Sukses

8 Manfaat Lemak Bagi Tubuh yang Wajib Diketahui, Pahami Jenis-jenisnya

Namun agar manfaat lemak dapat dirasakan secara maksimal, ada baiknya bijak dalam memilih jenis lemak yang masuk ke dalam tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Lemak merupakan salah satu asupan yang diperlukan oleh tubuh. Manfaat lemak sangat berguna dalam proses metabolisme seseorang. Terlalu banyak lemak di dalam tubuh memang dapat menimbulkan berbagai penyakit, namun kekurangan lemak juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Kekurangan lemak dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti energi yang melemah, fungsi sel terganggu, hingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan demensia. Selain itu kekurangan lemak juga dapat mengakibatkan kerontokan rambut, cepat lelah, dan jika terluka sulit sembuh.

Oleh sebab itu tubuh tetap membutuhkan lemak. Lemak sendiri memiliki empat jenis yang memberikan dampak yang berbeda-beda pada tubuh. Agar manfaat lemak dapat dirasakan oleh tubuh secara maksimal, sebaiknya pilih lemak sehat yang tidak menjadi endapan saat dikonsumsi. Berikut manfaat lemak dan jenis-jenis lemak yang sudah Liputan6.com rangum dari berbagai sumber, Rabu (26/10/2022)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Lemak

1. Membantu Penyerapan Vitamin

Vitamin perlu dilarutkan terlebih dahulu sebelum dapat diserap oleh tubuh. Beberapa jenis vitamin, seperti vitamin A, D, E, dan K memerlukan lemak dapat larut dan terserap kedalam tubuh dengan baik. 

2. Melindungi Organ Penting Tubuh

Manfaat lemak selanjutnya adalah sebagai lapisan pelindung organ-organ tubuh, seperti otak, paru-paru, dan jantung. Lemak bekerja sebagai bantalan yang mencegah terjadi kerusakan pada organ apabila terjadi benturan. Tapi jika jumlah lemak yang melapisi organ terlalu banyak, lemak dapat mengganggu kinerja organ tersebut. 

Selain itu, lemak juga membantu membangun sel serta memproduksi hormon, sehingga tubuh bisa berfungsi dengan baik.

3. Penghasil Energi

Selain karbohidrat dan protein, lemak menjadi salah satu sumber energi bagi tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Energi dapat diperoleh dari tiga jenis asupan nutrisi, oleh karena itu jumlah asupan yang masuk ke dalam tubuh harus seimbang agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

4. Menjaga Kelembaban kulit

Lemak menjadi elemen yang penting pada struktur kulit manusia. Kekurangan lemak dapat menyebabkan kulit kering yang jika dibiarkan dapat berlanjut menjadi dermatitis atau peradangan pada kulit. Kulit yang kering juga lebih mudah terluka dan sulit sembuh. 

Sebum yang dihasilkan oleh lemak yang ada pada kulit membantu menjaga kelembaban kulit sehingga tetap sehat. Jenis lemak sehat seperti omega 3 dan omega 6 juga baik dalam membantu menyembuhkan luka lebih cepat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Lemak

5. Menyehatkan Rambut

Sama halnya dengan kulit, keberadaan lemak juga penting untuk memelihara kesehatan rambut. Minyak alami yang dihasilkan kulit berasal dari lemak yang ada di dalam tubuh membantu menjaga kelembaban rambut sehingga tidak mudah patah maupun bercabang.

6. Menjaga Suhu Tubuh Tetap Hangat

Lemak yang tidak digunakan sebagai sumber energi akan disimpan di dalam tubuh. Simpanan lemak ini berfungsi seperti isolator yang membuat tubuh menjadi lebih hangat

7. Mendukung Perkembangan Jaringan Otak Anak

Pada janin dan anak-anak, lemak diperlukan sebagai asupan untuk mendukung perkembangan jaringan otak. Selain itu, lemak juga diperlukan pada tahap pertumbuhan dan pembantukan syaraf pada anak.

8. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi jenis lemak baik terbukti dapat menjaga daya tahan tubuh. Asam lemak omega berguna dalam meningkatkan imunitas yang membentengi dari berbagai penyakit. Asupan ini membantu melawan virus dan bakteri yang masuk dalam tubuh, sehingga seseorang menjadi lebih kuat.

4 dari 4 halaman

Manfaat Lemak: Jenis

Terdapat empat jenis lemak, tidak semua jenis lemak memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Penting mengenal jenis-jenis lemak untuk mengetahui mana jenis lemak yang baik dan yang mana berdampak buruk pada kesehatan.  

Lemak Tak Jenuh Tunggal

Lemak tak jenuh tunggal merupakan jenis lemak yang sehat. Mengkonsumsi lemak tak jenuh tunggal dengan jumlah yang sesuai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau Low-density Lipoprotein (LDL) dan menjaga kadar kolesterol baik atau High-density Lipoprotein  (HDL) dalam tubuh. Lemak tak jenuh tunggal dapat ditemukan pada makanan, seperti buah alpukat, kacang tanah, jagung, kedelai, kacang pecan, dan minyak zaitun.

Lemak Tak Jenuh Ganda

Lemak tak jenuh ganda juga merupakan lemak sehat yang baik bagi tubuh. Asupan lemak tak jenuh ganda yang seimbang juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Lemak tak jenuh ganda terdapat pada makanan, seperti ikan salmon, ikan tuna,  dan ikan tongkol.

Lemak Trans

Lemak trans adalah jenis lemak tidak sehat yang biasanya terdapat pada makanan olahan. Mengkonsumsi lemak tran secara berlebihan dapat meningkatkan resiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan stroke. Lemak trans biasanya terdapat pada makanan, seperti biskuit, sosis, makanan cepat saji, dan gorengan. 

Lemak Jenuh

Lemak jenuh sebenarnya relatif aman dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Namun konsumsi dalam jumlah berlebih dapat mengakibatkan gangguan kesehatan karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Lemak jenuh terdapat pada mentega, telur, daging merah, susu, keju, jeroan, daging berlemak, dan kulit ayam.

Tubuh memang memerlukan lemak sebagai salah satu asupan pendukung kesehatan. Namun agar manfaat lemak dapat dirasakan secara maksimal, ada baiknya bijak dalam memilih jenis lemak yang masuk ke dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.