Sukses

15 Tempat Wisata di Bantul yang Paling Hits, dari Pantai Hingga Perbukitan

Tempat wisata di Bantul terdiri dari pantai dan area perbuktian dengan pemandangan yang memesona.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Bantul bisa menjadi destinasi alternatif saat liburan di Jogja. Apalagi, destinasi wisata di Bantul juga cukup terkenal karena jaraknya yang tidak begitu jauh dari pusat kota Jogja. Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan Pantai Parangtritis.

Bantul menawarkan keindahan alam yang lengkap, mulai dari destinasi wisata pantai hingga wilayah perbukitan. Selain itu, tempat wisata di Bantul juga memiliki lokasi yang saling berdekatan, sehingga kamu bisa mengunjungi beberapa tempat sekaligus.

Tempat wisata di Bantul terdiri dari pantai dan area perbuktian dengan pemandangan yang memesona. Kamu bisa mengunjungi Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Puncak Becici, hingga puncak sosok untuk menikmati liburan di Bantul.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (27/9/2022) tentang tempat wisata di Bantul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bantul

Pantai Parangtritis dan Parangkusumo

Tempat wisata di Bantul yang paling terkenal tentunya adalah Pantai Parangtritis dan Parangkusumo. Kedua pantai ini merupakan pantai yang saling berdampingan. Kedua pantai ini termasuk pantai di Jogja yang paling banyak dikunjungi. Di sini kamu bisa menikmati deburan ombak pantai selatan, menyaksikan sunset dan sunrise, hingga berkeliling pantai menggunakan jeep sewaan.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan tempat wisata di Bantul yang berada di dekat Pantai Parangtritis dan Parangkusumo. Banyak hal bisa kamu lakukan di sini, mulai dari menyaksikan sunset hingga bermain selancar pasir alias sandboarding. Aktivitas wisata yang unik ini tentunya membuat banyak orang tertarik berkunjung ke gumuk pasir ini.

Seribu Batu Songgo Langit

Tempat wisata di Bantul selanjutnya adalah kawasan perbukitan, yaitu Seribu Batu Songgo Langit. Berada di kawasan perbukitan, kamu akan mendapatkan pemandangan hutan pinus yang indah dari atas bukit ini. Selain pemandangan yang menawan, kamu juga akan disuguhi spot foto berupa rumah hobbit, rumah kayu, hingga panggung kayu.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bantul

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan merupakan salah satu tempat wisata di Bantul yang wajib dikunjungi oleh pencinta alam. Hal ini tentunya karena tempat ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Apalagi bila kamu berkunjung pada pagi hari. Di sini banyak sekali spot fotogenik yang bisa dieksplorasi. Untuk masuk ke hutan pinus, kamu hanya akan dikenakan tarif parkir.

Kebun Buah Mangunan

Kebun buah Mangunan juga menawarkan eksotisme alam berupa pegunungan, hutan, dan sungai yang mengular dengan cantiknya. Untuk mencapai bukit, kamu harus menempuh perjalanan kurang lebih 15 menit, kemudian turun lagi. Tarif tempat wisata di Bantul ini cuma Rp 5.000 saja.

Grojogan Lepo

Tempat wisata di Bantul yang tak boleh dilewatkan adalah Grojogan Lepo. Saat berada di sini, pengunjung bisa bermain air sambil menikmati udara sejuk pedesaan. Tempat ini juga memiliki air terjun mini dan kolam renang alami yang sangat indah. Grojogan Lepo menjadi rekomendasi menarik untuk liburan keluarga, karena  airnya yang tak terlalu dalam, sehingga anak-anak juga bisa berenang dan sekadar bermain air di sini. Selain itu, jernihnya air bisa membuat pikiran menjadi segar dan tenang. 

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bantul

Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara juga merupakan wisata hits yang patut untuk dikunjungi. Disebut goa cemara karena terdapat banyak pohon cemara disepanjang jalan menuju pantai. Pohon-pohon cemara ini membentuk lengkungan laiknya gua.

Bukit Paralayang

Bukit Paralayang merupakan wisata di Jogjakarta yang bisa dikunjungi untuk menikmati indahnya pantai Parangtritis dari ketinggian 900 mdpl. Bukit ini menjadi spot favorit menyaksikan matahari terbenam. Selain itu, di bukit ini terdapat fasilitas paralayang bagi kamu yang tertarik mencoba olahraga ekstrem ini.

Laguna Depok

Tempat wisata di Bantul selanjutnya yaitu Laguna Depok. Laguna Depok berada sekitar 200 meter ke selatan tempat pemungutan retribusi pantai Depok. Tidak hanya pemandangan alam yang memukau wisatawan, kamu juga bisa menikmati kuliner hasil laut yang segar dan nikmat di sini. Salah satu daya tarik tempat ini adalah muara yang hijau karena di padang pasir yang mengelilinginya ditumbuhi rerumputan. 

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bantul

Puncak Becici

Puncak Becici merupakan salah satu tempat wisata di Bantul yang wajib dikunjungi. Kawasan Puncak Becici banyak ditumbuhi pohon pinus. Dari puncak ini, kamu bisa menyaksikan keindahan Jogja dari ketinggian. Di sebelah utara kamu dapat melihat Candi Prambanan, bagian selatan terlihat garis lurus yang merupakan Pantai Selatan. Kamu juga dapat melihat Gunung Merapi dan Gunung Sindoro di sebelah utara.

Kali Oyo

Tempat wisata di Bantul yang termasuk hidden gems yang selanjutnya adalah Kali Oyo. Kali Oyo yang berlokasi di Selopamioro, Imogiri, Bantul ini menawarkan pemandangan alam dan perbukitan yang memukau dan bikin takjub. Airnya yang jernih ditambah suara kicauan burung di pagi hari menambah keasrian kali Oyo. Tempat wisata di Bantul ini cocok buat kamu yang ingin melepas penat. Di kali Oyo masih banyak bebatuan besar yang semakin menambah keasrian sungai.

Desa Wisata Sriharjo

Desa Wisata Sriharjo menawarkan pesona alam yang membuat wisatawan betah untuk datang ke desa ini. Selain itu, desa ini juga memiliki pemandangan alam berupa sawah, perbukitan, hingga sungai Oyo. Berlibur di Desa Wisata Sriharjo, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan seperti bersepeda di sore dan pagi hari.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Bantul

Puncak Sosok

Tempat wisata di Bantul selanjutnya adalah Puncak Sosok. Pemandangan lampu kota di malam hari menjadi daya tarik utama tempat ini. Selain itu, pemandangan senjanya juga tak kalan memesona. Kamu juga bisa menyantap makanan dan minuman di area kuliner Puncak Sosok ini. 

Bukit Watu Mabur

Tebing Watu Mabur menjadi daya tarik wisata dengan keindahan panorama alam berlatar pegunungan yang luas. Kesejukannya menjadi daya tarik tersendiri bagi kamu yang ingin mencari ketenangan. Selain itu, bagi kamu yang ingin mengambil gambar, ada spot foto instagramable yang tidak boleh dilewatkan.

Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung berlokasi di dusun Kediwung, desa Mangunan, kecamatan Dlingo, Bantul. Bukit ini juga mendapatkan julukan negeri di atas awan, karena jika kamu ke sini di pagi hari maka kamu akan mendapatkan pemandangan awan yang masih menggumpal dan kabut tipis yang memesona. Selain itu, di bukit ini juga ada gardu pandang yang menjadi spot untuk berswafoto. Bukit Panguk Kediwung menjadi alternatif yang tepat untuk menikmati sunrise ataupun sunset selain pantai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.