Sukses

18 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami, Tanpa Efek Samping

Cara menghilangkan kantung mata, bisa dilakukan secara alami dan tanpa efek samping.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan kantung mata secara alami bisa dilakukan dengan menggunakan beragam bahan alami yang mudah dijumpai di rumah. Kantung mata hitam menjadi salah satu permasalahan kulit, yang membuat banyak sekali orang tampil dengan tidak percaya diri.

Kantung mata membuat penampilan wajah menjadi lebih terlihat tua, kusam dan tampak lelah. Cara menghilangkan kantung mata secara alami bisa dilakukan dengan kompres dingin, minyak kelapa atau kunyit. Selain caranya yang mudah, perawatan kantung mata juga efektif dan tanpa efek samping. Banyak orang yang memilih untuk melakukan perawatan medis atau bedah ringan di klinik kecantikan, akan tetapi memerlukan biaya yang tidak sedikit juga beresiko.

Sebagai alternatifnya, terdapat cara menghilangkan kantung mata secara alami, selain bisa dilakukan sendiri di rumah, perawatan ini juga terbilang sangat murah dan tidak akan menguras kantung.

Berikut ini cara menghilangkan kantung mata secara alami yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (30/8/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

1. Hapus Riasan Sebelum Tidur

Cara menghilangkan kantung mata secara alami, dapat dilakukan dengan menghapus riasan sebelum tidur. Dengan memperbaiki rutinitas malam juga sangat membantu menghindari kantung di bawah mata. Secara khusus, penting untuk mencuci muka sebelum tidur setiap malam. Ada alasan mengapa tidak boleh tidur dengan riasan, karena mata dapat mengalami reaksi alergi dan mengembangkan infeksi yang menyebabkan kemerahan, bengkak, atau gejala lainnya. kondisi seperti ini juga berpotensi menciptakan apa yang disebut stres oksidatif, yang membuat kulit menua sebelum waktunya.

2. Minyak Vitamin E

Cara menghilangkan kantung mata secara alami juga bisa menggunakan minyak vitamin E. Vitamin E membantu untuk melawan efek radikal bebas dan menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan. Sebelum tidur di malam hari, oleskan setetes minyak ke lingkaran hitam di bawah mata, lalu pijat secara lembut ke kulit dan biarkan semalaman, lalau bilas dengan air hangat di pagi hari. 

3. Minyak Almond

Minyak almond bisa menghilangkan kantung mata secara alami, karena minyak almond memiliki kandungan vitamin E dan vitamin K yang baik untuk kulit. Tidak hanya itu, kedua kandungan ini dapat menetralisir lingkar hitam pada mata serta membuatnya kembali cerah. Cara melakukannya juga mudah, hanya dengan mengoleskan minyak almond di bagian bawah mata yang menghitam menggunakan kapas. lakukan cara tersebut secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

4. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan kulit. Salah satunya adalah membantu menghilangkan kantung mata yang menghitam. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan vitamin E, sehingga dengan nutrisi ini yang nantinya akan membantu menutrisi juga memperbaiki kondisi kulit. Kalian hanya perlu mengaplikasikan lidah buaya di bagian bawah mata, dan dilakukan ketika tidur di malam hari. Setelah mengoles gel di bawah mata, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air bersih yang mengalir.

5. Tetap Terhidrasi

Air membentuk sekitar 60 persen dari berat badan. Sehingga ketika dehidrasi, akan dapat berkontribusi pada kantung di bawah mata. Meningkatkan asupan air akan membantu menghilangkan kantung mata hitam. Para ahli juga merekomendasikan minum sekitar 13 cangkir cairan sehari untuk pria, dan sekitar 9 cangkir cairan untuk wanita, per hari.

 

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

6. Makan Lebih Banyak Makanan Kaya Kolagen

Seiring dengan bertambahnya usia, maka otot dan jaringan yang menopang kelopak mata juga melemah. Hal ini membuat otot melorot, termasuk lemak yang biasanya ada di sekitar mata anda. Dengan meningkatkan asupan vitamin C dapat membantu tubuh untuk menyerap lebih banyak asam hialuronat. Asam esensial secara alami yang ditemukan di dalam tubuh, dengan jumlah yang disimpan menurun seiring bertambahnya usia. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C dan asam amino juga dapat membantu dalam memproduksi kolagen melalui peningkatan kadar asam hialuronat, sehingga menciptakan kulit yang lebih sehat.

7. Pijat Mata

Cara menghilangkan kantung mata secara alami juga bisa dilakukan dengan pijat mata. Pijat mata secara teratur dapat meningkatkan aliran darah ke area bawah mata dan membantu mencegah darah berkumpul di kapiler di bawah mata. Lakukan gerakan pijat ringan dari sudut dalam ke sudut luar mata selama 30 detik. Penelitian juga menunjukan 80 persen orang yang mencoba rutinitas ini mengalami kontur mata yang lebih kencang dan elastis, serta 70 persen mengalami pengurangan lingkaran hitam di bawah mata.

8. Jus Jeruk

Cara menghilangkan kantung mata secara alami juga bisa dengan jus jeruk. Hal ini karena jus jeruk memiliki kandungan vitamin A dan C yang tinggi, sehingga membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata anda. Tambahkan juga beberapa tetes gliserin ke jus jeruk dan direndam dengan kapas penghapus riasan untuk dioleskan ke kulit di bawah mata.

9. Minyak Kelapa

Sebagai anti-inflamasi yang alami juga lembut, membuat minyak kelapa sebagai metode yang efektif untuk mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata. Minyak kelapa juga dapat melembabkan sekaligus mencerahkan dan membantu untuk mencegah kerutan di bawah mata. Gunakan minyak kelapa dengan cara menggosokkannya ke area bawah mata, biarkan semalaman lalu bilas di pagi hari.

10. Kunyit

Sebagai antioksidan juga anti-inflamasi alami yang kuat, kunyit dapat meminimalkan lingkaran hitam. Dengan mencampur beberapa bubuk kunyit juga jus nanas, lalu aduk hingga membentuk pasta kental. Oleskan campuran ini ke lingkaran bawah mata dan biarkan selama sekitar 10 menit sebelum menggunakan kain lembut, hangat dan lembab untuk menghilangkan pasta dengan lembut. Lakukan rutinitas ini sekali sehari.

 

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

11. Tomat

Cara menghilangkan kantung mata secara alami, bisa menggunakan tomat. Tomat kaya akan likopen, serta beberapa zat yang sangat baik untuk kesehatan jantung, penglihatan, dan kulit anda. Lycopene membuat kulit lebih lembut dan kenyal, serta mengurangi munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Untuk mendapatkan manfaat dari likopen yang ditemukan dalam tomat, maka campurkan jus tomat dengan jumlah yang sama dengan jus lemon, kemudian gunakan bola kapas atau alas penghapus riasan untuk mengoleskannya ke area bawah mata anda. 

12. Teh celup dingin

Jika anda tidak memiliki kompres dingin, maka Anda bisa menggantinya dengan kantung teh. Banyak teh seperti teh hijau memiliki manfaat tambahan seperti  antioksidan, yang memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat menenangkan kapiler yang tegang di area bawah mata anda. Untuk menggunakan teh celup dingin sebagai kompres, langkah pertama yang harus dilakukan adalah rendam kantung teh dalam air bersih lalu masukkan ke dalam lemari es selama 30 menit. Kemudian, letakkan kantung teh di mata dan biarkan selama 10 menit atau lebih dua kali sehari sebelum melepas dan membilas area tersebut dengan air hangat.

13. Kentang

Kentang merupakan salah satu sumber mengejutkan dari banyak vitamin C, antara lain sangat bagus untuk sintesis kolagen, sehingga membuat kulit lebih sehat dan tampak lebih muda. Untuk memanfaatkan kekuatan vitamin C di dalamnya, anda juga dapat memarut beberapa kentang, lalu ambil ekstrak jus dari kentang dan rendam beberapa bantalan kapas di dalam jus ekstrak kentang. Tempatkan bantalan kapas pada mata Anda selama sekitar 10 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

14. Susu Dingin

Produk susu seperti susu dingin juga merupakan sumber vitamin A, yang mengandung retinoid, sehingga bagus untuk menjaga kulit agar tampak cerah dan muda. Untuk mendapatkan manfaat vitamin A susu, yang perlu dilakukan adalah rendam kapas dalam semangkuk susu dingin untuk sementara waktu. Gunakan kapas tersebut untuk mengoleskan susu ke kantung mata bawah dan diamkan selama sekitar 10 menit, dua kali sehari, dan bilas dengan air hangat.

5 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

15. Kompres Dingin

Cara menghilangkan kantung mata secara alami yang cukup mudah untuk dilakukan adalah menggunakan kompres dingin. lakukan aktivitas ini saat pagi atau sore hari untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Menerapkan kompres dingin ke daerah terdapat kantung mata hitam dapat membantu pembuluh darah menyempit dengan cepat dan mengurangi kantung mata hitam.

16. Mentimun

Mentimun yang memiliki sifat pencerah kulit juga astringent ringan, dapat membantu menghilangkan kantung mata secara alami. Anda juga bisa mencoba metode ini dua kali sehari, dengan potong mentimun segar menjadi irisan tebal lalu dinginkan selama 30 menit. Kemudian, biarkan irisan di mata anda selama 10 menit. Bilas area mata Anda dengan air hangat setelah digunakan. 

17. Jus Mentimun dan Jus Lemon

Jika irisan mentimun tidak cocok maka cobalah untuk mencampur mentimun dan jus lemon dengan perbandingan yang sama, lalu gunakan bola kapas untuk mengoleskan ke lingkaran bawah mata Anda. Biarkan campuran mentimun dan lemon pada kulit anda selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.

18. Air Mawar

Air mawar tidak hanya berbau harum, namun bersifat menenangkan dan meremajakan kulit yang lelah. Seperti mentimun, itu adalah zat ringan, sehingga dapat bekerja sebagai toner kulit. Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami yakni cukup rendam bantalan kapas dalam air mawar selama beberapa menit, lalu biarkan bantalan kapas yang basah menempel di kelopak mata Anda. Biarkan selama sekitar 15 menit, lakukan sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.