Sukses

10 Manfaat Petai Cina Bagi Kesehatan, Salah Satunya Cegah Diabetes

Sebagai salah satu jenis sayur, manfaat petai cina sudah lama dipercaya baik bagi kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Petai cina merupakan tanaman perdu yang masuk ke dalam jenis polong-polongan. Sebagai salah satu jenis sayur, manfaat petai cina sudah lama dipercaya baik bagi kesehatan. Buah petai cina atau lamtoro mirip dengan petai biasa. Bentuknya seperti pita hijau berisi biji-biji yang lebih kecil dari petai biasa. 

Biji  petai cina banyak dijadikan bahan masakan nusantara. Biji petai cina yang masih berwarna hijau dapat dikonsumsi secara langsung atau dimasak dengan bahan bahan yang lain. Berbeda dengan petai biasa, petai cina tidak memiliki bau yang menyengat. 

Manfaat petai cina tidak hanya dapat dirasakan dengan mengkonsumsi bijinya, daun dan batang petai cina juga dimanfaatkan sebagai ramuan obat. Daun petai cina mengandung flavonoid, saponin, tanin, vitamin A, dan B1. Duah petai cina mengandung mimosin, leukanin, leukanol, protein. Batang petai cina dipercaya mengandung analgesik yang dapat menghilangkan rasa nyeri.

Pohon petai cina yang rimbun membuat petai cina banyak dipilih untuk penghijauan. Selain rimbun pohon petai cina juga dapat tumbuh hingga 20 meter. Berikut manfaat petai cina yang sudah Liputan6.com kumpulkan dari berbagai sumber, Jum’at (21/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Petai Cina

1. Analgesik

Pada beberapa ilmu pengobatan tradisional di mancanegara, kulit batang pohon petai cina kerap dijadikan campuran untuk ramuan obat pereda rasa nyeri. Caranya dengan mengerat kulit pohon petai cina lalu mengeringkannya. Kulit pohon yang sudah kering kemudian ditumbuk dan diseduh. 

Dilansir dari Jurnal Ilmu Kesehatan dan Farmasi Universitas Nahdlatul Wathan Mataram yang diterbitkan tahun 2019. Ethanol yang terkandung dalam kulit batang pohon petai cina memang terbukti memiliki aktivitas analgesik. Namun penelitian tersebut baru dilakukan pada hewan mencit. Untuk membuktikan khasiat kulit batang pohon petai cina pada manusia perlu dilakukan pengujian lebih mendalam. 

2. Mencegah Kanker

Manfaat petai cina lainnya adalah kandungannya flavonoidnya yang dapat mencegah pembentukan sel kanker. Flavonoid merupakan zat antioksidan yang membantu sistem imun menangkal radikal bebas.

3. Meredakan Bengkak dan Luka di Kulit

Saponin pada daun petai cina pada terbukti dapat membantu meredakan pembengkakan yang terjadi di kulit. Caranya dengan membubuhkan tumbukan daun petai cina langsung ke kulit dan membiarkannya hingga mengering. 

Dilansir dari laman Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta, saponin merupakan salah satu senyawa yang mampu memacu pembentukan kolagen. Kolagen merupakan protein struktural yang berperan dalam proses penyembuhan luka sekaligus mempunyai kemampuan sebagai pembersih sehingga efektif untuk penyembuh luka terbuka.

3 dari 4 halaman

Manfaat Petai Cina

4. Membantu Proses Detoks

Selain kandungan flavonoid dalam petai cina yang dapat menghalau virus, bakteri, serta radikal bebas merusak kesehatan. Petai cina juga mengandung alkaloid yang dapat membantu menetralisir racun. Alkaloid membantu meringankan fungsi kerja hati, ginjal, dan pencernaan untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

5. Mengobati Diabetes

Kandungan flavonoid, saponin, dan alkaloid pada petai cina efektif membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Rutin mengkonsumsi biji petai terbukti dapat memperbaiki fungsi kerja insulin di dalam tubuh. 

6. Menguatkan Tulang

Manfaat petai cina yang lain adalah dapat menguatkan tulang. Petai cina mengandung fosfor, protein, kalian, tembaga, kalsium, besi, tembaga, dan seng yang cukup banyak. Kandungan nutrisi tersebut memang terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan tulang. Konsumsi petai cina secara rutin dapat mencegah terjadinya permasalahan tulang dan sendi, seperti  radang sendi, kram, rematik serta meminimalisir pengeroposan tulang atau osteoporosis.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Paparan sinar layar gadget yang banyak digunakan sehari-hari dapat merusak mata, mengkonsumsi petai cina dapat membantu mengurangi kerusakan karena radiasi sinar gadget. Petai cina juga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Seperti sudah banyak diketahui, vitamin A baik untuk memelihara kesehatan mata. 

4 dari 4 halaman

Manfaat Petai Cina

8. Meringankan Gejala Psoriasis

Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang menyebabkan kulit bersisik, menebal, mudah terkelupas, dan kadang juga terasa gatal. Penyakit ini tidak menular namun cukup mengganggu apalagi bia disertai rasa gatal. Tumbukan daun petai cina yang dioleskan di atas dapat menjadi obat yang efektif untuk psoriasis. Kandungan sapoin membantu meringankan rasa gatal dan mendorong produksi kolagen lebih banyak sehingga kondisi kulit cepat membaik. 

9. Membasmi Cacing

Kandungan alkaloid pada petai cina tidak hanya membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Alkaloid juga dapat mengeluarkan cacing yang ada di dalam tubuh. Selain itu, petai cina juga memiliki sifat anti bakteri dan anti virus yang juga dapat membantu membasmi cacing yang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. 

10. Membantu Menurunkan Berat Badan

Berbagai penyakit dapat bermula dari kelebihan berat badan atau obesitas. Mantaaf petai cina yang selanjutnya adalah membantu menurukan berat badan. Kandungan isothiocyanate dapat membantu menurunkan berat badan. Kandungan flavonoid, dan alkaloid pada petai cina juga dapat memperbaiki metabolisme tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.