Sukses

5 Tips Agar Tidak Sakit Setelah Kehujanan, Segera Hangatkan Tubuh

Tips agar tidak sakit setelah kehujanan perlu kamu lakukan setiba di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Tips agar tidak sakit setelah kehujanan perlu kamu praktikkan. Hal ini karena Biasanya setelah kehujanan, kamu akan lebih mudah sakit. Mulai dari pusing, demam, flu, ataupun batuk biasanya dapat menyerangmu setelah kehujanan.

Sebenarnya bukan hujan atau kebasahan yang membuat kamu sakit. Namun kedingingan yang lama karena kehujanan membuat daya tahan tubuh menurun dan akhirnya kamu sakit. Hal ini tentunya lebih rentan terjadi bila tubuh kamu memang tidak fit sebelumnya.

Tips agar tidak sakit setelah kehujanan perlu kamu lakukan setiba di rumah. Hal ini tentunya untuk mencegah terjadinya penyakit dan meningkatkan kembali daya tahan tubuh yang menurun karena kedinginan setelah kehujanan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/9/2022) tentang tips agar tidak sakit setelah kehujanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Segera Ganti Pakaian yang Basah

Tips agar tidak sakit setelah kehujanan yang pertama adalah segera ganti pakaian yang basah. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, alasan kenapa kamu bisa sakit setelah kehujanan adalah karena suhu tubuh yang menurun akibat basah dan kedinginan. Hal ini menyebabkan daya tahan tubuh melemah.

Suhu tubuh rata-rata ketika seseorang kehujanan biasanya lebih rendah dari 37 derajat celcius. Sementara itu, suhu tersebut adalah suhu di mana rhinovirus dapat berkembang dengan baik. Padahal sistem imun kamu saat itu sedang melemah, karena itulah kamu akan gampang sakit pada saat setelah kehujanan. Virus tersebut akan menyebabkan infeksi pada rongga hidung dan mengakibatkan berbagai penyakit seperti sakit tenggookan, hidung tersumbat, batuk, bahkan demam. Oleh karena itu, supaya tidak kedinginan karena kehujanan dan sistem imun tidak melemah, kamu harus melepaskan pakaian yang basah karena kehujanan.

3 dari 6 halaman

Mandi dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat merupakan tips agar tidak sakit setelah kehujanan yang kedua. Setelah melepas pakaian yang basah, segeralah mandi. Hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan kuman yang menempel di kulit, baik dari genangan air hujan, maupun jalan yang berlumpur. Sebaiknya mandi dengan air hangat untuk menaikkan suhu tubuh. Namun mandilah secukupnya, cukup 10 sampai 15 menit saja supaya kulit tidak kering. Lalu keringkan seluruh tubuh, terutama rambut. Rambut yang basah bisa membuat kamu kedinginan dan bisa menyebabkan pusing nantinya.

4 dari 6 halaman

Memakai Pakaian yang Hangat

Tips agar tidak sakit setelah kehujanan berikutnya adalah memakai pakaian hangat. Setelah mandi dengan air hangat dan mengeringkan tubuh, pakailah pakaian yang hangat pula. Hal ini untuk mengembalikan suhu tubuh kembali hangat setelah kedinginan karena hujan. Setelah hujan turun, suhu di ruangan biasanya juga akan ikut menurun. Oleh karena itu, usahakan memakai pakaian yang tebal, untuk menghangatkan tubuh dan mencegah kamu sakit setelah hujan.

5 dari 6 halaman

Makan Makanan yang Hangat

Makanan hangat juga sangat penting dikonsumsi sebagai tips agar tidak sakit setelah kehujanan. Kamu perlu untuk makan atau minum sesuatu yang hangat. Kamu bisa mengonsumsi sup ayam yang hangat. Dalam American Journal of Therapeutics, sup ayam mengandung unsur bernama carnosine yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan flu.

Selain itu, kamu juga perlu untuk menghirup udara yang lebih lembap dan hangat. Buatlah teh hangat dan hirup aromanya beberapa kali sebelum meminumnya, hal ini dilakukan agar jalan pernapasan kamu menjadi lebih lancar.

6 dari 6 halaman

Istirahat Cukup

Tips agar tidak sakit setelah kehujanan berikutnya adalah segera beristirahat. Dengan beristirahat secukupnya, kamu bakal terhindar dari sakit setelah kehujanan. Intinya adalah menjaga suhu tubuh kamu tetap hangat setelah kehujanan. Hal ini disebabkan karena setelah kehujanan kamu pasti akan kedinginan dan suhu tubuh kamu menurun. Saat suhu tubuh kamu menurun, virus dapat berkembang dengan baik dan membuat kamu sakit. Oleh karena itu, lakukan tips agar tidak sakit setelah kehujanan di atas untuk menjaga tubuhmu tetap sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.