Sukses

Penyebab Influenza, Jenis, dan Gejalanya yang Harus Diwaspadai

Influenza bisa menimbulkan gejala ringan hingga berat.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab influenza menyebabkan apa yang disebut dengan flu yang sering dialami manusia. Influenza atau flu merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Penyebab influenza bisa menimbulkan gejala ringan hingga berat.

Seringkali, penyebab influenza memicu flu musiman. Penyebab influenza bisa sangat menular karena ia menyebar melalui tetesan pernapasan. Namun, influenza bisa dengan mudah diatasi dengan meringankan gejalanya.

Secara umum, ada 4 tipe virus yang menjadi penyebab influenza. Keempatnya menyebabkan gejala dan tingkat keparahan yang berbeda. Penting juga untuk mengetahui jenis virus penyebab influenza ini.

Berikut penyebab influenza dan jenisnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(19/5/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab influenza

Penyebab influenza adalah virus influenza. Penyebab influenza ini disebabkan oleh virus influenza yang menginfeksi hidung, tenggorokan, dan terkadang paru-paru. Influenza bisa menyebabkan penyakit ringan hingga berat.

Influenza adalah penyakit yang sangat menular. Ia bisa menyebar melalui tetesan pernapasan. Seseorang dapat menularkannya saat berbicara atau melalui kontak fisik, seperti berjabat tangan. Seseorang bisa terkena flu dengan menyentuh permukaan atau benda yang ada virus flu di atasnya dan kemudian menyentuh mulut, mata, atau hidung sendiri.

Melansir WHO, kebanyakan orang sembuh dari demam dan gejala lainnya dalam waktu seminggu tanpa memerlukan perhatian medis. Namun, influenza dapat menyebabkan penyakit parah atau kematian, terutama di antara kelompok berisiko tinggi termasuk yang sangat muda, lanjut usia, wanita hamil, petugas kesehatan, dan mereka yang memiliki kondisi medis serius.

3 dari 5 halaman

Jenis virus penyebab influenza

Melansir CDC, ada empat jenis virus influenza: A, B, C dan D. Virus A, B, dan C menyerang manusia. Sementara virus D menyerang hewan. Berikut penjelasannya:

Virus tipe A

Virus influenza A adalah satu-satunya virus influenza yang diketahui menyebabkan pandemi flu, yaitu epidemi penyakit flu global. Influenza tipe A bisa berbahaya dan diketahui menyebabkan wabah dan meningkatkan risiko penyakit. Burung liar adalah inang alami untuk virus tipe A. Ini sebabnya virus Influenza tipe A kerap disebut flu burung. Infeksi ini juga dapat menyebar ke hewan lain dan manusia. Ini, dikombinasikan dengan kemampuan influenza tipe A untuk bermutasi lebih cepat daripada tipe B, dapat menyebabkan pandemi.

Virus tipe B

Manusia adalah inang alami untuk infeksi tipe B. Virus tipe B bermutasi jauh lebih lambat daripada infeksi tipe A dan dikategorikan berdasarkan strain, tetapi bukan subtipe. Strain virus B membutuhkan waktu lebih lama untuk mengubah susunan genetiknya daripada influenza A. Mirip dengan tipe A, influenza B juga sangat menular dan dapat memiliki efek berbahaya pada kesehatan dalam kasus yang lebih parah.

Virus tipe C

Infeksi virus influenza C umumnya menyebabkan penyakit ringan dan tidak dianggap menyebabkan epidemi pada manusia. Orang pada umumnya tidak menjadi sakit parah akibat virus influenza tipe C. Influenza tipe C mempengaruhi manusia dan beberapa hewan juga. Ini menyebabkan gejala ringan dan sedikit komplikasi.

Virus tipe D

Virus influenza D terutama menyerang ternak dan tidak diketahui menginfeksi atau menyebabkan penyakit pada manusia. Virus influenza D adalah spesies dalam genus virus Deltainfluenzavirus, dalam famili Orthomyxoviridae, yang menyebabkan influenza. Virus influenza D diketahui menginfeksi babi dan sapi.

4 dari 5 halaman

Gejala influenza

Siapa pun bisa terkena flu, tetapi beberapa orang memiliki risiko lebih tinggi untuk terinfeksi. Ini termasuk anak-anak di bawah usia 5 tahun dan orang dewasa berusia 65 tahun ke atas. Gejala influenza bisa datang tiba-tiba.

Pada awalnya, flu mungkin tampak seperti pilek biasa, bersin dan sakit tenggorokan. Gejala influenza dapat meliputi demam tinggi mendadak, sakit kepala, nyeri otot dan nyeri sendi, batuk, panas dingin, hidung tersumbat, kelelahan, hingga mual. Kebanyakan orang sembuh dari flu dalam satu atau dua minggu.

5 dari 5 halaman

Cara mencegah flu

Influenza adalah penyakit yang bisa dicegah. Salah satu cara mencegahnya adalah menerapkan perilaku hidup bersih. Berikut cara mencegah flu:

Hindari kerumunan besar

Flu dapat menyebar dengan cepat di ruang terbatas. Ini termasuk sekolah, tempat kerja, panti jompo, dan fasilitas hidup yang dibantu. Jika memiliki sistem kekebalan yang lebih lemah, kenakan masker wajah setiap kali berada di tempat umum selama musim flu.

Rajin cuci tangan

Karena virus flu bisa hidup di permukaan yang keras, biasakan cuci tangan secara teratur. Ini sangat penting sebelum menyiapkan makanan dan makan. Juga, penting untuk selalu mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi. Saat mencuci tangan, gunakan air sabun hangat dan gosok kedua tangan setidaknya selama 20 detik. Bilas tangan dan keringkan dengan handuk bersih.

Perkuat sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan yang kuat membantu tubuh melawan infeksi. Untuk membangun kekebalan, tidurlah setidaknya 7 hingga 9 jam per malam. Juga, pertahankan rutinitas aktivitas fisik secara teratur - setidaknya 30 menit, tiga kali seminggu. Terapkan juga pola makan sehat dan kaya nutrisi. Batasi gula, junk food, dan makanan berlemak.

Vaksin flu

Vaksinasi flu sangat penting musim ini karena flu. Vaksinasi flu dapat mengurangi gejala yang mungkin muncul karena flu. Vaksin dosis tinggi mengandung sekitar empat kali jumlah antigen sebagai suntikan flu biasa.

Bersihkan dan disinfeksi permukaan

Jika seseorang di rumah terkena flu, kurangi risiko tertular dengan menjaga permukaan di rumah bersih dan didesinfeksi. Ini bisa membunuh kuman penyebab influenza. Gunakan pembersih disinfektan untuk mengelap gagang pintu, telepon, mainan, sakelar lampu, dan permukaan lain yang sering disentuh beberapa kali setiap hari. Orang yang sakit juga harus mengasingkan diri ke bagian tertentu dari rumah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.