Sukses

14 Wisata di Singapura Hits 2022, Unik dan Menarik untuk Dikunjungi

Wisata di Singapura juga tidak kalah dengan negara lain, di wilayahnya yang kecil Singapura memiliki tempat wisata yang banyak menarik minat pengunjung dari mancanegara termasuk Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Singapura merupakan negara terkecil di Asia Tenggara, luas wilayahnya hanya sekitar 728 kilometer persegi dengan jumlah penduduk sekitar 5,6 juta jiwa. Luas wilayah Singapura hanya sedikit lebih besar dari Kota Jakarta, yakni sekitar 661 kilometer persegi.

Meski negaranya kecil, Singapura mampu menjadi negara paling maju di Asia Tenggara. Wisata di Singapura juga tidak kalah dengan negara lain. Di wilayahnya yang kecil Singapura memiliki tempat wisata yang banyak menarik minat pengunjung dari mancanegara termasuk Indonesia. 

Ditambah warga Indonesia dapat mengunjungi Singapura tanpa perlu mengajukan visa terlebih dahulu, mempermudah akses warga Indonesia mengunjungi wisata di Singapura.

Berikut tempat wisata di Singapura yang unik dan menarik untuk dikunjungi yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (25/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wisata di Singapura: Bandara

Pengelola wisata di Singapura sangat jeli melihat peluang, baru mendarat di bandaranya saja para wisatawan sudah disuguhi berbagai tempat wisata yang berada di area Bandara Internasional Changi. Beragam destinasi wisata yang ada di Bandara Changi tidak hanya menyasar para wisatawan yang memang ingin mengunjungi Singapura. Orang yang hanya singgah untuk keperluan transit put dapat mengunjungi wisata di Singapura tanpa harus jauh-jauh keluar bandara. Berikut objek wisata yang ada di Bandara Changi

1. HSBC Rain Vortex

HSBC Rain Vortex merupakan air terjun indoor buatan tertinggi di dunia. Tingginya mencapai 40 meter dan terletak di tengah Bandara Changi. Daya tarik air terjun ini ditambah dengan dengan taman dan hutan buatan yang dibuat mengitari HSBC Rain Votre. Air terjun ini beroperasi dari mulai  jam 10.00-22.00 dan pengunjung tidak dikenakan biaya untuk dapat mengunjungi HSBC Rain Vortex.

2. Kinetic Rain

Kinetic Rain merupakan instalasi seni yang dipajang di area Bandara Changi. Instalasi seni yang terletak di terminal 1 Bandara Changi ini berbentuk seperti tetesan air dari bahan logam berjumlah 1.216 buah yang digantung menyerupai tetesan air hujan. Kinetic Rain menjadi tempat yang menarik bagi pengunjung untuk mengambil foto yang artsy. Pengunjung bisa melihat Kinetic Rain kapan saja karena tidak ada jam operasional dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk.

3. Enchanted Garden

Objek wisata lain yang ada di Bandara Changi adalah Enchanted Garden. Wisata di Singapura satu ini berlokasi di Terminal 2 Bandara Changi yang berisi beraneka macam patung berbentuk bunga. Enchanted Garden kerap menjadi tempat menunggu keberangkatan pesawat. Sama seperti objek wisata di Bandara Changi lainnya, pengunjung tidak dikenakan biaya untuk dapat melihat patung-patung bunga di Enchanted Garden.

4. Butterfly Garden

Butterfly Garden juga menjadi objek wisata Singapura yang sayang untuk dilewatkan. Seperti namanya, Butterfly Garden merupakan taman yang menjadi rumah bagi berbagai jenis kupu-kupu indah yang berterbangan.

Sama seperti Enchanted Garden, objek wisata yang berlokasi di Terminal 3 Bandara Changi ini juga menjadi tempat menunggu keberangkatan yang disukai wisatawan. Untuk memasuki kawasan Butterfly Garden, pengunjung tidak akan dikenakan biaya. Butterfly Garden juga tidak memberlakukan jam operasional, sehingga bisa dikunjungi kapan pun.

3 dari 5 halaman

Wisata di Singapura: Taman

1. Garden By The Bay

Wisata di Singapura juga memiliki taman yang membuat wisatawan berada di negeri dongeng. Garden By The Bay mengusung konsep unik yang membuat pengunjungnya merasa ada di negeri dongen.

Memadukan beragam jenis tanaman dengan banguna borgata furutistik, Garden By The Bay Berhasil menghadirkan suasana yang unik. Supertree grove bangunan mirip pohon dengan kanopi lebar yang ada di Garden By The Bay menjadi salah satu landmark Singapura. Saat malam malam, bangunan setinggi 50 meter  ini semakin cantik dengan warna-warni lampu.

2. Singapore Botanic Gardens

Singapore Botanic Gardens merupakan taman tertua di Singapura yang dinobatkan menjadi situs warisan dunia UNESCO. Singapore Botanic Gardens dapat menjadi  tempat piknik dan joging. Selain itu wisatawan dapat melihat berbagai koleksi tanaman eksklusif anggrek yang diberi nama tokoh terkemuka dan selebritis yang pernah berkunjung ke Singapore Botanic Gardens.

3. MacRitchie Reservoir Park

MacRitchie Reservoir Park merupakan sebuah cagar alam di Singapura. Di taman ini disebut para pengunjung dapat melakukan berbagai jenis olahraga. Terdapat sebuah waduk yang sekelilingnya menjadi tempat favorit untuk jalan santai di antara pepohonan hutan yang rindang, berjalan di jembatan di sela-sela pepohonan yang ada, bahkan mendayung kayaks menjelajah hutan.

4. Fort Canning Park 

Fort Canning Park yang terletak di River Valley Road, Singapura merupakan taman kota yang menjadi ruang publik bagi warga sekitar. Fort Canning Park dapat menjadi tempat olahraga yang menyenangkan, tempat berfoto, sampai tempat menggelar konser.

Fort Canning Park ini terbagi ke dalam beberapa bagian, ada waduk, ada bangunan bersejarah seperti bunker bawah tanah, tempat pameran artefak, rumah seni sekaligus kafe, dan banyak lagi. Tidak jarang tempat ini menjadi venue pernikahan atau pesta kebun lainnya.

4 dari 5 halaman

Wisata di Singapura: Pemandangan dari Ketinggian

Singapura memiliki lebih dari satu objek wisata yang menawarkan pemandangan dari atas ketinggian. 

1. Singapore Flyer

Salah satu wisata di Singapura yang menawarkan pemandangan dari ketinggian yang sayang bila dilewatkan adalah Singapore Flyer. Terdapat bianglala dengan tinggi 165 meter yang 28 kabin dengan kapasitas 10 hingga 15 orang sekali putaran. Pengunjung dapat melihat pemandangan Singapura selama 30 menit di atas ketinggian. 

2. Cable Car Singapore Sentosa

Cable Car Singapore Sentosa merupakan sebuah alternatif alat transportasi yang menghubungkan Singapura, Pulau Sentosa Dan Mount Faber. Selain menawarkan pemandangan pesisir Singapura Cable Car Singapore Sentosa, sensasi melintas di atas laut cukup memacu adrenalin.

3. SkyHelix Sentosa

SkyHelix Centos merupakan sebuah wahana panorama ketinggian yang ada di Pulau Sentosa. Wahana ini menghadirkan pemandangan 360 derajat Pulau Sentosa dan juga Greater Southern Waterfront. SkyHelix Sentosa berbentuk gondo terbuka yang bergerak memutar dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan laut. Pengunjung dapat menikmati minuman yang disediakan sambil melihat pemandangan di atas.

5 dari 5 halaman

Wisata di Singapura: Kawasan Budaya yang Beragam

Singapura juga memiliki berbagai kawasan wisata yang menjadi potret keberagaman budaya yang ada di Singapura. Berikut ini wisata di singapura yang sajikan nuansa keragaman budaya.

1. Haji Lane

Haji lane merupakan nama sebuah jalan yang kerap menjadi tujuan wisata. Tempat ini dulunya merupakan tempat singgah orang-orang yang pulang dari  ibadah haji dan pemukiman warga melayu yang kurang mampu. Kemudian pemerintah Singapura menata lokasi ini dan menjadikannya tempat wisata dengan berbagai spot foto yang menarik untuk diabadikan. 

2. Orchard Road

Jalan Orchard atau Orchard Road merupakan sebuah jalan di Singapura yang menjadi pusat retail dan hiburan. Jalan ini merupakan tempat yang sangat menarik dikunjungi. Terdapat berbagai outlet dari brand ternama dunia di kedua sisi jalan. Selain berbelanja, wisatawan juga bisa menikmati lalu lalang masyarakat sekitar sambil duduk di kursi yang ada di trotoar. Hal ini menjadi aktivitas liburan gratis yang menyenangkan.

3. Clarke Quay

Kawasan Clarke Quay dipenuhi oleh bangunan-bangunan tua Chinese Shophouse yang dicat warna-warni. Terdapat pula Singapore River yang tertata apik dan bersih yang nyaman untuk tempat nongkrong dan bersantai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.