Sukses

9 Manfaat Globalisasi untuk Masyarakat Dunia

Liputan6.com, Jakarta Globalisasi adalah istilah yang digunakan untuk mewakili situasi di mana terjadi penyebaran unsur-unsur baru baik berupa pemikiran, gaya hidup, hingga teknologi secara mendunia. Fenomena globalisasi membawa manfaat bagi banyak sektor.

Manfaat globalisasi merupakan proses penyebaran unsur-unsur baru baik informasi, pemikiran, gaya hidup hingga teknologi secara mendunia.

Manfaat globalisasi yang paling terasa dalam kehidupan sehari-hari adalah adanya globalisasi membuat hidup menjadi lebih dinamis. Mudahnya penyebaran informasi mempercepat laju berbagai sektor yang mendorong perubahan.

Berikut manfaat globalisasi yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, (13/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Manfaat Globalisasi

1. Memudahkan Komunikasi Penyebaran Informasi

Teknologi telekomunikasi tidak dapat dilepaskan dari pengaruh globalisasi. Dulu perlu waktu berhari-hari bahkan berbulan-bulan untuk dapat menyampaikan suatu informasi dari satu tempat ketempat lain. Semakin jauh tujuan informasi tersebut akan semakin lama informasi sampai. Saat ini pertukaran informasi dapat dilakukan hanya dalam hitungan detik.

Hal ini semakin memudahkan komunikasi antara satu orang dengan orang lain meski berada di tempat yang berjauhan. Hadirnya teknologi video call juga membuat kegiatan komunikasi semakin terasa dekat.

2. Masyarakat Menjadi Lebih Terbuka dan Modern

Manfaat globalisasi selanjutnya adalah munculnya sikap terbuka dari masyarakat. Masyarakat menjadi mudah menerima hal-hal baru dari luar bahkan yang asing baginya. Sebetulnya, sejal ada globalisasi tidak ada hal yang benar-benar asing bagi masyarakat. Persebaran informasi yang sangat luas menyebabkan masyarakat saling mengetahui berbagai hal yang ada di dunia dan dengan mudah menerimanya.

Globalisasi dapat mengubah cara berpikir masyarakat menjadi lebih modern. Globalisasi membuat masyarakat menjalani kehidupan dengan sangat dinamis. Akibatnya setiap orang akan tetap mengikuti arus globalisasi agar tidak ketinggalan.

3. Wawasan Budaya Semakin Luas

Globalisasi membuat masyarakat di suatu budaya dapat dengan mudah mempelajari budaya masyarakat lain. Dengan begitu akan timbul sikap saling menghargai antara budaya satu dan budaya lain.

Globalisasi juga membuka pola pikir masyarakat untuk banyak bergaul dan berhubungan dengan banyak orang, sampai ke luar negeri. Masyarakat kemudian mulai mempelajari bahasa asing agar dapat berkomunikasi dengan mudah. Dengan demikian kemampuan bahasa asing masyarakat akan semakin baik dan meningkat.

4. Mempermudah Akses Pengetahuan Baru

Teknologi informasi dan komunikasi yang setiap hari semakin berkembang juga merupakan salah satu manfaat globalisasi. Dengan perkembangan teknologi informasi, masyarakat akan lebih mudah mendapatkan suatu info atau berita.

Dengan begitu globalisasi mempermudah masyarakat mendapatkan pengetahuan baru. Teknologi yang diciptakan, bahasa asing yang dipelajari, budaya internasional yang diperkenalkan dan lain sebagainya akan menambah pengetahuan setiap masyarakat. Pertukaran pelajar juga sangat bagus untuk meningkatkan pengetahuan.

5. Meningkatkan Produktivitas Kerja

Globalisasi membuat persaingan pasar semakin ketat. Hal ini mendorong para pekerja dan produsen-produsen akan meningkatkan produktivitas kerjanya. Dengan produktivitas kerja yang meningkat, kualitas produk pun akan ikut meningkat juga.

6. Kemajuan Transportasi

Selain teknologi informasi dan komunikasi, bidang transportasi juga mengalami kemajuan yang  pesat. 

7. Mendorong Perdagangan Bebas dan Meningkatkan Kualitas Produk

Globalisasi menyebabkan persaingan pasar menjadi semakin ketat. Oleh karena itu, setiap orang bersaing untuk menciptakan produk yang memiliki daya tarik tersendiri di mata konsumen dengan kelebihannya masing-masing. Dengan demikian, seiring waktu berjalan kualitas produk juga akan semakin meningkat.

Manfaat globalisasi adalah meningkatkan perdagangan bebas. Dengan perdagangan bebas ini, maka terjadinya pertukaran barang maupun jasa antara negara pun bisa berlangsung dengan mudah. Setiap negara bisa memproduksi barang yang menjadi ciri khas dari negaranya sendiri dan bahkan dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh negaranya.

Barang inilah yang tidak dimiliki oleh negara lain, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Dengan spesialisasi produk, maka hal ini bisa membuat biaya produksi menjadi lebih rendah dan mampu meningkatkan keuntungan.

Globalisasi juga mengakibatkan harga barang impor menjadi lebih murah. Pasar bebas mengakibatkan persaingan antar pedagang dari berbagai negara. Mematok harga murah menjadi cara jitu menarik minat pembeli. Selain itu kerjasama antar negara menyebabkan beberapa barang dari beberapa negara tidak perlu dikenakan bea cukai.

8. Mendorong Terjalinnya Hubungan Antar Negara

Manfaat globalisasi lainnya adalah mendorong hubungan antar negara. Keperluan bertukar informasi, barang, dan jasa antar negara mendorong negara saling menjalin hubungan untuk memenuhi keperluannya.

9. Menjadikan Kualitas Hidup Lebih Baik

Manfaat globalisasi selanjutnya adalah membuat kualitas hidup jauh lebih baik dari sebelumnya. Segala sesuatu dapat dikerjakan dengan sangat mudah dengan dampak globalisasi. Baik dalam hal mendapatkan suatu barang ataupun menggunakan satu jasa tertentu. Tentunya ini merupakan hal yang diinginkan kebanyakan orang di zaman sekarang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS