Sukses

8 Tempat Wisata di Belanda, Perjalanan Menarik Menjelajahi Permata Eropa

rekomendasi tempat wisata di Belanda yang wajib untuk dikunjungi selama berkunjung ke Belanda

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Belanda menyajikan beragam atraksi yang menarik untuk dijelajahi oleh para wisatawan. Dengan jumlah museum yang menarik, kota yang semarak, landmark terkenal, keju yang terkenal, hingga bangunan abad pertengahan bisa ditemui disini.

Memiliki banyak kota yang memukau seperti Amsterdam, Rotterdam, Utrecht, Lisse, dan Den Haag. Tempat wisata di Belanda menawarkan segalanya mulai dari kesempatan berbelanja yang luar biasa, arsitektur yang menakjubkan, dan bahkan museum terkenal di dunia yang akan membuat wisatawan ingin kembali lagi.

Untuk wisatawan yang berasal dari luar Eropa seperti Indonesia, mungkin akan kebingungan di awal untuk menemukan tempat wisata di Belanda yang sepadan dengan waktu dan uang yang dikeluarkan. Inilah sebaiknya wisatawan berkunjung untuk dapat merasakan pengalaman lengkap dari permata Eropa yang indah ini.

Untuk referensi bagi anda yang ingin berkunjung ke Belanda, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/9/2022) rekomendasi tempat wisata di Belanda yang wajib untuk dikunjungi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Di Belanda Paling Populer

1. Keukenhof

Tempat wisata di Belanda yang pertama adalah Keukenhof. Keukenhof adalah taman botani yang menakjubkan di kota Lisse yang indah. Perjalanan ke Belanda tidak lengkap tanpa mengunjungi Keukenhof, yang berisi jutaan bunga dan tanaman. 

Keukenhof adalah kebun raya luar biasa yang terletak di Lisse, kota taman Belanda. Keukenhof sering disebut sebagai Taman Bunga Eropa atau Kota Bunga, dan merupakan taman bunga terluas di dunia. Saat anda berkunjung, anda akan disambut oleh kurang lebih 7 juta bunga.

Bunga-bunga spektakuler Keukenhof dipajang di hamparan luas lahan seluas 32 hektar. Tempat ini hanya buka saat bunga tulip bermekaran selama musim semi, menjadikannya pengalaman yang menarik dan penuh warna.

Selain mengagumi aroma dan keindahan bunganya, mengabadikan pemandangan yang menakjubkan adalah salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan saat berada di Kota Bunga ini. Anda juga dapat menonton dan bahkan berpartisipasi dalam pertunjukan bunga di taman.

Lokasi: Stationsweg 166A, 2161 AM Lisse, Belanda

2. Binnenhof

Kompleks Binnenhof yang megah di Kota Kerajaan Den Haag adalah sebuah bangunan tua yang indah dan salah satu landmark paling terkenal di wilayah selatan Belanda. Binnenhof juga dikenal sebagai Het Binnenhof atau Inner Court Hall of Knights.

Merupakan petualangan yang menarik untuk mengunjungi situs ini karena Binnenhof menyajikan tur arsitektur yang indah dan pelajaran sejarah serta politik Belanda. Sebagai situs dari banyak peristiwa sejarah penting dalam sejarah dan perkembangan politik Belanda, tempat ini layak untuk dikunjungi.

Binnenhof telah menjadi pusat politik negara ini selama berabad-abad. Binnenhof juga merupakan balai kota yang terkenal untuk anggota parlemen, pemerintah, dan pemimpin Belanda. Pengunjung dapat mengunjungi fasilitas balai kota dan berjalan-jalan melalui struktur kuno yang memiliki desain menakjubkan dengan tembok kota tuanya.

Lokasi: 2513 AA Den Haag, Belanda

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Di Belanda Paling Populer

3. Rijksmuseum

Salah satu tempat wisata di Belanda terbaik untuk dikunjungi adalah Rijksmuseum yang terkenal secara internasional, yang juga merupakan salah satu museum paling menarik di negara ini. Rijksmuseum adalah salah satu museum terbaik dan paling terkenal di Amsterdam. Selain itu lokasinya berada di Alun-Alun Museum yang indah.

Museum ini memiliki banyak koleksi karya seni dan peninggalan yang luar biasa dari sejarah 800 tahun bangsa ini. Lukisan oleh banyak seniman terkenal, termasuk Vincent van Gogh, Rembrandt, dan pelukis terkenal Belanda lainnya, seperti Frans Hals dan Vermeer, dipajang dan dipamerkan di museum.

Karya Rembrandt, seperti ' The Night Watch' adalah harta nasional. Museum sejarah lokal ini juga memiliki banyak koleksi cetakan, patung, dan peninggalan sejarah. Saat anda mengunjungi Museum ini, pastikan untuk mengunjungi atraksi Amsterdam lainnya. Karena Rijksmuseum dekat dengan banyak tempat wisata paling terkenal di Amsterdam, yang bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Lokasi: Museumstraat 1, 1071 XX Amsterdam, Belanda

4. Kincir Angin di Kinderdijk

Salah satu situs bersejarah terbaik di Belanda adalah desa nelayan Kinderdijk. Kincir Angin di Kinderdijk adalah subjek utama dari desa ini. Terdapat 19 kincir angin titanic yang terletak di polder Alblasserwaard. Wisata ini akan menawarkan pemandangan yang menakjubkan sambil juga menunjukkan prestasi Belanda di saluran air selama lebih dari seribu tahun.

Saat melihat kincir angin, anda juga akan belajar tentang saluran air Belanda, menikmati pemandangan yang menakjubkan, dan menjelajahi beberapa rawa-rawa indah di Belanda. Pada tahun 1997, Kincir Angin di Kinderdijk ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO karena keindahan dan makna sejarahnya.

Museum kincir angin di Kinderdijk adalah atraksi lain yang harus dilihat. Melalui tayangan multimedia, anda dapat menyaksikan bagaimana stasiun pompa sekunder di pabrik bekerja. Juga, jangan lewatkan untuk melihat situs luar biasa lainnya di sekitar desa nelayan Kinderdijk.

Lokasi: Nederwaard 1, 2961 AS Kinderdijk, Belanda

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Di Belanda Paling Populer

5. Taman Nasional Hoge Veluwe

Taman Nasional Hoge Veluwe adalah destinasi tempat wisata di Belanda yang menawarkan pengalaman petualangan dan taman indah yang memberikan pengalaman luar ruangan yang luar biasa. Taman nasional ini adalah tujuan bagi orang-orang dari segala usia, terutama mereka yang suka menjelajahi hutan belantara.

Taman Nasional Hoge Veluwe yang lebih dikenal sebagai Taman Nasional De Hoge Veluwe, adalah sebuah taman Belanda yang berpusat di provinsi Gelderland. Taman nasional ini adalah salah satu dari hanya dua taman nasional swasta, menjadikannya salah satu tempat alami paling unik untuk dikunjungi di Belanda.

Sebagian besar lanskap taman memiliki bukit pasir dan area berhutan. Banyak pemandangan indah yang dapat dijelajahi saat mengatur perjalanan dan tamasya sehari ke taman ini. Selain itu, taman ini menawarkan banyak pengalaman budaya bagi pengunjung untuk berpartisipasi.

Lokasi: Park Paviljoen, Houtkampweg 9b, 6731 AV Otterlo, Belanda.

6. Rumah Anne Frank

Rumah Anne Frank adalah salah satu tujuan paling terkenal untuk dilihat ketika mengunjungi Amsterdam. Rumah ini terkenal sebagai tempat kelahiran Anne Frank, seorang penulis buku harian terkemuka dan korban Holocaust Jerman-Belanda.

Saat bersembunyi selama lebih dari dua tahun selama Perang Dunia II, Anne menulis buku hariannya di lampiran tersembunyi di rumah ini. Setelah buku hariannya dari tahun-tahun perang dirilis ke publik, dia menjadi terkenal.

Kisahnya telah menjadi inspirasi bagi banyak drama dan film, serta menjadi kenangan menyakitkan tentang sejarah kelam manusia. Rumah ini kemudian berfungsi sebagai museum dan landmark nasional dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Di sinilah Anne dan keluarganya berlindung di paviliun rahasia selama pendudukan Jerman di Belanda.

Lokasi: Westermarkt 20, 1016 GV Amsterdam, Belanda

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Di Belanda Paling Populer

7. Istana Kerajaan Amsterdam

Tempat wisata di Belanda berikutnya adalah Istana Kerajaan Amsterdam. Istana Kerajaan Amsterdam adalah tempat yang wajib dikunjungi saat bepergian ke Belanda. Ini adalah salah satu tujuan paling megah di dunia dan merupakan kediaman keluarga kerajaan Belanda.

Istana ini adalah salah satu tempat wisata dan landmark paling spektakuler di negara ini. Menjelajahi pameran yang diadakan di istana, mempelajari interiornya yang megah dan mempelajari sejarah keluarga kerajaan adalah kegiatan yang direkomendasikan.

Berjalan-jalan di koridor megah dan meluangkan waktu anda untuk melihat berbagai hal adalah alternatif kegiatan yang bisa dilakukan disini, seperti halnya menghadiri tamasya berpemandu untuk menemukan informasi menarik tentang Istana Kerajaan Amsterdam.

 

Istana ini berlokasi di dekat beberapa atraksi utama di wilayah Belanda Utara. Museum Houseboat, Bimhuis Amsterdam, Pasar Keju di desa Edam, dan Museum Amsterdam hanyalah beberapa landmark terdekat di istana. Anda bahkan dapat mengikuti tur perahu keliling kota sambil menikmati keju dan jajanan kaki lima yang lezat.

Lokasi: Nieuwezijds Voorburgwal 147, 1012 RJ Amsterdam, Belanda.

8. Menara Dom

Menara Dom adalah salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Belanda. Menara gereja ini berdiri dengan gagah di atas pusat kota tua Utrecht dan juga merupakan puncak menara gereja tertinggi di negara itu. Dibangun antara tahun 1321 dan 1382, menara setinggi 112,5 meter ini merupakan atraksi budaya utama dan lambang Utrecht.

Menara Dom juga merupakan salah satu bangunan abad pertengahan yang paling indah dan bersejarah di Eropa. Anda dapat mendaki Menara Dom yang yang memiliki 465 anak tangga untuk dapat melihat pemandangan yang menakjubkan. Pemandangan luar biasa dari kota abad pertengahan Utrecht dan kota-kota tetangga tersedia dari atas menara, terutama pada hari yang cerah dan cerah.

Lokasi: Domplein 21, 3512 JC Utrecht, Belanda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.