Sukses

12 Wisata di Jember Paling Populer, Lengkap dengan Harga Tiket Masuknya

Liputan6.com, Jakarta Wisata di Jember menyajikan berbagai macam destinasi menarik yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan. Tidak hanya wisata alam, wisata di Jember juga menyajikan wisata sejarah, edukasi, kuliner, budaya hingga religi.

Terletak di provinsi Jawa Timur, wisata di Jember telah dikenal luas oleh banyak wisatawan baik domestic maupun mancanegara. Selain karena keindahannya, destinasi wisata di Jember juga dikenal dengan biayanya yang hemat dan ramah untuk semua orang.

Selain tempat wisata di Jember, wisatawan juga bisa menghadiri beragam event menarik yang diselenggarakan secara rutin di Jember. Salah satunya adalah Jember Fashion Carnaval yang merupakan salah satu acara berkelas dunia yang sayang untuk dilewatkan.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber rekomendasi tempat wisata di Jember yang sayang untuk dilewatkan, Kamis (25/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Wisata Di Jember Paling Populer

1. Pantai Watu Ulo

Wisata di Jember pertama yang wajib dikunjungi adalah Pantai Watu Ulo. Karena pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di kota jember. Bersantai dan menikmati keindahan pantai merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pengunjung.

Untuk bisa menjelajahi kembali keindahan pantainya, anda bisa mendaki bukit yang ada di Pantai Watu Ulo. Bagi yang suka berfoto, dari atas bukit ini anda akan melihat panorama pantai. Pantai Watu Ulo terletak di Sumberrejo, Ambulu, Kabupaten Jember. Dengan jarak tempuh sekitar 40 Km dari pusat kota.

Tiket masuk: Rp. 7.500 per orang.

 

2. Pemandian Patemon

Pemandian Patemon adalah pemandian kolam renang peninggalan kolonial Belanda pada tahun 1954 silam. Yang berada di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Meski pemandian ini antik, namun banyak renovasi yang dilakukan dari tahun ke tahun.

Ada empat jenis kolam renang di tempat pemandian Patemon ini dengan kedalaman yang berbeda-beda. Diantaranya, kolam dengan kedalaman 4 meter, 1,5 meter, 1 meter, dan yang terakhir di bawah 0,5 meter untuk anak-anak. Pemandian Patemon berlokasi di Jl. Jerukan, Patemon, Tanggul, Kabupaten Jember.

Tiket masuk: Rp. 5.000 untuk dewasa, dan Rp. 3.000 untuk anak-anak.

 

3. Pantai Papuma

Satu lagi destinasi wisata pantai di Jember yang cukup terkenal yaitu Pantai Papuma. Karena letaknya yang menjorok ke laut, pantai ini dikenal dengan nama Tanjung Papuma. Nama Papuma berarti “Pasir Putih Malikan”. Dan nama Malikan merupakan nama lain yang disetujui oleh Perhutani saat membuka lokasi wisata di Jember ini.

Ada juga banyak spot unik dengan panorama yang indah. Anda bisa berfoto dengan pemandangan bebatuan dan laut sepuasnya. Pantai Papuma terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember.

Tiket masuk: Rp. 7.000 hari kerja dan Rp. 15.000 pada hari libur.

3 dari 5 halaman

Wisata Di Jember Paling Populer

4. Teluk Cinta

Wisata di jember berikutnya adalah Teluk Cinta. Tempat wisata di Jember ini menawarkan pemandangan yang langka dan unik. Karena di sini anda akan menemukan teluk yang membentuk lambang hati. Untuk mendapatkan pemandangan yang sempurna, pengunjung biasanya mendaki Bukit Suroyo atau Sroyo yang berada di sisi timur Pantai Payangan.

Dari atas bukit ini, Anda bisa berfoto dan melihat pemandangan teluk yang sangat indah. Tempat wisata di Jember ini terletak di Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Dengan perkiraan jarak tempuh sekitar 32 Km dan dapat ditempuh hanya dalam waktu 1 jam dari pusat kota.

Tiket masuk: Rp. 7.500 per orang.

 

5. Perkebunan Teh Gunung Gambir

Perkebunan teh gunung gambir menjadi wisata di Jember berikutnya. Disini terdapat pemandangan yang sangat indah yaitu hamparan alam hijau dari daun teh yang tertata rapi mampu memanjakan mata. Dengan udara yang sangat sejuk dan bebas polusi, anda akan merasa rileks dan tenang saat berada di sini.

Selain bisa melihat proses pembuatan daun teh mulai dari pemetikan, penjemuran, dan pengemasan, anda juga bisa mencicipi masakan teh yang dihasilkan dari perkebunan teh di sini. Sambil meminum teh yang tersedia, anda juga bisa berfoto-foto dengan latar belakang perkebunan the.

Tiket masuk: Rp. 10.000 per orang.

 

6. Air Terjun Watu Ondo

Salah satu yang menarik bagi pengunjung adalah pemandangan air terjun di tengah hutan yang masih asri. Ada 3 air terjun di sini, antara lain air terjun Watu Gedhek, Watu Ondo, dan air terjun Watu Mejo.

Sumber mata air Watu Ondo sendiri berasal dari pegunungan, sehingga air yang mengalir sangat jernih dan segar, bahkan saat hujan deras. Aliran air yang mengalir ini ditampung ke dalam kolam yang bisa Anda gunakan untuk bermain air atau untuk berendam.

Tiket masuk: gratis.

 

4 dari 5 halaman

Wisata Di Jember Paling Populer

7. Pantai Pancer

Wisata di Jember selanjutnya adalah Pantai pancer. Salah satu ciri khas Pantai Selatan ini adalah ombaknya yang besar. Ciri khas lainnya adalah susunan batu pecah, garis pantai yang mencapai 3 meter dan pantai pasir hitamnya.

Di sini pengunjung juga akan melihat ritual masyarakat yang dilakukan setahun sekali. Ritualnya disebut “Larung Sesaji”. Ritual ini merupakan bentuk rasa syukur dari masyarakat atas berkah Tuhan. Dan inilah kepercayaan masyarakat setempat secara turun temurun.

Tiket masuk: Rp. 3.000 hari kerja dan Rp. 5.000 pada hari libur.

 

8. Pemandian Rembangan

Daya tarik yang ditawarkan Pemandian Rembangan kepada pengunjung adalah pemandian dengan air bersih dan pemandangan puncak yang indah. Dikelilingi oleh perkebunan kopi dan kebun buah membuat wisata ini menarik untuk dikunjungi.

Ada beberapa wahana yang bisa digunakan di sini dengan tarif murah. Selain wahana, pengunjung juga akan melihat pemandangan kota Jember dari ketinggian pada malam hari. Pemandian Rembangan terletak di Darungan, Kemuning Lor, Arjasa, Kabupaten Jember.

Tiket masuk: gratis.

 

9. Tempat Wisata di Simbat

Tempat wisata di Jember ini merupakan singkatan dari Sukmo Ilang Manggar Babatan. Nama ini diambil dari masyarakat setempat yang kehilangan dengan banyaknya illegal logging. Oleh karena itu, masyarakat setempat berinisiatif untuk menjadikannya sebagai lokasi wisata.

Wisata Simbat sendiri baru resmi menjadi lokasi wisata sejak tahun 2017. Dengan daya tariknya yaitu spot foto taman bunga dan berfoto dengan pemandangan unik lainnya. Pengunjung juga diperbolehkan mendaki Gunung Manggar untuk menikmati foto dari atas.

Tiket masuk: gratis.

5 dari 5 halaman

Wisata Di Jember Paling Populer

10. Bukit Watu Retak Ambulu

Wisata di Jember berikutnya adalah Bukit Watu Pecah Ambulu. Nama ini dilekatkan karena ada belahan di salah satu puncaknya. Sebagai tempat yang cocok bagi para pendaki, tempat ini juga biasa digunakan oleh masyarakat untuk berolahraga sekaligus melihat pemandangan di pagi dan sore hari.

Selain udaranya yang sangat sejuk, Bukit Watu Pecah juga menjadi tujuan wisata selanjutnya dari wisata Pantai Watu Ulo dan Pantai Papuma, karena letaknya yang hanya 12 Km dari kota Ambulu, atau 40 Km dari pusat kota.

Tiket masuk: gratis.

 

11. Pemandian Oleng Sibutong

Pemandian Oleng Sibutong merupakan wisata kolam renang yang dibangun pada tahun 1983. Ada daya tarik dari wisata pemandian ini yaitu terdapat 2 buah kolam renang dengan mata air yang berasal dari mata air Oleng Sibutong.

Daya tarik lainnya adalah panorama alam yang indah dan sejuk. Ditambah dengan tanaman hijau yang rimbun dengan paduan taman buatan yang apik. Selain itu, Pemandian Oleng Sibutong juga menyediakan pertunjukan musik pada hari-hari besar seperti hari libur Idul Fitri.

Tiket masuk: Rp. 10.000 per orang.

 

12. Pantai Bandealit

Wisata di Jember yang terakhir adalah Pantai Bandealit. Pantai ini sangat cocok bagi anda yang ingin bersantai dan berfoto dengan objek pemandangan yang menarik. Di sebelah timur Pantai Bandealit terdapat muara sungai yang masih satu lokasi dengan pantai.

Jika anda berpetualang di pantai dan muara, anda juga akan menemukan pesona Hutan Mangrove yang begitu memikat mata. Tempat wisata di Jember ini terletak di Kawasan Hutan Andongrejo, Tempurejo, Kabupaten Jember.

Tiket masuk: Rp. 5.000 per orang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS