Sukses

Sering Lupa Dilepas, Dokter Temukan 23 Lensa Kontak Tersangkut di Mata Wanita Ini

Wanita ini lupa melepas lensa kontak hingga tertidur.

Liputan6.com, Jakarta Memakai lensa kontak memang menjadi solusi praktis bagi orang yang tidak suka menggunakan kacamata. Selain itu, kini sudah banyak tersedia aneka lensa kontak netral yang berguna untuk mempercantik mata.

Meski demikian, kamu tetap harus memahami risiko dan bahaya penggunaan lensa kontak. Mulai dari menjaga kebersihannya hingga tidak memakainya dalam jangka waktu panjang. Seperti kisah yang dialami oleh wanita yang baru-baru ini viral di media sosial.

Bulan lalu, Katerina Kurteeva, seorang dokter mata dari Newport Beach, California, memosting sebuah video di Instagram. Ia memperlihatkan dirinya tengah melepas beberapa lensa kontak dari mata pasien yang seorang wanita.

Dokter itu menyebutkan terdapat puluhan lensa kontak yang tersangkut di mata pasiennya. Dalam video itu secara hati-hati ia melepas lensa kontak yang tersangkut di dalam kelopak mata. Berikut kisah selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari Oddity Central, Kamis (13/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sering Lupa Melepas Lensa Kontak

Dalam video tersebut, mata wanita itu tampak begitu merah. Bagaimana tidak, di dalam kelopak mata wanita tersebut tersangkut 23 lensa kontak. Sang dokter pun menyebutkan mungkin pasiennya telah lupa melepas lensa kontak di matanya selama berbulan-bulan, bahkan mungkin bertahun-tahun.

Video yang diberi judul "Jangan tidur menggunakan lensa kontak Anda!" menjadi viral beberapa hari yang lalu. Hal itu membuat banyak orang geleng-geleng kepala tentang seseorang yang bisa dengan mudah melupakan bahwa banyak lensa kontak di matanya.

Dr. Kurteeva pun tampak menggunakan q-tip untuk dengan hati-hati melepaskan lusinan lensa kontak lama dari dalam kelopak mata wanita tersebut. Beberapa dari mereka tampaknya telah berubah menjadi hijau setelah berada di sana untuk waktu yang lama.

"Saya telah dengan hati-hati memisahkan semua lensa kontak dan menghitung total 23. Saya harus menggunakan instrumen bedah yang sangat halus, tang perhiasan untuk memisahkan lensa kontak," tulis dokter mata di Instagram-nya.

3 dari 3 halaman

Lensa Konta Dipakai Tidur

Tak sedikit orang terkejut tentang bagaimana seseorang bisa hidup dengan begitu banyak lensa kontak di mata mereka dan tidak merasa ada sesuatu yang salah. Sementara yang lain bertanya-tanya bagaimana mereka semua berakhir di sana.

Kurteeva menjelaskan bahwa pasiennya selalu lupa bahwa ia memakai lensa kontak ketika dia pergi tidur, dan terus menambahkan yang baru.

“Kejadian langka ketika seseorang 'lupa' melepas lensa kontak di malam hari dan terus memasang yang baru setiap pagi. 23 hari berturut-turut!!!” Dr Kurteeva menulis.

Bukan jadi kasus yang pertama, 23 lensa kontak di satu mata. Beberapa tahun yang lalu, ada juga seorang wanita berusia 67 tahun dari Inggris yang telah melupakan 27 lensa kontak di matanya selama 35 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.