Sukses

21 Tempat Wisata Kediri yang Selalu Hits, Asyik untuk Plesiran Bersama Keluarga

Tempat wisata Kediri ada beragam, mulai dari pegunungan, air terjun, bangunan sejarah, hingga taman bermain.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Kediri wajib dikunjungi dikala libur akhir pekan. Kediri merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang terkenal pusat perdagangan utama untuk gula dan industri rokok terbesar di Indonesia. Selain itu, kabupaten ini juga terkenal dengan kuliner tahu kuning dan getuk pisangnya.

Tempat wisata Kediri mempunyai objek wisata yang tak kalah menarik dan unik dengan kota besar lainnya. Di Kediri, banyak lokasi yang bisa jadi tempat berlibur bersama keluarga maupun teman-teman.

Tempat wisata Kediri ada beragam, mulai dari pegunungan, air terjun, bangunan sejarah, hingga taman bermain. Tempat wisata Kediri mudah untuk dijumpai, banyak yang masih asri dan tak perlu merogoh kocek dalam untuk dijelajahi.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tempat wisata Kediri yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Tempat Wisata Kediri yang Selalu Hits

1. Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan salah satu tempat wisata Kediri yang wajib untuk dikunjungi. Pemandangan indah dari gunung ini tersaji sejauh mata memandang. Cocok untuk berlibur bersama keluarga, pasangan, dan teman-teman. Untuk dapat menikmati tempat wisata Kediri yang terkenal satu ini, Anda cukup membayar retribusi yang sangat terjangkau.

2. Alun-Alun Kediri

Tiap kota pasti punya taman pusat kota yang biasa disebut dengan alun-alun. Kota Kediri juga punya alun-alun yang tidak kalah menarik dan bisa Anda kunjungi. Alun-alun Kota Kediri merupakan tempat wisata Kediri yang selalu hits. Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda gunakan untuk sekadar istirahat dan menikmati pemandangan yang disuguhkan.

3. Masjid Agung Kediri

Masih dari kawasan Kota Kediri, Masjid Agung Kediri adalah salah satu tempat wisata Kediri yang selalu hits. Masjid ini banyak disinggahi oleh para wisatawan. Tidak hanya terkenal dengan keelokan bangunannya saja. Melainkan lokasi dari tempat wisata Kediri ini cukup strategis.

3 dari 8 halaman

Tempat Wisata Kediri yang Selalu Hits

4. Monumen Simpang Lima Gumul

Tempat wisata Kediri yang selalu hits dan ikonik adalah Monumen Simpang Lima Gumul. Jika Anda penggemar fotografi, maka tempat wisata Kediri satu ini akan sangat tepat untuk mengabadikan foto dengan latar belakang ikonik dari Kota Kediri tersebut.

Letak dari tempat wisata Kediri ini berada di Desa Tugurejo, Ngasem, Kediri, Jawa Timur. Monumen Simpang Lima Gumul semakin populer lantaran punya bentuk bangunan unik dan mirip dengan salah satu bangunan perancis, yaitu Arc de Triomphe di Paris, Prancis.

5. Kampung Inggris Pare Kediri

Kampung Inggris Pare terletak di Desa Tulungrejo dan Pelem, Pare, Kediri. Tempat wisata Kediri satu ini merupakan perkampungan warga yang sudah dikenal seantero negeri. Banyak lembaga hingga warga setempat yang piawai menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari. Inilah yang membuat daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

6. Klenteng Tjoe Hwie Kiong

Salah satu tempat wisata Kediri yang selalu hits ini berlokasi di Jl. Yos Sudarso No. 148, Pakelan, Kec. Kediri, Kediri, Jawa Timur. Lokasi ini merupakan salah satu saksi bisu era Kolonial. Letak dari tempat wisata Kediri ini ada di dekat sungai Brantas dan jadi salah satu spot foto yang wajib Anda kunjungi saat berada di Kediri.

4 dari 8 halaman

Tempat Wisata Kediri yang Selalu Hits

7. Hutan Pinus Kediri

Tempat wisata Kediri yang tidak kalah menarik lainnya adalah Hutan Pinus Kediri. Tempat wisata Kediri satu ini berlokasi di Dusun Plapar, Selopanggung, Semen, Kediri, Jawa Timur. Pemandangan alam tempat wisata Kediri sangat cantik. Selain itu, ada beragam jajanan pasar dan makanan khas Kediri yang dijual oleh pedagang di sekitar area.

 

8. Taman Wisata Sumber Oebalan Kediri

Tempat wisata Kediri yang selalu hits berikutnya adalah Taman Wisata Sumber Oeabalan Kediri. Taman wisata ini punya kolam ikan hias dan sangkar burung merak besar yang jadi salah satu daya tariknya. Tempat wisata Kediri ini cocok untuk foto-foto dan bersantai di akhir pekan.

9. Gua Selomangkleng

Gua Selomangkleng adalah salah satu tempat wisata Kediri. Lokasinya ada di Pojok, Mojoroto, Kediri, Jawa Timur. Untuk menikmati keindahan lokasi ini sangat terjangkau bagi para wisatawan. Anda dapat mulai menjelajahi tempat wisata Kediri ini mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB.

5 dari 8 halaman

Tempat Wisata Kediri yang Selalu Hits

10. Kebun Bibit

Kebun Bibit Kediri sejatinya merupakan sebuah kafe sebagai lokasi nongkrong. Tempat inipun menyediakan bibit buah yang bisa anda beli untuk ditanam di rumah. Uniknya lagi, tempat wisata Kediri ini punya spot cantik yang kerap dijadikan lokasi berfoto pengunjung. Spot yang dimaksud adalah deretan rumah kayu berbentuk segitiga bak rumah kurcaci dalam dongeng Putri Salju.

11. Taman Tirtoyoso

Tempat wisata Kediri yang lainnya adalah taman Tirtoyoso. Tempat ini merupakan destinasi wisata terutama untuk keluarga Anda. Anda bisa berenang dan beraktifitas menggunakan fasilitas hiburan yang ada dan di peruntukkan bagi para pengungjung. Suasana yang menyenangkan dan suhu udara yang sejuk membuat Anda dan anak Anda betah lama-lama bermain di sini.

12. Kampoeng Anggrek

Tempat wisata Kediri yang berikutnya adalah Kampoeng Anggrek Kediri. Wisata semi edukasi yang terletak di Desa Sempu, Kediri ini menjadi tujuan pengunjung untuk mengisi waktu liburan. Di lokasi tersebut, Anda bisa menikmati indahnya ragam jenis anggrek di seluruh dunia yang sedang bermekaran. Sembari menikmati keindahan bunga anggrek, pengunjung juga diperkenankan untuk membeli bunga kesukaan masing-masing. Harganya pun sangat bervariatif, mulai dari Rp 65 ribu hingga Rp. 125 ribu. Bahkan, di wisata Kampoeng Anggrek Kediri ini Anda  juga bisa melihat proses anggrek kloning. Nantinya, hasil indukan kloning akan membuat varietas lebih unggul.

6 dari 8 halaman

Tempat Wisata Kediri yang Selalu Hits

13. Waterpark Kediri

Tempat wisata Kediri yang selanjutnya adalah Waterpark Kediri. Terdapat banyak sekali wahana air yang bisa Anda nikmati serta ada beberapa fasilitas yang memiliki rekor, yaitu rekor terpanjang se-Indonesia dan Asia hingga saat ini. Ada juga fasilitas moorail yang disediakan oleh pihak pengembang yang bisa Anda nikmati untuk berkeliling, serta menikmati pemandangan sekitar tempat ini yang memiliki pemandangan yang tidak kalah indah dari tempat lainnya.

14. Air Terjun Dolo

Tempat wisata Kediri yang berikutnya adalah Air Terjun Dolo yang berada pada ketinggian lebih dari 1500 mdpl. Mengingat air terjun ini berada pada bagian dari Gunung Wilis. Air terjun ini sendiri memiliki ketinggian hingga 125 meter menjulang dari sumber air yang jatuh ke tanah.

15. Pancar Wonotirto

Daerah Pancar Wanatirto berada ini dahulunya bukan merupakan daerah wisata, tetapi memiliki sungai yang cukup deras, dangkal, dan bersih. Tempat wisata Kediri ini buka setiap hari pukul 08.00–19.00 WIB. Tiket masuk wisata Pancar Wonotirto sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 10.000 per sepeda motor.

Tidak hanya permainan air yang disuguhkan di tempat wisata Kediri ini. Melainkan ada penyewaan kuda dengan harga Rp 20 ribu per orang selama 30 menit. Terdapat pula tempat pemancingan ikan dan beberapa warung yang menyediakan makan serta minuman bagi pengunjung.

7 dari 8 halaman

Tempat Wisata Kediri yang Selalu Hits

16. Air Terjun Irenggolo

Tempat wisata Kediri yang selanjutnya adalah air terjun Irenggolo. Tempat ini merupakan salah satu air terjun yang ada di Kediri dan sudah terkenal akan keindahannya. Tempat ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan ketika hari libur telah tiba. Suasananya yang masih asri dengan banyaknya pohon yang menjulang tinggi, membuat air terjun Irenggolo dapat menjadi destinasi yang dapat menghilangkan penat.

 

17. Taman Durian

Sambil menikmati keindahan lereng gunung Kelud, wisatawan bisa mampir ke Taman Durian dan mengunjungi Taman Agrowisata. Tempat wisata Kediri ini punya koleksi beragam bunga dan tanaman langka yang dirawat dengan baik. Di tempat wisata Kediri ini Anda juga bisa menikmati beragam kuliner olahan durian. Di sini wisatawan pun bisa belajar cara pembibitan, menanam, hingga merawat pohon durian dengan baik.

18. Air Terjun Ngleyangan

Tempat wisata Kediri yang lainnya yaitu Air Terjun Ngleyangan. Lokasi wisata Kediri ini berada di wilayah Gunung Cemorosewu, Banyakan. Untuk mencapai tempat wisata Kediri ini memang diperlukan usaha ekstra. Akan tetapi saat anda sampai di lokasi, semua perjuangan akan terbayarkan. Anda akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa indah, perpaduan air terjun dan hutan tropis nan hijau yang indah, lengkap dengan nuansa natural di sekitarnya.

8 dari 8 halaman

Tempat Wisata Kediri yang Selalu Hits

19. Gumul Paradise Island

Tempat wisata Kediri berikutnya adalah Gumul Paradise Island. Di sini tak hanya memberikan sensasi bermain air saja tetapi juga menyediakan wahana-wahana non air. Banyak kolam-kolam dengan berbagai ukuran dan fasilitas yang bisa anda nikmati bersama keluarga maupun bersama teman-teman. Banyak fasilitas yang bisa anda nikmati di tempat wisata Kediri ini seperti Scary House, 3D Art Studio, Flying Fox dan Bioskop 4D.

20. Bukit Ongakan

Salah satu wisata alam Kediri yang berupa perbukitan adalah Bukit Ongakan. Di tempat ini, anda bisa melihat pemandangan alam dari ketinggian. Pesona alam dengan area hutan dan perbukitan yang hijau, ditambah udara sejuk yang menenangkan tentunya sangat dibutuhkan saat liburan. Pesona alam yang ditawarkan Bukit Ongakan begitu luar biasa.

21. Bukit Gandrung

Bukit Gandrung Tanggulasi merupakan wisata alam Kediri yang cukup baru. Tempat ini juga menawarkan pamandangan dari ketinggian dengan alam yang begitu mengesankan. Apalagi dengan adanya beberapa fasilitas untuk berfoto, kamu tentunya akan mendapatkan potret yang makin bagus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.