Sukses

12 Cara Mengatasi Ngantuk Berlebihan di Siang Hari, Ketahui Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Rasa kantuk sering datang menghampiri ketika kita sedang melakukan aktivitas sehari-hari seperti saat kita sedang sekolah ataupun bekerja. Rasa kantuk yang menyerang ini dapat mengganggu rutinitas yang sedang kita jalani. Saat kita merasa mengantuk, kita akan kehilangan konsentrasi yang menyebabkan turunnya produktivitas kita. Oleh sebab itu, penting bagi kta untuk mengetahui cara mengatasi ngantuk yang datang menyerang. 

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan munculnya rasa mengantuk ketika kita sedang beraktivitas. Umumnya, permasalahan ini disebabkan oleh pola atau gaya hidup yang kurang sehat atau tidak seimbang. Gaya hidup yang tidak sehat atau seimbang seperti kurang tidur atau kurang banyak bergerak dapat menyebabkan seseorang mudah merasa ngantuk ketika sedang beraktivitas.

Ada berbagai cara mengatasi ngantuk yang sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini. Karena mayoritas penyebab masalah ini adalah gaya hidup yang tidak seimbang dan tidak sehat, maka merubah pola hidup bisa membantu kita untuk menghilangkan rasa kantuk yang mendadak menyerang saat kita beraktivitas. Dengan mengubah pola hidup kita menjadi lebih seimbang dan sehat, kita bisa menjadi lebih bugar dan merasa semangat untuk menjalani rutinitas sehari-hari dan dapat meningkatkan produktivitas kita.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi ngantuk yang sering menyerang saat kita beraktifitas yang dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (26/7/2022)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Penyebab Rasa Kantuk di Siang Hari

Sebelum membahas tentang cara mengatasi ngantuk, ada baiknya kita membahas tentang penyebab rasa kantuk yang sering menyerang kita di siang hari. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pola hidup yang kurang sehat dan tidak seimbang adalah faktor utama yang menyebabkan seeorang merasa ngantuk di tengah hari. Berikut ini adalah beberapa gaya hidup yang tidak seimbang yang menyebabkan permasalahan tersebut:

1. Kurang Tidur Atau Terlalu Banyak Tidur. Kurangnya waktu tidur di malam hari membuat seseorang merasa mengantuk ketika beraktivitas. Selain itu, kurang tidur juga bisa membuat seseorang kesulitan untuk mengendalikan emosinya dan fokus menjalani aktivitasnya. Di samping itu, terlalu banyak tidur juga bisa menyebabkan seseorang merasa mengantuk keesokan harinya. Menurut penelitian, orang yang tidur lebih dari 8 jam setiap malamnya justru merasa mengantuk di keesokan harinya.

2. Kurang Asupan Cairan atau Dehidrasi. Kurangnya asupan cairan dapat membuatmu merasa mengantuk. Hal ini karena cairan dibutuhkan supaya sistem di dalam tubuh dapat bekerja dengan baik. Kurangnya asupan cairan bisa membuatmu menjadi dehidrasi dan membuatmu cepat merasa lelah dan mudah mengantuk ketika sedang melakukan aktivitas sehari-hari.

3. Stres dan Depresi. Perasaan stres bisa menyebabkan seseorang mengalami kesulitan tidur di malam hari. Hasilnya, seseorang kekurangan waktu untuk mengistirahatkan tubuhnya dan membuatnya cepat merasa lelah dan mengantuk di keesokan harinya. Selain itu, depresi juga dapat menyebabkan berbagai gangguan tidur pada seseorang seperti insomnia dan sindrom kaki gelisah (restless legs syndrome).

4. Jarang Bergerak. Ketika seseorang sedang bekerja atau belajar, mereka sering berdiam diri pada satu posisi. Hal ini bisa menyebabkan sirkulasi darah dalam tubuh tidak berjalan dengan lancar dan menyebabkan seseorang merasa lelah dan mengantuk. Untuk memperlancar sirkulasi darah, jangan berdiam diri terlalu lama pada satu pesisi tertentu ketika sedang belajar atau bekerja. Gerak-gerakkanlah tubuh anda supaya peredaran darah anda lancar dan anda tidak mudah lelah dan mengantuk ketika bekerja.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Ngantuk di Siang Hari

1. Cukup Tidur

Cara mengatasi ngantuk yang pertama dan yang paling efektif ialah dengan memiliki waktu tidur yang cukup. Waktu tidur yang dibutuhkan seseorang kurang lebih selama 8 jam setiap harinya. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup, anda bisa mengistirahatkan tubuh anda yang lelah setelah menjalani aktivitas di hari tersebut dan membuatnya kembali segar untuk melanjutkan aktivitas anda di hari berikutnya. Dengan demikian, anda bisa kembali bersemangat untuk menjalani aktivitas dan tidak akan merasa lelah atau mengantuk di siang hari.

2. Minum Cukup Air Putih

Seperti yang telah dibahas di atas, kurangnya asupan cairan dan dehidrasi dapat menyebabkan tubuh tidak bisa bekerja dengan baik dan membuat kita merasa lelah dan mengantuk di siang hari. Oleh sebab itu, kamu perlu untuk mengkonsumsi cairan, khususnya air putih dalam jumlah yang mencukupi setiap harinya. Dengan demikian, kamu bisa menjaga supaya tubuh tetap segar dan tidak mudah merasa lelah ataupun mengantuk.

3. Menu Sarapan yang Sehat dan Tepat

Cara mengatasi ngantuk yang berikutnya ialah dengan memilih menu sarapan yang sehat dan tepat. Menu sarapan yang kurang tepat dapat membuatmu merasakan kantuk di siang hari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa memilih makanan-makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah, roti gandum, buah-buahan, dan sayur-sayuran sebagai menu sarapanmu. Proses penyerapan nutrisi dari makanan yang memiliki karbohidrat kompleks berjalan lebih lambat membuatnya menjaga energi lebih lama.

4. Rutin Berjemur di Bawah Sinar Matahari Pagi

Cara mengatasi ngantuk yang berlebihan di siang hari yang berikutnya adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi secara rutin. Sinar matahari pagi memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan karena bisa memberikan berbagai vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Salah satu vitamin yang bisa kita dapatkan ketika berjemur di bawah sinar matahari pagi adalah vitamin D. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, kurangnya asupan vitamin D pada seseorang dapat menyebabkan berbagai masalah tidur, termasuk menyebabkan rasa ngantuk di siang hari.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Ngantuk di Siang Hari

5. Rutin Berolahraga

Anda bisa melakukan olahraga secara rutin sebagai salah satu cara mengatasi ngantuk yang berlebihan di siang hari. Aktivitas olahraga memang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Ketika kita rutin berolahraga, penggunaan oksigen di dalam tubuh menjadi semakin efektif dan optimal, membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan segar untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi rasa kantuk yang berlebihan, anda bisa rutin berolahraga selama kurang lebih 30 menit setiap harinya. Anda bisa melakukan olahraga apa saja yang anda sukai, mau itu bersepeda, berenang, ataupun jenis olahraga lainnya.

6. Bergerak Sejenak Saat Mengantuk

Saat kamu merasa lelah atau mengantuk ketika belajar atau bekerja, kamu bisa mencoba menghilangkan perasaan tersebut dengan cara menggerakkan tubuh anda sejenak. Sebuah penelitian menemukan bahwa berjalan kaki selama 10 menit bisa membantu seseorang untuk menghilangkan rasa kantuk. Berjalan-jalan sebentar dapat membantu meningkatkan semangat yang menurun karena kejenuhan dan rasa lelah akibat terlalu fokus saat bekerja atau belajar.

7. Mengalihkan Pandangan Dari Layar

Terlalu lama memandang layar gadget, baik itu laptop, komputer, tablet, ataupun handphone dapat membuat otot mata menjadi tegang dan menyebabkan mata menjadi lelah (astenopia). Hal ini disebabkan karena otot mata harus terus menerus berkontraksi untuk melihat ke arah dekat.

Mata yang lelah bisa memperberat atau menyebabkan rasa mengantuk. Oleh sebab itu, mengalihkan pandangan mata dari layar gadget sejenak ketika mata sudah lelah dapat membantu kita untuk mengatasi rasa kantuk yang menyerang. Membatasi waktu penggunaan gadget juga baik untuk menjaga kesehatan mata.

8. Mengambil Napas yang Dalam

Mengambil napas yang dalam bisa menjadi salah satu cara mengatasi ngantuk di siang hari. Rasa mengantuk yang kita rasakan bisa disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen ke otak. Dengan mengambil napas yang dalam, anda bisa meningkatkan asupan oksigen yang dibutuhkan oleh otak dan anggota tubuh lainnya, membuatmu merasa lebih segar dan energik. Selain itu, mengambil napas yang dalam sebanyak sepuluh kali dipercaya dapat membantumu untuk mengatasi rasa stres dan cemas yang melanda.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Ngantuk di Siang Hari

9. Mengkonsumsi Camilan Sehat

Mengkonsumsi camilan sehat bisa menjadi salah satu cara mengatasi ngantuk yang efektif. Saat kadar gula darah menurun (hipoglikemia), seseorang bisa menjadi lemas, merasa lelah, mengantuk, hingga merasakan nyeri di kepala. Untuk mengatasi masalah ini, anda bisa beristirahat sejenak dan mengkonsumsi camilan sehat untuk meningkatkan kadar gula dalam tubuh dan membuat tubuhmu menjadi segar kembali. Ada berbagai camilan yang bisa kamu konsumsi, akan tetapi yang terbaik adalah amilan yang kaya akan kandungan serat seperti buah, sayur, dan snack bar.

10. Melakukan Peregangan

Cara mengatasi ngantuk di siang hari yang berikutnya ialah dengan melakukan peregangan. Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, terlalu lama berada pada posisi tertentu seperti duduk dapat membuat aliran darah di dalam tubuh menjadi kurang lancar dan menyebabkan tubuh merasa lelah dan mengantuk. Melakukan peregangan saat bekerja atau belajar membantumu untuk memperlancar aliran darah dan mencegah tubuh merasa lelah ataupun mengantuk.

11. Mengurangi Konsumsi Kafein

Cara mengatasi ngantuk di siang hari yang selanjutnya ialah dengan mengurangi atau membatasi konsumsi kafein setiap harinya. Minuman berkafein seperti kopi dan teh adalah minuman favorit bagi banyak orang untuk membantu mereka berkonsentrasi saat bekerja dan belajar ataupun untuk menghilangkan rasa kantuk. Akan tetapi, terlalu banyak mengkonsumsi kafein bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan yang tidak baik bagi tubuh. Oleh sebab itu, cobalah untuk membatasi konsumsi kafein dan minum cukup air putih untuk menetralisir efek negatif dari zat ini.

12. Cuci Muka dan Mandi Air Dingin

Cara mengatasi ngantuk yang berikutnya adalah dengan menyuci muka ataupun mandi dengan air dingin.. Menyuci muka ataupun mandi dengan menggunakan air dingin memang dikenal efektif untuk menghilangkan rasa kantuk dan lelah pada tubuh, khususnya di pagi hari. Dengan mandi air dingin, aliran darah di dalam tubuh terasa lebih lancar dan membuat tubuh kita terasa lebih segar dan bersemangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS