Sukses

12 Cara Mengobati Demam Secara Alami untuk Orang Dewasa, Bisa Dilakukan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Cara mengobati demam secara alamiĀ  bisa jadi alternatif yang mudah dan cepat untukĀ menurunkan panas. Demam adalah pertanda infeksi, dan merupakan cara tubuh membantu melawan infeksi dan peradangan. Demam dikenali saat suhu tubuh mencapai 38 derajat atau lebih. Sementara demam dikatakan tinggi jika sudah mencapai 39,4 derajat Celsius atau bahkan lebih.

Walaupun tidak berbahaya, demam dapat menimbulkan rasa tidak nyaman yang luar biasa. Oleh karena itu, kamu perlu mengenali cara mengobati demam secara alami di rumah. Hal ini bisa membantu menurunkan panas di tubuh kamu. Jika mengalami demam tinggi, sebaiknya kamu langsung memeriksakannya ke dokter.

Cara mengobati demam secara alami menjadi salah satu ikhtiar selain minum obat penurun panas. Kamu mungkin sudah tidak asing dengan ibat penurun panas seperti parasetamol, ibuprofen, atau aspirin yang dapat dikonsumsi sesuai dosis. Pastikan terus mendapatkan banyak istirahat, bahkan jika merasa lebih baik selama beberapa jam setelah minum obat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/10/2022) tentang cara mengobati demam secara alami.

2 dari 5 halaman

Cara Mengobati Demam Secara Alami

Minum Banyak Cairan

Cara mengobati demam secara alami yang pertama yaitu dengan minum banyak cairan. Selama demam, tubuh perlu menggunakan lebih banyak air untuk mengimbangi suhu yang meningkat. Proses ini dapat menyebabkan dehidrasi.

Cairan penting untuk membantu tubuh mengatur suhu, membuang kuman yang tidak diinginkan, dan membantu fungsi tubuh dengan lancar. Jika merasa demam, pastikan untuk minum banyak air putih dan cairan lainnya. Minum air putih atau minuman pengganti elektrolit dapat membantu rehidrasi tubuh.

Banyak Istirahat

Banyak tidur atau beristirahat juga merupakan ara mengobati demam secara alami. Demam adalah cara tubuh untuk memberi tahu bahwa ia bekerja keras untuk mencegah infeksi. Jadi berikan tubuh energi dan waktu yang dibutuhkan untuk melawan penyakit yang masuk dengan tidur. Memerangi infeksi membutuhkan banyak energi. Orang harus beristirahat sebanyak mungkin untuk membantu tubuh pulih.

Mandi Air Hangat

Banyak orang mempertimbangkan untuk mandi air dingin saat demam. Namun, hal itu dapat menyebabkan menggigil, yang akan meningkatkan suhu tubuh lebih banyak lagi. Sebagai gantinya, cara mengobati demam secara alami yaitu dengan mandi air hangat suam-suam kuku atau air hangat untuk membantu mendinginkan tubuh. Mandi air hangat juga dapat membantu menenangkan otot yang lelah. Mandi air hangat (bukan air panas) dapat membantu mengurangi demam dan membuat tubuh rileks sehingga bisa tidur lebih nyenyak.

3 dari 5 halaman

Cara Mengobati Demam Secara Alami

Makan yang Cukup

Mendapatkan asupan yang cukup juga penting sebagai cara mengobati demam secara alami. Saat demam, nafsu makan mungkin menurun, tetapi sebenarnya tubuh sedang membakar lebih banyak kalori daripada biasanya karena beban tambahan. Plus, ketika melawan infeksi, tubuh membutuhkan nutrisi dan energi untuk meningkatkan sistem kekebalan. Ini sebabnya, penting untuk mengonsumsi makanan sehat yang cukup.

Makan Makanan Tinggi Protein

Cara mengobati demam secara alami berikutnya yaitu mengonsumsi makanan tinggi protein. Dalam hal nutrisi penangkal infeksi, protein berada di urutan teratas daftar. Itu karena tubuh membutuhkan protein untuk mengembangkan antibodi, yang membantu melindungi dari patogen yang menyerang. Makanan kaya protein seperti kacang-kacangan, daging tanpa lemak, dan unggas mengandung mineral selenium dan seng, yang penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Sup Ayam

Sup ayam mudah dicerna dan merupakan sumber protein yang baik. Ini bisa membantu membangun energi ketika sedang demam. Plus, secangkir sup ayam hangat adalah makanan yang paling nyaman, karena akan membantu meredakan sakit tenggorokan dan gejala peradangan lainnya.

4 dari 5 halaman

Cara Mengobati Demam Secara Alami

Kompres Ketiak

Cara mengobati demam secara alami selanjutnya dengan mengompres ketiak. Menempatkan kain pendingin atau kompres dingin di dahi adalah cara umum untuk menurunkan demam. Tetapi jika demam sangat tinggi, pendekatan yang lebih baik adalah dengan meletakkan kompres dingin di bawah ketiak atau di daerah selangkangan, di mana terdapat pembuluh darah yang lebih besar. Biarkan di tempatnya tidak lebih dari 10 hingga 15 menit, pindahkan secara berkala.

Menggunakan Pakaian yang Tipis

Demam dapat menyebabkan seseorang merasa panas satu menit dan dingin berikutnya. Mengenakan terlalu banyak lapisan pakaian dapat memerangkap panas ke tubuh, meningkatkan suhu tubuh lebih jauh. Sebagai cara mengobati demam secara alami, gunakan pakaian tipis untuk menghindari panas.

Gunakan Rempah

Aneka rempah bisa digunakan sebagai cara mengobati demam secara alami. Bawang putih misalnya, mengandung allicin, yang merupakan senyawa antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan mungkin melawan demam. Jahe adalah rempah-rempah lain yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Gingerol senyawa aktifnya, memiliki khasiat obat yang membantu peradangan, mual dan muntah.

5 dari 5 halaman

Cara Mengobati Demam Secara Alami

Buah-Buahan

Saat demam, buah-buahan adalah makanan yang tepat. Kebanyakan buah mengandung setidaknya 80 persen air, sehingga sangat bagus untuk rehidrasi, ditambah banyak mengandung vitamin C dalam jumlah yang signifikan. Ini penting untuk respon imun, serta perbaikan sel. Cara mengobati demam secara alami ini tentunya mudah saja kamu lakukan di rumah.

Sayuran

Cara mengobati demam secara alami lainnya yaitu menggunakan sayuran. Seperti buah-buahan, sayuran memasok kelebihan vitamin penting dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh sehingga dapat mendukung sistem kekebalan dan membantu menurunkan demam. Pastikan untuk memasak sayuran agar mudah dicerna tubuh.

Air Kelapa

Air kelapa bisa membantu menghidrasi tubuh. Menurut Harvard Health Publishing, mengisi cairan membantu memodulasi suhu tubuh, menghambat infeksi dan mengangkut nutrisi yang diperlukan ke sel tubuh. Ini sangat penting jika demam dan kehilangan air melalui keringat. Air kelapa membantu mengisi kembali cairan vital dan elektrolit esensial yang terbuang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.