Sukses

Kumpulan Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap, Bisa Diamalkan Tiap Hari

Menghafalkan bacaan doa selamat dunia akhirat bisa diamalkan setiap hari demi meminta perlindungan kepada Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Doa selamat dapat kamu baca saat akan bepergian ke suatu tempat supaya terhindar dari marabahaya. Setiap umat manusia selalu memohon keselamatan setiap akan melakukan perjalanan atau melakukan berbagai aktivitas.

Semua umat muslim tentu menginginkan agar dirinya masing-masing bisa diselamatkan dari kejahatan atau keburukan. Bukan hanya selamat di dunia tapi juga bisa selamat kelak di akhirat nanti.

Menghafalkan bacaan doa selamat dunia akhirat bisa diamalkan setiap hari demi meminta perlindungan kepada Allah SWT. Bacaan doa selamat dunia akhirat bisa kamu lafalkan setelah salat lima waktu atau sebelum berpergian.

Berikut kumpulan doa selamat dunia akhirat lengkap dengan artinya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (12/4/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kumpulan Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat

1. Doa Selamat Dunia Akhirat

Demi memperoleh keselamatan di dunia dan akhirat, tidak ada salahnya untuk selalu membaca doa selamat dunia akhirat. Doa selamat dunia akhirat ini bisa dibaca usai selesai menjalankan ibadah sholat. Adapun doa selamat dunia akhirat adalah sebagai berikut:

Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa 'aafiyatan fil jasad, wa ziyadatan fil 'ilmi, wabarokatan dir rizqi, wa taubatan qoblal maut, warohmatan indal maut, wa maghfirotan ba'dal maut. Allaahumma hawwin 'alainaa fii sakarootil maut, wan najaata minan naar, wal 'afwa indal hisaab.

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, tobat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut. Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab."

2. Doa Pendek Memohon Keselamatan

Tidak hanya doa selamat dunia akhirat di atas saja, terdapat doa pendek untuk memohon keselamatan. Tentu saja, doa ini lebih mudah untuk dihafalkan. Berikut doa pendek memohon keselamatan:

Allahumma antassalam, wa minkassalam, wa ilaika ya'uudussalam, fahayyina robbana bissalam, wa adkhilnal jannata daarossalam, tabarokta robbana wa ta'aalayta, yaa dzal jalaali wal ikram.

Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang mempunyai kesejahteraan, dari-Mu kesejahteraan itu, kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukkanlah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang maha Tinggi, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

3. Doa Selamat yang Dibaca Nabi Luth AS

Dalam Al-Qur’an terdapat kisah Nabi Luth AS yang dijelaskan oleh Allah SWT. Nabi Luth AS juga pernah berdoa kepada Allah SWT agar terhindar dari orang-orang zalim. Sebagaimana dalam surat As-Syu’ara ayat 169:

Robbi najjinii wa ahlii mimmaa ya'maluun.

Artinya: "Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan." (QS. As-Syu’ara).

3 dari 4 halaman

KumpulanBacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat

4. Doa Selamat yang Dibaca Nabi Musa AS

Selain Nabi Luth AS, Allah SWT juga mengisahkan tentang Nabi Musa AS dalam Al-Qur’an. Nabi Musa AS pernah berdoa agar terhindar dari tipu daya orang kafir saat Firaun berkuasa. Sebagaimana dalam surat Yunus ayat 85 -86:

Rabbana la taj'alna fitnatan lil qaumidz dzalimina wanajjina birahmatika minal qaumil kafirin.

Artinya: "Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sebagai sasaran penganiayaan oleh kaum yang berlaku dzalim. Wahai Tuhan, selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari siksaan kaum yang kafir." (QS. Yunus: 85-86).

5. Doa Selamat dari Kedengkian

Doa selamat dari kedengkian yang terdapat pada surat Al-Hasyr ayat 10,

Robbanaghfirlana wa li ikhwaaninalladzina sabaquuna bil iiman, walaa taj’al fii quluubina ghillal lilladzina aamanu, robbanaa innaka rauufurrahiim.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosa-dosa kami dan dosa-dosa saudara kamu yang telah mendahului kami dengan keadaan beriman, Dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami kepada orang-orang yang beriman. Ya Allah, sungguh Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Hasyr: 10).

6. Doa Selamat dari Orang Zalim

Berikut doa selamat dari orang zalim, yaitu:

Robbi najjinii minal qoumidh dholimiin.

Artinya: "Ya Allah, selamatkanlah dan lindungilah aku dari orang-orang yang zalim itu."

4 dari 4 halaman

Kumpulan Bacaan Doa Selamat Dunia dan Akhirat

7. Doa Pendek Memohon Keselamatan Lainnya

Selain doa selamat pendek di atas, terdapat doa pendek untuk memohon keselamatan. Tentu saja, doa ini lebih mudah untuk dihafalkan. Berikut doa pendek memohon keselamatan:

Allahumma innii a-'uudzubika min jahdil balaa-i, wa darakisy syaqaa-i, wa suu-il qadhaa-i, wa syamaatatil a'daa-i.

Artinya:"Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari susahnya bala (bencana), hinanya kesengsaraan, keburukan qadha' (takdir), dan kegembiraan para musuh." (HR. Al-Bukhari no. 6347, 6616 dan Muslim no. 2707)

8. Doa Pendek Memohon Keselamatan Lainnya

Selain doa selamat pendek di atas, terdapat doa pendek untuk memohon keselamatan. Tentu saja, doa ini lebih mudah untuk dihafalkan. Berikut doa pendek memohon keselamatan:

Rabbanā, ātinā fid dunyā hasanah, wa fil ākhirati hasanah, wa qinā 'adzāban nār.

Artinya:

"Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.