Sukses

Tips Liburan Murah ke Thailand dan Singapura, 5 Hari Cuma Habis Rp3 Juta

Traveler ini membeli tiket pesawat pulang pergi Jakarta - Thailand dengan transit di Singapura.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan ke beberapa negara sekaligus menjadi keinginan bagi banyak orang. Meski begitu, biaya yang tinggi untuk mengunjungi sejumlah negara berbeda bisa jadi penghalang. Tapi, seroang traveler wanita mengklaim bisa mengunjungi dua negara tetangga Indonesia yaitu, Thailand dan Singapura, dengan anggaran yang relatif murah.

Ia hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp3 juta untuk liburan selama 5 hari 4 malam di dua negara itu. Ia pun membagikan tips berjalan-jalan hemat lewat dua video yang diunggahnya di akun TikTok @backpackersayur, beberapa hari lalu.

Langkah pertama, ia membeli tiket pesawat pulang pergi Jakarta - Thailand dengan transit di Singapura seharga Rp2.050.000. Tiket pesawat murah itu ia dapatkan dengan cara membeli saat ada diskon besar-besaran dari aplikasi online travel agent.

Sesampainya di Singapura, ia menitipkan koper di bagage storage bandara seharga Rp110 ribu. Selanjutnya, traveler ini membeli EZ Link Card seharga Rp104 ribu untuk naik transportasi umum di Singapura. Ia kemudian memilih untuk mengunjungi sejumlah wisata gratis dan makan di minimarket Seven Eleven seharga Rp37 ribu.

Kemudian di Thailand, ia menyewa hotel dengan harga Rp430 ribu per orang untuk 4 hari 3 malam. Selanjutnya, ia menyewa Java MiFi seharga Rp50 ribu yang bisa digunakan di 160 lebih negara dan menyambung ke lima perangkat sekaligus. Cara itu bisa membuatnya tetap terkoneksi dengan layanan digital tanpa bujet besar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Promo Diskon

Biaya makan yang ia keluarkan di Thailand hanya Rp300 ribu. Begitu pula dengan tiket wisata berbayar Rp300 ribu. Ia juga mengunjungi sejumlah tempat menarik yang bisa diakses gratis. Untuk transportasi selama di Thailand, ia mengeluarkan uang sebesar Rp500 ribu. 

Total yang ia keluarkan untuk liburan di dua negara adalah sekitar Rp3,8 juta selama 5 hari 4 malam. Video ini lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.  "Simpan dulu, cari duit, baru cari teman," komentar seorang warganet.

"Murah banget jadinya," timpalr warganet lainnya.  "Mantaap kak, jadi pengen keluar negeri," komentar warganet lainnya.

Banyak juga yang menanyakan kenapa wanita itu bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga sangat murah. Pemilik akun menjawab bahwa dia membeli tiket pada Mei lalu atau sekitar empat bulan sebelum pergi liburan. Saat itu, ia berkata situs pemesanan tersebut sedang menggelar promo diskon Epic Sale. 

"Biasanya setahun 2x promo epic sale traveloka, coba tunggu Oktober katanya ada lagi kak," tulis pemilik akun. 

3 dari 4 halaman

Maret 2022

Dilihat dari sejumlah unggahannya, wanita ini kerap membagikan tips liburan murah ke luar negeri maupun di dalam negeri. Thailand termasuk salah satu destinasi wisata favorit wisatawan dari Indonesia. Negara yang kaya akan adat budaya ini terasa begitu menyenangkan bagi banyak orang untuk liburan.

Beberapa waktu lalu juga ada traveler membagikan tips liburan murah, tapi hanya ke Thailand saja.  Namun, akun TikTok @kevinbenedico berbagi video tentang liburannya ke Thailand selama 3 hari 2 malam dengan anggaran Rp2,5 juta saja.

Bujet itu sudah termasuk tiket pesawat dan hotel.  Dalam unggahan pada 22 Agustus 2022 itu, pemilik akun bernama Kevin menuliskan kalau ia berlibur ke Thailand pada Juni lalu dan sudah mempersiapkan tiket pesawat sejak Maret 2022.

Pertama, untuk tiket pesawat Jakarta ke Bangkok, ia mendapatkan harga Rp650 ribu untuk sekali jalan. Ia juga menjelaskan saat ini wisatawan tak perlu mengisi Thailand Pass dan membawa asuransi. 

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Gratis

Wisatawan mancanegara hanya perlu mengisi kartu imigrasi di pesawat. Selanjutnya, untuk penginapan ia mengaku hanya mengeluarkan sekitar Rp100 ribu per malam.

Destinasi wisata yang dikunjungi di Thailand termasuk yang dasar, seperti Wat Arun dan Wat Pho, dengan tiket masuk masing-masing seharga 200 Baht atau sekitar Rp82 ribu. Ia juga menyambangi tempat wisata gratisan, seperti Asiatique, Platinum, Khaosan Road, MBK, Icon Siam, Siam Paragon, hingga Chatucak weekend market.

Sementara untuk biaya makan di Thailand, ia menyebutkan biayanya mulai dari Rp25 ribu untuk sekali makan. Sedangkan, kebutuhan untuk transportasi dipenuhi dengan menggunakan taksi online atau bus.

Ia lalu menunjukkan rincian biaya yang dikeluarkannya selama 3 hari 2 malam di Thailand. Di daftar itu tertulis tiket pesawat pulang pergi Rp1.650.000, hotel Rp300 ribu untuk dua malam, makan Rp200 ribu, wisata Rp175 ribu, dan transportasi 150 ribu. Total, ia hanya menghabiskan Rp2.475.000 atau sekitar Rp2,5 juta untuk liburannya itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.