Sukses

5 Wisata Kulonprogo Populer yang Wajib Dikunjungi saat Liburan

Liputan6.com, Jakarta Tidak bisa dipungkiri jika tempat wisata menjadi salah satu faktor utama yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke suatu daerah. Yogyakarta menjadi satu dari banyaknya daerah populer di Indonesia yang banyak menjadi tujuan para wisatawan untuk berlibur atau bahkan menetap. Kulonprogo menjadi salah satu kabupaten yang tidak luput dari perhatian banyak orang ketika menyebut Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kabupaten paling barat Provinsi DIY ini menyimpan segudang destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan bagi siapapun yang berkunjung. Meskipun beberapa tempat wisata Kulonprogo harus ditutup ketika masa pandemi Covid-19, tetapi saat ini sudah banyak tempat wisata yang telah dibuka kembali dan siap memanjakan mata dan jiwa Anda.

Beberapa tempat wisata Kulonprogo berikut akan sangat cocok bagi yang ingin liburan bersama dengan keluarga, pasangan atau bahkan yang hanya ingin melepas penat dari pekerjaan atau hiruk pikuk kehidupan. Berikut ini 5 wisata Kulonprogo yang dikutip Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (6/9/2022). 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Pergi Berlibur Tidak Harus Mahal

1. Puncak Suroloyo

Dilansir dari dinpar.kulonprogokab.go.id, puncak tertinggi Pegunungan Manorek di 1017 Mdpl yang berada di perbatasan Yogyakarta dan Jawa tengah ini berjarak kurang lebih 45 km dari kota Yogyakarta. Tepatnya berada di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Puncak Suroloyo menawarkan keindahan alam yang luar biasa. Anda dapat menikmati kemegahan Candi Borobudur, Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu dan Gunung Sumbing di saat yang bersamaan. Selain itu, Anda juga dapat melihat luasnya Kota Yogyakarta dan Samudra Hindia di sisi selatan puncak.

Hanya membayar retribusi sebesar Rp.5000, pengunjung akan mendapatkan pemandangan itu semua dan dapat menenangkan diri serta melepas penat dengan menghirup udara yang sejuk, menatap asrinya hamparan kebun teh hijau dan matahari terbit. Tidak hanya sampai di sini saja, jika tepat waktu, setiap tanggal 1 Syuro pengunjung akan mendapatkan tambahan wisata budaya melalui upacara jamasan pusaka Keraton Yogyakarta.

Pusaka yang menjadi inti acara tersebut adalah Tombak Kyai Manggolo Murti dan Songsong Kyai Manggolo Dewo. Upacara ini dimulai dari kirab pusaka hingga arak-arakan dengan gunungan hasil bumi dan diiringi tabuhan musik tradisional menuju Sendang Kawidodaren. Ada juga beberapa tempat yang berbau mitologis yang tidak boleh dilewatkan, seperti Tegal Kepanasan, Sendang Kadewatan, Sendang Kawidodaren, Pertapaan Kaendran, dan Pertapaan Mintorogo. 

 

2. Wisata Alam Kalibiru

Kalibiru adalah wisata Kulonprogo selanjutnya yang wajib Anda kunjungi. Bukan kali dalam arti sungai, masih dilansir dari dinpar.kulonprogokab.go.id, Kalibiru merupakan tempat wisata perpaduan antara hutan yang sangat hijau dengan perbukitan yang sangat luas. Untuk dapat menikmati pemandangan sekitar secara maksimal, wisatawan dapat memanfaatkan menara pandang dan gardu pandang yang bentuknya menyerupai rumah pohon. Dari menara ini, wisatawan juga dapat mengabadikan moment berharga dengan latar belakang yang sangat indah.

Berada di dataran tinggi, Kalibiru tidak hanya menawarkan pemandangan alam saja. Di sini wisatawan juga dapat mencoba outbond, seperti flying fox, trekking dan beberapa permainan yang disediakan. Jika Anda ingin menikmati Kalibiru lebih lama, tempat wisata yang terletak di Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulonprogo dan berjarak sekitar 40 km dari pusat kota ini juga terdapat enam homestay untuk menetap. Kapasitas dari homestay tersebut sekitar 10 - 15 orang. Fasilitas lain yang disediakan, seperti warung, aula pertemuan, toilet, mushola dan free wifi area.Dengan semua fasilitas yang disediakan, obyek wisata pilihan para milenial domestik dan telah dikunjungi oleh wisatawan lebih dari 14 negara ini, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Keindahan Air Terjun di Kulonprogo

3. Air Terjun Kedung Pedut

Bagi Anda yang ingin bermain air menikmati segarnya air Kulonprogo, maka Kedung Pedut adalah obyek wisata Kulonprogo yang sangat tepat dikunjungi. Dilansir dari inpar.kulonprogokab.go.id, obyek wisata yang telah dibuka sejak tahun 2015 ini, telah menjadi salah satu wisata alam yang akhir-akhir ini banyak digemari oleh generasi muda.

Nama Kedung Pedut berasal dari basa jawa. “Kedung” berarti kolam dan “Pedut” berarti kabut. Hal ini karena Kedung Pedut adalah wisata alam berupa air terjun yang berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo sekitar 50 km ke arah barat dari Kota Yogyakarta. Saat air jatuh ke kolam, menyebabkan sekitar kolam menjadi berkabut. Untuk akses masuk ke Kedung Pedut, dari lokasi parkir kendaraan, wisatawan harus berjalan kaki melalui jalan setapak yang sudah di-coorblock sekitar 500 m untuk sampai di lokasi air terjun.

Selain menyediakan beberapa spot foto untuk mengabadikan kenangan berharga, terdapat wahana lainnya seperti flying fox yang juga bisa dinikmati wisatawan. Wisatawan juga dapat mengunjungi tempat wisata lain yang berdekatan dengan Kedung Pedut, seperti Air Terjun Kembang Soka. 

4 dari 4 halaman

Obyek Wisata Pantai yang Wajib Dikunjungi

4. Pantai Glagah

Masih berkaitan dengan wisata air, obyek wisata Kulonprogo yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan. Pantai dengan pasir hitam dan laguna yang sangat luas ini berada di Kecamatan Temon, Kulonprogo sekitar 10 km dari Kota Wates. Obyek wisata Kulonprogo ini dapat dinikmati hanya dengan membayar retribusi sebesar Rp. 6000 per individu. Beberapa aktivitas yang dapat wisatawan lakukan adalah aktivitas perahu, seperti kano dan kayak serta memancing. Tidak hanya itu, wisatawan juga dapat menikmati agrowisata buah-buahan, seperti buah naga, semangka, melon dll.

Dilansir dari inpar.kulonprogokab.go.id, kawasan sekitar Pantai Glagah juga sering dipakai untuk acara seperti festival layang-layang, motorcross dan pesta kembang api setiap tahun baru. Wisatawan yang ingin menikmati pantai lebih lama serta ingin mengadakan pertemuan juga dapat memanfaatkan usaha hotel dan/ atau penginapan yang ada di sekitar Pantai Glagah.

5. Bukit Ngisis Nglinggo

Bagi Anda yang ingin quality time bersama orang tersayang atau me time dengan camping, maka wisata Kulonprogo yang satu ini patut untuk dicoba. Menurut inpar.kulonprogokab.go.id, Bukit Ngisis Nglinggo adalah salah satu tempat terfavorit di Yogyakarta. Keadaan geografi dari obyek wisata yang satu ini, yaitu dikelilingi banyak gunung, seperti Gunung Merbabu, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam.

Akses masuk ke Bukit Ngisis Nglinggo cukup strategis karena berada di titik nol perbatasan antara Kabupaten Progo, Magelang dan Purworejo. Lebih tepatnya obyek wisata ini berlokasi di kawasan Nglinggo Baray, Pagerhajo, Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Jika And tertarik berkemah di Bukit Ngisiis Nglinggo, biaya yang harus disiapkan mulai dari Rp. 25.000 - Rp. 250.000 tergantung dari paket dan fasilitas yang diinginkan.

Untuk wisatawan yang hanya ingin berkunjung, maka tiket masuk yang harus dibayar sebesar Rp.5000 sudah termasuk teh gratis di angkringan. Menjadi salah satu obyek wisata yang harus tutup selama pandemi, sekarang Bukit Ngisis Nglinggo telah dibuka kembali.

Itu dia informasi tentang 5 wisata populer yang wajib kalian kunjungi jika ke Kulonprogo. Meskipun angka kasus Covid-19 sudah sangat landai, tetapi penting untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan. Yuk, liburan senang dengan tetap sehat di Kulonprogo.

 

Reporter magang: Friska Nur Cahyani 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS