Sukses

9 Cara Mengatasi Sengatan Tawon Secara Alami, Begini Mencegahnya

Kumpulan cara mengatasi sengatan tawon yang bisa dipraktikkan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Cara mengatasi sengatan tawon ini berbeda ketika mengalami sengatan lebah. Tawon bisa menyengat lebih dari satu kali, sementara lebah hanya bisa menyengat satu kali dan meninggalkan sengatnya di kulit korban.

Seseorang yang tersengat tawon pasti akan bereaksi dengan racun tawon. Kerusakan akan terjadi di sekitar area kulit yang tersengat, seperti luka sengat, kemerahan, bengkak, dan terasa gatal. Maka dari itu, cara mengatasi sengatan tawon secara alami ini diperlukan saat seseorang mengalami reaksi sengatan dan lebih baik lagi ketika belum mengalami sengatan.

Cara mengatasi sengatan tawon secara alami bisa dilakukan pada gejala yang ringan hingga sedang. Cara mengatasi sengatan tawon secara alami tidak direkomendasikan jika sengatannya bergejala sangat berat. Ini karena sengatan tawon yang sudah parah berisiko memengaruhi fungsi organ, syok analfilaktik, hingga kematian.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam sembilan cara mengatasi sengatan tawon secara alami, Senin (19/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sengatan Tawon Secara Alami

Ahli dalam bidang ini Deborah Weatherspoon, Ph.D., MSN dalam review medisnya melansir dari Health Line, menjelaskan cara mengatasi sengatan tawon secara alami bisa dimulai ketika seseorang baru saja tersengat. Begini cara mengatasi sengatan tawon secara alami yang bisa dilakukan:

1. Mencuci dengan Sabun

Cara mengatasi sengatan tawon secara alami pertama, mulai dengan segera mencuci area yang tersengat dengan sabun dan air untuk menghilangkan racun sebanyak mungkin. Jika perlu, lakukan berulang kali sampai benar-benar yakin racun sudah hilang atau banyak berkurang.

2. Mengompres Air Dingin

Cara mengatasi sengatan tawon secara alami, kemudian oleskan atau terapkan kompres dingin ke lokasi luka untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Seseorang yang baru saja tersengat tawon, akan merasakan nyeri dan sakit luar biasa pada 1 jam pertama setelah sengatan terjadi.

3. Menjaga Luka Tetap Bersih

Cara mengatasi sengatan tawon secara alami, pastikan untuk selalu menjaga agar luka tetap bersih dan kering. Tujuan dari menjaga luka tetap bersih adalah mencegah infeksi menjadi semakin parah. Infeksi dari sengatan lebah yang parah akan berisiko menyebabkan masalah pada fungsi organ tubuh hingga kematian.

4. Menutup Luka

Cara mengatasi sengatan tawon secara alami, selain menjaga luka tetap bersih, jika luka cukup parah dan besar, bisa tutup dengan perban. Menutup luka dengan perban bisa dilakukan jika benar-benar diinginkan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Sengatan Tawon Secara Alami Selanjutnya

5. Cuka

Cara mengatasi sengatan tawon secara alami, gunakan cuka yang tersedia di rumah. Teorinya, keasaman cuka dapat membantu menetralkan alkalinitas sengatan tawon. Kebalikan dari sengatan lebah, yang lebih asam.

Gunakan cuka sebagai cara mengatasi sengatan tawon secara alami dengan, rendam bola kapas dengan sari apel atau cuka putih dan letakkan di atas area kulit yang terkena sengatan. Gunakan sedikit tekanan untuk membantu mengatasi rasa sakit dan peradangan.

6. Bahan Alami

Cara mengatasi sengatan tawon secara alami, bisa gunakan bahan-bahan alami hingga krim khusus. Cobalah menggunakan krim hidrokortison atau lotion kalamin jika gatal atau iritasi kulit mengganggu. Soda kue dan oatmeal koloid menenangkan kulit dan dapat digunakan saat mandi atau melalui krim kulit obat.

7. Obat Anti Nyeri

Cara mengatasi sengatan tawon selain secara alami, bisa dengan mengonsumsi obat anti nyeri. Pilihlah cara ini ketika merasakan dampak sengatan yang nyerinya benar-benar tidak tertahankan. Direkomendasikan mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, seperti ibuprofen.

8. Obat Antihistamin

Cara mengatasi sengatan tawon bisa mengonsumsi obat antihistamin. Obat antihistamin yang dimaksudkan adalah diphenhydramine dan chlorpheniramine, ini dapat membantu mengurangi rasa gatal.

Pastikan ketika menerapkan cara mengatasi sengatan tawon dengan konsumsi obat, minum sesuai petunjuk untuk menghindari potensi efek samping, seperti iritasi lambung atau kantuk.

9. Suntikan Tetanus

Menghindari risiko parah jangka panjang, harus mempertimbangkan mendapatkan suntikan tetanus dalam beberapa hari, tepat setelah sengatan dan belum mendapatkan suntikan booster dalam 10 tahun terakhir.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Sengatan Tawon

Mendapat sengatan tawon, pasti menimbulkan akan memunculkan sejumlah gejala ringan, sedang, dan parah. Alih-alih harus dihadapkan dengan racun tawon dan mencegah infeksinya menjadi parah, perhatikan cara mencegah sengatan tawon ini.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, cara mencegah sengatan tawon adalah menghindari paparan dengan tawon itu sendiri. Bersikaplah tenang ketika sedang berada di sekitar sarang tawon. Jika perlu, cara mencegah sengatan tawon adalah membuang sarang tawon di sekitar rumah.

Perhatikan! Cara mencegah sengatan tawon, tidak direkomendasikan dengan memukul tawon dan sarangnya. Justru tindakan gegabah seperti ini akan meningkatkan risiko seseorang tersengat tawon.

Kemudian, cari tahu seseorang alergi terhadap sengatan tawon atau tidak dengan melakukan pemeriksaan khusus. Lakukan pemeriksaan seperti tes alergi pada kulit dan tes darah. Tes ini dapat digunakan juga untuk menentukan diagnosis reaksi alergi dari sengatan tawon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.