Sukses

Contoh Teks Berita Singkat, Ini Pengertian dan Strukturnya

Liputan6.com, Jakarta Sekarang ini, contoh teks berita dapat ditemukan dengan sangat mudah. Bahkan, tidak perlu untuk membeli majalah atau koran untuk dapat mencari teks berita.

Hanya dengan menggunakan ponsel dan jaringan internet, kita bisa menemukan banyak sekali contoh teks berita yang dipublikasikan oleh banyak portal berita di internet.

Contoh teks berita biasanya memuat informasi aktual dan faktual, yakni tentang peristiwa apa yang terjadi baru-baru ini. teks berita biasanya akan menjelaskan tentang suatu peristiwa berdasarkan unsur unsur 5W+1H (What, Who, When, Why, Where, dan How).

Dengan kata lain, teks berita akan menjawab lima pertanyaan yang menggunakan kata tanya, apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana. Selanjutnya, artikel ini akan memberikan sejumlah contoh teks berita singkat.

Namun sebelum itu, penting bagi kita untuk mengetahui apa itu teks berita, jenis-jenis, dan strukturnya, seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (13/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Pengertian Teks Berita

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), berita merupakan cerita atau keterangan terkait kejadian atau peristiwa yang sedang terjadi. Teks berita adalah suatu teks untuk menyampaikan kabar atau informasi kepada masyarakat mengenai suatu peristiwa atau kejadian aktual dan faktual yang diinformasikan secara tertulis.

Contoh teks berita bersifat faktual karena ditulis berdasarkan fakta-fakta yang benar-benar terjadi di lapangan, maupun berdasarkan keterangan dari narasumber. Teks berita bersifat aktual karena biasanya teks berita memuat isu-isu dan peristiwa terkini.

Meski format penulisan teks berita bisa berbeda dari satu media dengan media lainnya, namun secara umum, hampir semua teks berita memiliki struktur yang mirip. Struktur teks berita biasanya terdiri judul, lead (kepala berita), isi berita, dan ekor berita.

Judul

Judul merupakan sesuatu bagian penting dalam setiap jenis karya tulis, termasuk berita. Judul mewakili inti dan isi dari tulisan yang akan dibahas. Judul selalu diletakkan di bagian paling atas dalam satu teks berita. Kecuali konjungsi, kata sandang, dan kata depan, huruf pertama setiap kata dalam judul ditulis dengan huruf kapital.

Lead

Lead adalah paragraf pembuka dalam teks berita. Lead biasanya berisi tentang gambaran umum mengenai isi berita, yang menjawab pertanyaan tentang apa, siapa, dimana, dan kapan. Selain memberikan gambaran umum, lead juga bisa berisi tentang suatu pengenalan sebelum masuk ke dalam inti penulisan suatu berita.

Isi Berita

Isi berita atau juga biasa disebut body merupakan bagian teks berita yang akan memberikan keterangan detail mengenai sesuatu yang sudah dijelaskan dalam bagian lead. Umumnya, bagian ini akan memberikan keterangan lanjutan yang akan menjawab pertanyaan tentang mengapa dan bagaimana.

Ekor Berita

Ekor berita adalah bagian paling terakhir dari teks berita. Bagian ini sebenarnya bersifat opsional. Artinya, jika bagian ini tidak ada, maka teks berita tidak akan kehilangan esensinya. Ekor berita adalah konteks tambahan tentang apa yang terjadi sebelum suatu peristiwa terjadi. Ekor berita juga berisi peristiwa sebelumnya yang masih terkait dengan peristiwa terbaru.

3 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Teks Berita

Teks berita pun dapat dibedakan berdasarkan jenis-jenisnya. Adapun jenis teks berita antara lain adalah straight news, depth new,s opinion news, interpretative news, dan investigation news.

Straight News

Straight news disebut juga berita langsung. Ini karena jarak waktu dari peristiwa kejadian dengan pencarian data serta pelaporannya berdekatan. Karena jenis berita ini dibuat dalam waktu yang singkat, berita ini biasanya disajikan dalam bentuk teks berita yang pendek dan memuat informasi yang masih terbatas.

Depth News

Berbeda dari straight news, depth news adalah jenis teks berita yang disajikan lebih mendalam. Proses pencarian data dalam teks berita jenis ini biasanya melalui perencanaan, persiapan matang hingga analisa mendalam. Jika dibandingkan dengan straight news, depth news bisa dibilang lebih akurat dari segi fakta, dan dari segi informasi yang disajikan juga lebih rinci.

Opinion News

Opinion news merupakan jenis berita yang berdasarkan dari sudut pandang seseorang mengenai suatu hal, ide kreatif, pemikiran hingga berupa komentar mengenai sesuatu yang dianggap penting. Biasanya muncul dari seorang publik figur penting, ahli, cendekiawan, profesor hingga pejabat yang berhubungan dengan masalah atau peristiwa yang dibahas.

Interpretative News

Interpretative news merupakan berita yang dikembangkan dari berita langsung dengan tambahan komentar dan penilaian dari jurnalis atau narasumber yang berkompeten. Pengertian lain menyebut bahwa jenis berita ini merupakan gabungan antara fakta dan opini dari reporter dan narasumber.

Investigation News

Investigation news merupakan jenis berita yang mengembangkan seluruh bagian berita, berdasarkan pada penyelidikan dan penelitian yang dilakukan sesuai prosedur yang berlaku dengan menggunakan beberapa ahli dan narasumber.

Setelah mengetahui struktur berita dan jenis-jenisnya, berikut adalah sejumlah contoh teks berita terbaru.

4 dari 6 halaman

Terobos Banjir, Pengendara Motor di Bogor Hilang Terseret Arus Air

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pengendara bersama sepeda motornya dikabarkan terseret hingga masuk ke dalam gorong-gorong saluran air di Jalan Dadali, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Selasa sore, 11 Oktober 2022.

Hingga pukul 18.30 WIB, pengendara motor itu belum ditemukan. Upaya pencarian masih terus dilakukan petugas gabungan di sekitar lokasi kejadian.

Insiden bermula saat korban nekat menerobos banjir di Jalan Dadali, sekitar pukul 15.30 WIB. Saat itu, arus air di jalan itu sangat kuat akibat dari luapan dari drainase.

Seketika, sepeda motor itu terjatuh dan terseret hingga masuk ke dalam saluran air bersama dengan pengemudinya.

"Pas kebetulan saya lagi melintas, ngelihat di depan ada pengendara motor, perempuan sendirian terseret air sampai ke saluran air," ujar Latif, saksi mata.

Latif kemudian menghampirinya dan sempat mencoba untuk melakukan pertolongan. Namun, setelah tiba di lokasi kejadian, korban sudah hilang terseret arus. Diduga korban masuk ke dalam gorong-gorong.

"Saya cari sudah enggak ada. Ada beberapa pengendara lain juga pada nyamperin. Saya sampaikan ke mereka," kata Latif.

Warga kemudian melaporkan insiden orang hanyut itu ke petugas BPBD dan Damkar.

Petugas gabungan dari BPBD, Damkar Kota Bogor beserta petugas kepolisian masih melakukan pencarian terhadap korban.

Pencarian dengan menyisir sepanjang saluran air hingga mengecek masuk ke dalam gorong-gorong.

5 dari 6 halaman

Wakil Presiden Ma'ruf Amin: Jangan Tergesa-gesa Nyatakan Pandemi Covid-19 Berakhir

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyatakan Indonesia diakui sebagai salah satu negara yang mampu mengendalikan pandemi Covid-19.

Meski demikian, dia mengakui dampaknya masih kian terasa terlebih menghantam seluruh sendi-sendi aktivitas ekonomi dan sampai kini belum sepenuhnya dapat ditanggulangi.

Karenanya, Ma'ruf meminta semua pihak tak terburu-buru menyatakan pandemi Covid-19 telah berakhir.

"Di tengah komitmen kita untuk tetap waspada dan tidak tergesa-gesa menyatakan pandemi telah berakhir," kata dia pada acara Anugerah Layanan Investasi 2022, Rabu (12/10/2022).

Ma’ruf mengingatkan, tantangan baru yang tidak kalah pelik sudah menghadang di depan mata. Ancaman resesi hingga krisis energi menurutnya harus segera diantisipasi.

"Tahun 2023 diprediksi akan menjadi tahun yang sulit bagi perekonomian global. Resesi akibat konflik geopolitik mengarah pada krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan yang belakangan berimbas kepada ketidakstabilan harga dan tingginya inflasi," kata dia.

Namun demikian, pemerintah mengajak semua pihak tetap optimis meski ada ancaman resesi. Optimisme ini perlu dibarengi dengan kerja keras, terutama memastikan terjaganya stabilitas ekonomi dan politik.

"Kestabilan ekonomi dan politik merupakan kunci keberlanjutan investasi, karena seberapa pun menariknya investasi secara nilai keekonomian, namun tanpa adanya stabilitas tersebut para investor sangat mungkin akan memilih keputusan yang lain," kata Ma’ruf.

Stabilitas dalam konteks penanaman modal (investasi), lanjut Ma’ruf, lebih dari sekadar terjaganya kondisi makro ekonomi dan kepastian hukum.

"Unsur-unsur lain yang tak kalah substansial ialah kejelasan regulasi, kelembagaan, kepastian ketersediaan lahan, kesiapan infrastruktur, koordinasi pusat-daerah, kapasitas SDM, serta peran sektor bisnis. Unsur-unsur inilah yang selama ini kerap menjadi keluhan para investor," jelas dia.

6 dari 6 halaman

Harry Maguire Optimistis Bisa Kembali Bela MU Sebelum Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Manchester - Kapten Manchester United (MU) Harry Maguire optimistis dirinya bisa kembali merumput sebelum Gareth Southgate resmi mengumumkan anggota skuad Timnas Inggris untuk Piala Dunia Qatar 2022.

Seperti diketahui, Maguire tengah menepi dari lapangan hijau lantaran mengalami cedera hamstring saat membela The Three Lions dalam pertandingan Nations League kontra Jerman, yang berakhir dengan skor imbang 3-3.

Akibat kondisi ini, bek berusia 29 tahun tak bisa ikut memperkuat MU dalam tiga pertandingan teranyar di semua kompetisi. Maguire absen ketika timnya dilumat Manchester City dengan 3-6 di Liga Inggris pada Minggu (2/10/2022) lalu.

Eks pemain Leicester City juga mangkir dari duel melawan Omonia di Liga Europa. Terbaru, Maguire menghilang dalam kemenangan MU atas Everton di Goodison Park dalam pekan ke-10 Liga Inggris, Senin (10/10/2022).

Terlepas dari hal itu, Maguire merasa cederanya masih tergolong ringan. Sang pemain pun berharap dirinya bakal tersedia untuk membela MU pada akhir pekan ini, demi membuktikan kebugarannya jelang Piala Dunia 2022.

Adapun Southgate dikabarkan akan mengumumkan skuad bayangan The Three Lions pada 20 Oktober mendatang. Oleh karena itu, Maguire mau tak mau harus segera balik ke lapangan hijau, agar bisa menggaet kepercayaan juru taktik Timnas Inggris.

Maguire memang masih dibebani PR besar sebelum bisa memperkuat Inggris di Piala Dunia edisi 2022. Ia lebih dulu harus mengumpulkan waktu bermain dan mengembalikan posisinya dalam skuad utama Manchester United (MU).

Seperti diketahui, Maguire saat ini kalah saing dari Lisandro Martinez dan Raphael Varane. Pemain kelahiran tahun 1993 itu lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan di bawah era kepemimpinan Erik ten Hag.

Dilansir dari Metro, MU kini hanya memiliki sisa delapan pertandingan sebelum kompetisi dihentikan sementara. Maguire pun mau tak mau perlu memaksimalkan waktu tersebut agar bisa kembali ke kasta kekuasaan Setan Merah.

Demikian contoh teks berita singkat yang bisa dipelajari untuk menulis berita. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS