Sukses

6 Cara Log Out Akun Google di HP dan Komputer, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Cara log out akun Google dapat dilakukan dengan mudah melalui HP maupun komputer atau laptop. Cara ini dapat dipakai apabila kita sedang menggunakan komputer maupun HP orang lain dan ingin keluar.

Cara log out akun Google di laptop dapat dilakukan dengan mengklik foto profil pada chrome atau Gmail, kemudian tinggal pilih sing out. Namun, cara log out akun Google di HP sedikit rumit dan banyak langkahnya.

Cara log out akun Google di HP sendiri dapat dilakukan melalui aplikasi, smartphone, hingga browser. Kamu dapat memilih cara log out akun Google di HP sesuai dengan kenyamananmu. Tak perlu ribet, karena kamu tinggal mengikuti langkah-langkahnya.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara log out akun Google di HP dan komputer atau laptop yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cara Log Out Akun Google di HP yang Mudah

1. Setelan (Settings)

Cara log out akun Google di HP yang pertama yaitu melalui menu setelan atau settings. Menu setelan atau settings pada smartphone kamu tentunya juga bisa digunakan untuk menyetel akun Google. Berikut cara log out akun Google di HP melalui menu setelan atau settings, antara lain:

a. Cara log out akun Google di HP yang pertama adalah dengan buka menu Setelan pada smartphone android.

b. Kemudian pilih Pengguna & Akun.

c. Maka akan muncul beberapa akun yang ada pada smartphone kamu. Pilihlah akun Google atau Gmail yang ingin kamu keluarkan.

d. Untuk log out silahkan kamu pilih Hapus Akun. (Hapus akun yang dimaksud bukan berarti kamu akan kehilangan akun, kamu hanya menghapusnya dari smartphone)

e. Selesai.

 2. Aplikasi

Cara log out akun Google di HP berikutnya adalah melalui aplikasi. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menghapus akun. Menghapus akun Google yang dimaksud bukan berarti kamu akan kehilangan email kamu, kamu hanya menghapusnya dari smartphone kamu. Dengan cara ini, seluruh data di akun Google di smartphone kamu akan hilang, mulai dari kontak, pesan, dan informasi lain-lain. Berikut cara log out akun Google di HP melalui aplikasi Gmail, yakni:

a. Cara log out akun Google yang pertama adalah buka aplikasi Gmail pada smartphone android.

b. Kemudian, klik ikon garis tiga pada pojok kiri atas.

c. Lalu klik pada Foto Profil akun Google atau Gmail yang ingin kamu keluarkan sampai muncul tulisan Kelola Akun.

d. Berikutnya klik Kelola Akun.

e. Maka akan muncul akun Gmail yang ada pada smartphone kamu. Klik akun Gmail yang ingin kamu keluarkan.

f. Selanjutnya, untuk logout, kamu dapat klik Hapus Akun.

g. Selesai, maka akun Google kamu sudah berhasil logout dari smartphone android.

3 dari 4 halaman

Cara Log Out Akun Google di HP yang Mudah

3. Browser

Cara log out akun Google di HP dapat menggunakan browser. Untuk menjaga keamanan akun jika sewaktu-waktu HP kamu dipinjam, kamu pastinya jangan sampai lupa untuk log out. Berikut cara log out akun Google di HP melalui Browser, yakni:

a. Tap nama akun Google. Pada halaman utama Gmail, tap ikon opsi yang terletak di sudut kiri atas. Setelah itu tap nama akun Google kamu.

b. Pilih sign out. Dengan begitu kamu akan diarahkan ke halaman awal, yaitu posisi di mana kamu harus memasukkan sandi jika ingin masuk. Setelah sandi dimasukan otomatis akun Googgle kamu akan logout.

4. iPhone dan iPad (iOS)

Bagi kamu pengguna iPhone atau iPad terkadang membutuhkan aplikasi Google atau Gmail untuk bisa mengecek email. Selain itu, akun Google juga sering digunakan untuk masuk ke aplikasi Google seperti Maps atau YouTube. Berikut ini cara log out akun Google di HP iPhone atau iPad adalah:

a. Buka aplikasi Gmail.

b. Klik opsi menu di kiri atas.

c. Klik akun kamu (berbentuk foto).

d. Klik “Kelola Akun” atau “Manage Account”.

e. Setelah itu klik “Edit” lalu “Hapus.”

4 dari 4 halaman

Cara Log Out Akun Google di Komputer atau Laptop

5.  Menggunakan Browser

Jika kamu menggunakan komputer atau laptop tentu akan jauh lebih mudah karena hanya membutuhkan beberapa langkah saja, maka akunmu sudah keluar dengan aman. Berikut cara log out akun Google di komputer atau laptop, yakni:

a. Buka laptop atau komputer.

b. Selanjutnya, klik foto profil yang berada di pojok kanan atas.

c. Kemudian scroll ke bawah, lalu klik opsi Sign Out.

d. Setelah itu, akan muncul pop-up, pilih saja Sign Out. Dengan begitu kamu sudah log out dari akun Google atau Gmail.

6. Menggunakan Chrome

Berikut ini cara log out akun Google di komputer atau laptop menggunakan chrome, yakni:

a. Pilih menu opsi Manage Profile (ikon Setting).

b. Selanjutnya pilih akun google mana yang ingin kamu keluarkan dari chrome.

c. Selanjutnya pilih opsi tiga garis yang berada di dalam kotak profil.

d. Selanjutnya pilih delete untuk menghapus akun dari browser tersebut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS