IBAH Luxury Villas and Spa lalu mengambil jalan di sebelah kiri untuk mencapai Campuhan Ridge. Di sepanjang perjalanan jalur bukit terdapat pemandangan lereng bukit dan lembah Sungai Wos menawan yang bisa kamu nikmati dengan cuma-cuma. Jika beruntung, kamu bisa melihat gagahnya Gunung Agung.

20. The Bali Swing

Kamu yang ingin memenuhi postingan media sosial kamu dengan foto cantik, maka kamu dapat mengunjungi The Bali Swing. Terdapat ayunan yang menghadap ke lembah pohon palem dan sungai di sini. Kamu akan benar-benar merasakan Bali ketika berkunjung ke The Bali Swing. Untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu bisa berkunjung saat dini hari atau malam hari.

6 dari 6 halaman

Wisata Alam di Bali

21. Gunung Agung

Gunung Agung merupakan puncak tertinggi sekaligus pusat spiritual masyarakat Bali. Gunung Agung adalah gunung yang sangat berharga dan sangat dihargai, terutama oleh masyarakat Bali. Kabun dan awan yang menyelimuti Gunung Agung menambah keindahan tersendiri.Kamu bisa mengunjungi Gunung Agung saat pagi hari untuk mendapatkan momen terbaik. Selain mendaki, kamu juga bisa mencoba trekking dan panjat tebing.

22. Teras Sawah Tegalalang

Kamu bisa sampai di Teras Sawah Tegalalang setelah menempuh perjalanan sekitar 20 menit ke arah utara Ubud. Wisata alam yang satu ini menawarkan keindahan alam melalui teras sawah yang menggunakan teknik subak. Kamu akan puas memandangi pemandangan hijau dan sangat asri di sini. Jangan lupakan untuk mengabadikan momen terbaik kamu ketika berkunjung ke Teras Sawah Tegalalang.

23. Goa Gajah

Goa Gajah adalah situs bersejarah yang ditemukan sekitar 1000 tahun yang lalu. Pernah hilang, goa ini kembali sekitar tahun 1920-an. Selain menikmati goa, kamu juga bisa menikmati kolam pemandian yang dikelilingi oleh patung-patung cantik. Berkunjung ke Goa Gajah benar-benar hal yang harus kamu coba ketika ke Bali.

24. Lembah Sideman

Bagi kamu yang sedang mencari ketenangan dan kedamaian, maka kamu bisa mencoba datang ke Lembah Sideman. Kamu bisa sampai di sini dengan berjalan atau menggunakan sepeda melintasi desa-desa kuno. Nikmatilah suasana sekitar dan rasakan bagaimana alam menyambut dan menenangkanmu.

25. Gunung dan Danau Batur

Gunung batur juga dikenal sebagai gunung berapi Kintamani. Gunung Batur merupakan salah satu tempat yang menawarkan  pemandangan terindah di Pulau Bali. Pemandangan indah kaldera seluas 13 km persegi  yang dilengkapi dengan danau indah ini menawarkan hal luar biasa yang harus kamu lihat.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS