Sukses

10 Manfaat Atmosfer Bumi dan Penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta - Apa saja manfaat atmosfer Bumi itu? Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjelaskan istilah atmosfer berasal dari bahasa Yunani Atmos yang berarti uap air atau gas serta Sphaira artinya selimut. Secara istilah, manfaat atmosfer Bumi adalah pelindung.

Manfaat atmosfer Bumi adalah mampu menjaga kelangsungan makhluk hidup di Bumi dan planet Bumi itu sendiri. Kemdikbud menjelaskan manfaat atmosfer Bumi adalah melindungi dari paparan sinar ultraviolet atau UV, melindungi dari benda luar angkasa, hingga memengaruhi cuaca di Bumi.

Paling utama dari manfaat atmosfer Bumi adalah mengatur penerimaan panas sinar matahari. 34 Persen panas matahari kembali dipantulkan ke angkasa, 19 persen diserap atmosfer, dan 47 sisanya akan mencapai permukaan Bumi untuk menjaga kelangsungan makhluk hidup di Bumi.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam sepuluh manfaat atmosfer bumi dan penjelasannya, Selasa (23/8/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Atmosfer Bumi dan Penjelasannya

Memahami manfaat atmosfer Bumi tidak hanya bagi Bumi itu sendiri. Melainkan manfaat atmosfer Bumi berguna pula bagi kehidupan manusia, hewan, tumbuhan, dan segala makhluk yang tinggal di Bumi.

Apa saja manfaat atmosfer Bumi tersebut? Kemdikbud menjelaskan manfaat atmosfer Bumi yang paling utama adalah mampu mengatur penerimaan panas sinar matahari dengan baik.

“Atmosfer melakukannya dengan menyerap dan memantulkan panas yang dipancarkan oleh matahari,” dijelaskan.

Ada 34 persen panas matahari yang kembali dipantulkan ke angkasa oleh atmosfer, kemudian 19 persen diserap atmosfer, dan 47 sisanya akan mencapai permukaan Bumi untuk menjaga kelangsungan makhluk hidup di Bumi.

Kemdikbud menjelaskan ada lima manfaat atmosfer Bumi, apa saja?

1. Manfaat atmosfer Bumi adalah mampu melindungi Bumi dari paparan radiasi sinar ultraviolet dengan lapisan ozon. Sinar ultraviolet sangat berbahaya bagi kehidupan makhluk hidup di Bumi, manfaat atmosfer Bumi berperan demikian.

2. Manfaat atmosfer Bumi adalah melindungi Bumi dari benda-benda luar angkasa yang jatuh akibat gaya gravitasi Bumi.

3. Manfaat atmosfer Bumi adalah media cuaca yang bisa memengaruhi hujan, badai, topan, angin, salju, awan, dan lain sebagainya.

4. Manfaat atmosfer Bumi adalah memiliki berbagai macam gas yang diperlukan oleh manusia, tumbuhan, dan hewan untuk bernapas dan kebutuhan lainnya seperti oksigen, nitrogen, karbondioksida.

3 dari 4 halaman

Manfaat Atmosfer Bumi Selanjutnya

Selain yang sudah disebutkan, masih ada manfaat atmosfer Bumi yang perlu diketahui Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

5. Manfaat atmosfer Bumi adalah menjaga keseimbangan energi di dalam Bumi secara vertical maupun horizontal. Hal ini terjadi yang dihasilkan dari ketidaksamaan panas di permukaan Bumi sehingga terciptalah pergerakan udara di dalam atmosfer dan air di lautan.

6. Manfaat atmosfer Bumi adalah berperan untuk biogeochemical, hal ini dikarenakan lapisan atmosfer yang menyimpan karbondioksida, apabila dilepaskan secara alami dapat digunakan dalam proses fotosintesis.

7. Manfaat atmosfer Bumi adalah berguna dalam bidang keelektrikan. Di atmosfer ionosfer terjadi proses ionisasi dari partikel-partikel yang memberikan refleksi gelombang radio. Sehingga rambatan sinyal radio dapat menjangkau seluruh penjuru muka Bumi.

8. Manfaat atmosfer Bumi adalah ada molekul-molekul di atmosfer tempat lapisan ozon berada untuk menyerap energi matahari begitu tiba. Ini menjadikan manfaat atmosfer Bumi mampu menyebarkan kehangatan itu ke seluruh planet. Molekul juga memerangkap energi yang dipantulkan dari permukaan, mencegah sisi malam planet menjadi terlalu dingin.

9. Manfaat atmosfer Bumi adalah Bumi dapat menerima energi yang berasal dari radiasi elektromagnetik matahari. Energi-energi matahari yang dipantulkan oleh permukaan Bumi, akan segera diserap, dipantulkan maupun ditransmisikan di atmosfer tempat lapisan ozon.

10. Manfaat atmosfer Bumi adalah mampu menghasilkan aurora, karena ionosfer diterpa oleh angin matahari yang menyebabkan ionisasi dan menghasilkan listrik. Setelah terkesitasi, atom dapat kembali ke kadaan dasar dan memancarkan cahaya tampak yang bisa berwarna hijau, merah, dan coklat.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Atmosfer dan Penjelasannya

Apabila sudah memahami manfaat atmosfer Bumi, kemudian ketahui macam-macam atmosfer Bumi. Jumlah atmosfer Bumi ada lima, ini penjelasan macam-macam atmosfer Bumi yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Troposfer

Troposfer merupakan lapisan atmosfer yang paling aman dan ideal untuk mahluk hidup, karena pada lapisan tersebut, terdapat uap air dan karbondioksida. Pada lapisan ini, cuaca dan iklim masih terjadi, seperti hujan, salju, badai, angin, dan lainnya.

2. Stratosfer

Stratosfer merupakan lapisan yang ditinggali oleh lapisan ozon, dan suhu yang sangat dingin. Pada lapisan ini, terdapat ozon yang sangat bermanfaat bagi penyerapan sinar ultraviolet. 

3. Mesosfer

Mesosfer merupakan lapisan yang berada diatas lapisan stratosfer dan berada pada ketinggian 50 hingga 75km. mesosfer memiliki suhu sekitar 10 derajat celcius, dan suhu puncak hingga 120 derajat celcius. Lapisan mesosfer memiliki suhu yang tidak stabil, karena pada bagian bawah suhu udara tinggi dan semakin keatas suhu semakin turun. 

4. Termosfer atau Ionosfer

Lapisan termosfer memiliki ketinggian 80-375km. Termosfer juga disebut dengan ionosfer, karena pada lapisan termosfer, terjadi proses ionisasi dari partikel-partikel yang memberikan refleksi gelombang radio (gelombang pendek atau Panjang). 

5. Eksosfer

Eksosfer merupakan lapisan yang paling panas dan berbagai atom bergerak secara tidak beraturan, dengan suhu mencapai 2200 derajat celcius dam berada pada ketinggian antara 500-1000 km. Lapisan eksosfer sangat berbahaya, karena meteor dan benda-benda luar angkasa lainnya hancur pada lapisan ini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS