Sukses

30 Tempat Wisata di Wonosobo untuk Membuat Liburan Anda Lebih Menyenangkan

Wonosobo merupakan salah satu surganya tempat wisata di Provinsi Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta Wonosobo telah dikenal banyak orang sebagai salah satu surganya tempat wisata di Provinsi Jawa Tengah. Jika berkunjung ke Wonosobo, tidak hanya wisata Dieng saja yang bisa Anda kunjungi. Lebih dari itu, terdapat berbagai bahkan puluhan tempat wisata di Wonosobo yang tidak kalah indah dan mempesona.

Mulai dari bukit, curug atau air terjun, kebun the hingga wisata air, termasuk telaga. Daerah Wonosobo yang memiliki suasana sejuk juga bukan tanpa sebab. Hal ini karena sebagian besar wilayahnya yang berada di dataran tinggi.

Wonosobo layak menjadi alternatif destinasi liburan Anda. Segudang panorama alam dan keasrian wisata di Wonosobo dijamin akan membuat Anda tidak cukup jika hanya berkunjung sekali. Tidak hanya itu, berbagai destinasi wisata Wonosobo juga dapat menjadi tempat yang patut dikunjungi untuk memulihkan stress dan penat Anda.

Wonosobo juga tidak hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal, tetapi tidak kalah populer di kalangan wisatawan mancanegara. Oleh karena itu, tunggu apalagi untuk tidak berkunjung ke Wonosobo. Berikut Liputan6.com rangkum dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo dan berbagai sumber tentang berbagai tempat wisata di Wonosobo, Kamis (13/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wisata di Wonosobo: Telaga dan Air Terjun

1. Telaga Warna

Tempat wisata di Wonosobo yang pertama adalah Telaga Warna. Anda dapat mengunjungi tempa wisata yang satu ini di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo. Nama Telaga Warna sendiri ditetapkan karena warna air telaga yang seringkali berubah-ubah warnanya, seperti kuning, hijau bahkan warna-warni menyerupai pelangi. Hal ini disebabkan karean kandungan sulfur yang tinggi pada air Telaga Warna.

Telaga Warna berada di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi oleh perbukitan yang akan memanjakan mata Anda dengan keindahan panoramanya. Untuk menikmati sejuknya udara dan indahnya panorama di Telaga warna, Anda hanya perlu membayar biaya sebesar Rp12.500 hingga Rp15.000.

2. Telaga Bedakah

Tidak hanya Telaga Warna, Telaga Bedakah juga tidak kalah cantik dan menarik. Tempat wisata di Wonosobo yang satu ini terletak di sekitar Kebun Teh Tambi sehingga tidak mengherankan jika udara di telaga ini terasa sangat sejuk dan asri. Dari Telaga Bedakah, Anda juga dapat menikmati harumnya aroma teh dari pabrik teh Tambi Bedakah.

Selain itu, Anda dapat menikmati indahnya pemadangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing, mencoba wahana bebek kayuh, flying fox dsb. Telaga Bedakah terletak di Desa Tlogomulyo, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo.

3. Telaga Menjer

Terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung dan berada di sebelah utara Kabupaten Wonosobo menjadikan Telaga Menjer disebut sebagai surga tersembunyi yang juga berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik.

Selain panorama alam yang ditawarkan oleh Telaga Menjer, di sini juga terdapat floating garden yang dapat menjadi spot foto cantik bagi pengunjung. Telaga Menjer juga bisa menjadi tempat memancing yang menyenangkan.

4. Telaga Merdada

Telaga Merdada merupakan telaga terluas yang ada di Kawasan Dieng. Anda dapat merasakan sensasi mendayung di atas awan ketika berkunjung ke Telaga Merdada. Hal ini karena kabut yang menyelimuti kawasan telaga dan angin dingin yang bertiup perlahan. Selain itu, Anda juga akan dimanjakan dengan panorama bukit-bukit sekitar telaga, seperti Bukit Pangonan dan Sumurup.

5. Curug Winong

Curug Winong terletak di Desa Winongsari. Anda dapat merasakan perasaan yang berbeda ketika berkunjung ke curug ini karena Anda dapat menuruninya dari atas curug. Hal tersebut mungkin terjadi karena adanya bebatuan yang terbentuk secara alami sebagai jalan untuk dilalui.

6. Curug Sikarim

Curug Sikarim merupakan wisata alam selanjutnya yang beradda 17 km jauhnya dari pusat kota Wonosobo. Curug Sikarim, tepatnya berada di Dataran Tinggi Dieng, Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar. Anda bisa menikmati Curug Sikarim yang sumber airnya berasal langsung dari limpasan air gugusan Gunung Pakuwaja, Sikunir.

Hijau dan asrinya hamparan pertanian dataran tinggi akan semakin menambah pesona air terjun yang satu ini. Jika waktunya tepat, Anda bahkan bisa melihat kera-kera di jalan menuju Curug Sikarim. Anda dapat mengunjungi air terjun setinggi 90 meter ini dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat.

3 dari 6 halaman

Wisata di Wonosobo: Air dan Bukit

7. Kolam Renang Kalianget

Jika Anda ingin menghilangkan stress dengan berendam di air hangat dan dikelilingi pemandangan yang menakjubkan, maka Anda harus mengunjungi Kolam Renang Kalianget. Seperti namanya “anget” yang berarti hangat, Anda dapat merendamkan diri Anda di kolam air panas di sini dan melupakan sejenak pekerjaan padat Anda. Kolam Renang Kalianget berada di Kalianget, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo.

8. Air Jeram Serayu

Masih dengan wisata air di Wonosobo, Anda dapat menantang adrenalin Anda dengan mencoba Arung Jeram Serayu. Anda dapat menyusuri Sungai Serayu dan melewati pemandangan menarik di wisata yang satu ini. Dijamin rasa jenuh Anda akan hilang ketika berkunjung ke tempat wisata di Wonosobo yang berada di Randegan, Kecamatan Sigaluh dan Kecamatan Banjarnegara ini.

9. Tubing Sendangsari

Tubing Sendangsari berada di jalur Sungai Serayu yang memiliki dua jalur river tubing, yaitu Tubing Serayu dan Wanganaji. Pada jalur Wanganaji, Anda dapat mencoba tiga arum jeram yang juga dapat dicoba bersama dengan anak Anda dari mulai usia SD hingga SMA. Anda bisa mendapatkan pengalaman berharga dari wisata yang menantang ini dengan biaya mulai dari Rp35.000 hingga Rp85.000.

10. Waduk Wadaslintang

Waduk dengan ketinggian 125 meter ini menawarkan panorama alam yang akan membuat Anda jatuh hati pada pandangan pertama. Waduk bagaikan surga ini dapat menjadi alternatif destinasi wisata bagi Anda yang ingin memanjakan diri sejenak dan atau yang ingin melakukan hobi, seperti memancing. Ya, tentu saja Anda bisa memancing di sini.

11. Tebing Waktu Gribik

Tempat wisata yang baru mulai beroperasi pada tahun 2020 ini memang belum banyak dikenal oleh wisatawan, bahkan wisatawan lokal Wonosobo sekalipun. Akan tetapi, Anda yang menyukai olahraga ekstrem dapat mencoba beberapa aktivitas olahraga ekstrem di sini, seperti panjat tebing, rappeling hingga berkemah. Anda juga akan disuguhi pemandangan indah dari Telaga Warna, Candi Arjuno, Gunung Paru dan Gunung Kendil dari tebing ini.

12. Batu Ratapan Angin

Anda dapat menikmati Indahnya panorama Telaga Pengilon dan Telaga warna dari Batu Ratapan Angin. Anda pasti akan langsung terlena ketika berada di Batu Rapatan Angin, apalagi diiringi dengan hembusan angin sejuk yang tidak akan mengecewakan.

13. Bukit Kekeb

Selain wisata air Arung Jeram Serayu, Anda juga dapat memacu adrenalin Anda dengan berkunjung ke Bukit Kekeb yang berada di Desa Lengkong, Kecamatan Garung atau 7 km dari pusat Kota Wonosobo. Anda dapat mencoba paralayang di bukit ini kapan pun. Panorama indah dari deretan pegunungan dan bukit dijamin akan menyempurnakan aktivitas paralayang Anda.

14. Bukit Seroja

Bukit Seroja berada di perbatasan Desa Maron dan Desa Tlaga atau di area Telaga Menjer. Bukit seroja menawarkan panorama bagaikan lukisan hidup dari lanskap Telaga Menjer, Gunung Sindoro dan Gunung Kembang. Suasana sejuk dan asri juga akan membuat siapapun yang datang ke sini langsung jatuh hati ke Bukit Seroja. Selain itu, jika cuaca mendukung, Anda dapat menikmati indahnya matahari tenggelam dan terbit dan pemandangan Kota Wonosobo. Selain itu, Bukit Seroja juga menyediakan spot foto unik untuk agar Anda dapat menangkap momen berharga Anda di sini.

4 dari 6 halaman

Wisata di Wonosobo: Bukit, Gunung dan Kebun Teh

15. Bukit Sikunir

Selain Bukit Seroja, bagi Anda pemburu matahari terbit, apalagi suasana matahari terbit di atas awan, maka Anda tidak boleh melewatkan Bukit Sikunir jika ke Wonosobo. Hal ini lah yang membuat Bukit Sikunir menjadi salah satu tempat wisata di Wonosobo yang menjadi favorit anak-anak muda dari bebagai daerah. Bukit Sikunir berada di Desa Sembungan dengan ketinggian 2.200 mdpl. Nama Sikunir sendiri berasal dari warna matahari terbit di sini yang memiliki warna seperti kunyit atau kunir.

16. Bukit Siloreng Indah

Anda yang ingin berlibur bersama dengan keluarga wajib mengunjungi Bukit Siloreh Indah. Bukit yang berada di Desa Somogede, Kecamatan Wadaslintang ini dapa dikunjungi mulai dari pukul delapan pagi hingga pukul lima sore.

17. Gunung Sindoro

Jika Anda seorang yang suka mendaki gunung dan seorang pecinta alam, maka belum lengkap jika belum mencoba mendaki Gunung Sindoro. Selain pendakian gunung, Anda juga dapat berkunjung ke Sindoro hanya untuk menikmati pemandangan alam yang indah dari pegunungan di sini.

18. Gunung Sumbing

Berada di Butuh Lor, Garung, Kecamatan Kalijakar, Kabupaten Wonosobo, Gunung Sumbing juga tidak boleh dilewatkan bagi kallian para pecinta alam. Anda bisa mendapatkan pengalaman luar biasa lainnya tentang keindahan alam Indonesia di Gunung Sumbing ini. Anda juga bisa menghabiskan liburan bersama dengan orang tercinta di Gunung Sumbing.

19. Gunung Prau

Pesona Gunung Prau tidak akan kalah dengan Gunung Sindoro, maupun Gunung Sumbing. Tempat wisata di Wonosobo yang satu ini dapat Anda nikmati dengan melakukan perjalanan ke Dieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Anda dapat melakukan pendakian untuk mendapatkan keindahan matahari terbit melalui jalur pendakian yang tidak terlalu berat. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana menghabiskan waktu liburan Anda, maka Anda dapat mencoba mengunjungi Gunung Prau yang memiliki pemandangan alam luar biasa ini.

20. Kebun Teh Tanjungsari

Setelah puas dengan wisata air dan pegunungan, Anda masih dapat menikmati asrinya hamparan berbagai kebun teh di Wonosobo. Salah satu kebun teh yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Kebun Teh Tanjungsari. Selain pemandangan hijau yang menenangkan hati, Anda dan keluarga juga dapat mencoba berbagai wahana dan permainan yang menyenangkan. Anda dapat menikmati wilayah kebun teh ini selama seharian penuh, kecuali untuk kawasan rekreasinya yang hanya buka dari pukul delapan pagi hingga pukul lima sore. Tempat wisata di Wonosobo ini tepatnya berada di Desa Sedayu, Kecamatan Sapuran.

5 dari 6 halaman

Wisata di Wonosobo

21. Agrowisata Tambi

Agrowisata Tambi pada dasarnya merupakan perkebunan teh. Anda akan mencium aroma teh yang begitu khas ketika berkunjung ke tempat wisata di Wonosobo yang satu ini. Dengan suhu udara yang mencapai 15 derajat juga akan menyempurnakan healing Anda di kebun teh Tambi.

22. Lubang Sewu Erorejo

Karena hanya buka di kala musim kemarau, maka pastikan Anda datang ke Lubang Sewu Erorejo di waktu yang tepat. Tempat wisata yang terletak di Desa Erorejo, Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo ini menawarkan pemandangan menawan yang bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga.

23. Candi Dieng

Candi Dieng telah lama menjadi salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan ketika bertandang ke Dieng. Terdapat pula Candi Arjuno di Dieng kulon yang tidak boleh Anda dan anak Anda lewatkan. Selain menghabiskan waktu bersama keluarga, berlibur ke Candi Dieng juga akan menambah wawasan Anda dan anak Anda. Candi ini terletak di kawasan wisata Dieng Plateau dan dapat dikunjungi mulai dari pukul 07.00 - 17.00 WIB.

24. Gardu Pandang Tiang

Gardu Pandang Tiang merupakan kawasan rest area ketika Anda menuju ke Dieng yang menawarkan pemandangan alam cantik dan ciamik. Berada di Jalan Dieng, Desa Tieng, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Gardu Pandang Tiang akan cepat memulihkan rasa lelah Anda dalam perjalanan menuju Dieng.

25. Batu Angkruk Dieng

Bagi Anda yang menyukai dunia fotografi atau yang menekuninya, maka Batu Angkruk Dieng sepertinya menjadi lokasi yang tepat untuk mengabadikan berbagai momen dengan latar belakang yang luar biasa dari pegunungan sekitar. Anda dapat mengunjungi tempat wisata yang satu ini dengan melakukan perjalanan dari Rejosari- Tambi melalui Jalan Dieng di Kecamatan Kejajar. Pastikan untuk tidak melewatkan momen berharga Anda ketika melewati jalur ini.

6 dari 6 halaman

Wisata di Wonosobo

26. Jembatan Merah Putih Dieng

Berada di ketinggian 2093 mdpl, obyek wisata yang pertama kali dibuka pada tahun 2016 ini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan usia. Untuk melintasi jembatan, pengunjung akan dilengkapi dengan alat pengaman, seperti tali, helm dan bersama dengan tim penyelamat. Anda dapat menikmati pemandangan Telaga Warna, Telaga Pengilon dan pegunungan di sekitarnya dari atas Jembatan Merah Putih Dieng ini.

27. Dieng Plateau Theater

Tempat wisata yang bisa Anda dan keluarga Anda nikmati bersama dengan sajian film sejarah dan budaya adalah Dieng Plateau Theater. Berada di Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Anda dapat mengunjungi tempat ini mulai dari jam tujuh pagi hingga jam enam sore setiap harinya.

28. Padang Savana Dieng

Jika Anda berkunjung ke tempat wisata yang satu ini, maka Anda akan segera disuguhi pemandangan padang ilalang eksotis yang indah dan menawan. Meski tidak begitu populer, tetapi Anda tidak akan menyesal jika sudah sampai di sini. Anda dapat merasakan suasana di padang rumput Afrika tetapi dengan udara sejuk di sini yang mungkin tidak mudah Anda temukan di tempat lain.

29. Wahana Wisata Petak 9 Dieng

Anda dapat menikmati tempat wisata yang satu ini dengan berkunjung ke Bukit Sidengkeng di sekitar Telaga Warna. Selain Telaga Warna, di sini Anda juga dapat menikmati pemandangan Telaga Pengilon, perbukitan dan pegunungan di sekitarnya. Anda juga dapat mengabadikan momen Anda di rumah pohon yang telah disediakan serta bagi Anda yang ingin berkemah maka terdapat area kemah cantik yang dikelilingi oleh berbagai jenis bunga endemik.

30. Kahyangan Skyline

Kahyangan Skyline merupakan tempat wisata baru yang berada di kawasan Bukit Seroja. Anda akan menempuh jarak sepanjang 14.5 km selama sekitar 40menit dari Wonosobo. Tempat wisata yang berada di ketinggian 1200 mdpl ini telah banyak menarik perhatian wisatawan meskipun belum lama dibuka. Anda dapat menikmati pemandangan indah Telaga Menjer dan mencoba berbagai wahana, seperti flying fox, paralayang. Selain itu Anda juga dapat mengunjungi camping ground dan spot foto menarik. Untuk menikmati udara sejuk dan berbagai fasilitasnya, Anda hanya perlu membayar biaya sebesar Rp10.000 dan bagi yang ingin mencoba paralayang, Anda perlu menyiapkan biaya mulai dari Rp450.000.

 

Reporter magang: Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.