Sukses

Apa itu Paris Fashion Week? Ketahui Sejarah, Jadwal, dan Popularitasnya

Liputan6.com, Jakarta Apa itu Paris Fashion Week baru-baru ini menarik perhatian masyarakat. Tahun ini, Paris Fashion Week digelar pada 28 Februari sampai 8 Maret 2022. Paris Fashion Week tiap tahun selalu berhasil memukau banyak pencinta mode. 

Apa itu Paris Fashion Week merupakan ajang bergengsi mode dunia. Paris terkenal sebagai kota mode. Paris menjadi tempat lahirnya fashion show pertama yang kemudian dikenal dengan Fashion Week atau Pekan Mode. Di sini, rangkaian karya desainer terkenal ditampilkan di depan banyak pasang mata.

Ada banyak brand ternama yang turut tampil di Paris Fashion Week. Brand ini seperti Louis Vuitton, Dior, Saint Laurent, Balenciaga, dan banyak lagi. Menariknya lagi, dua brand fashion asal Indonesia yaitu Sean Sheila dan Jewel Rocks Bijoux berhasil menembus panggung bergengsi ini.

Seperti apa sebenarnya Paris Fashion Week dan sejarahnya? Berikut penjelasan tentang apa itu Paris Fashion Week, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(11/3/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Apa itu Paris Fashion Week?

Paris Fashion Week adalah rangkaian presentasi desainer yang diadakan setiap dua tahun sekali di Paris, Prancis. Meskipun Fashion Weeks sekarang diadakan di seluruh dunia, ibu kota mode Prancis adalah tempat dimulainya peragaan busana. Setiap tahun, Paris menyambut para elit mode untuk menyaksikan karya-karya desainer berbakat.

Sebutan resmi dari Paris Fashion Week adalah "Semaine des Créateurs de Mode". Tapi, Paris Fashion Week (atau PFW) adalah sebutan yang paling umum digunakan. Acara ini merupakan pertemuan yang tidak dapat dilewatkan bagi semua pencinta mode, baik di Prancis maupun di seluruh dunia.

Paris Fashion Week diselenggarakan oleh Federasi Mode Prancis. Acara di Paris Fashion Week dibagi menjadi 3 kategori: Pakaian Pria, Haute Couture dan Ready-to-wear. Pekan mode ini mencakup lebih dari 100 pertunjukan yang menampilkan rumah mode papan atas seperti Chanel, Christian Dior atau Yves Saint Laurent, serta desainer berbakat lainnya.

3 dari 5 halaman

Empat Fashion Week terbesar

Ada empat pekan mode penting, yang sering disebut sebagai "4 Besar" Fashion Mode. Ini meliputi New-York, Paris, London, dan Milan. Pekan Mode ini dimulai di New York, diikuti oleh London, dan kemudian Milan dan berakhir di Paris. Bersama dengan New York, London dan Milan, Paris Fashion Week adalah puncak dari kerja berminggu-minggu bagi para desainer.

Keempat pekan mode ini adalah yang paling terkenal di seluruh dunia. Pekan ini menarik pembeli, media, selebritas, model papan atas, dan desainer yang dengan bangga mempersembahkan koleksi terbaru mereka.

4 dari 5 halaman

Sejarah Paris Fashion Week

Paris Fashion Week diawali ketika Charles Fredrick Worth pertama kali mempresentasikan koleksi barunya pada model langsung. Worth berperan penting dalam menyiapkan panggung untuk industri mode Prancis. Saat itulah istilah "haute couture" mulai digunakan, tetapi hanya oleh mereka yang pantas mendapatkannya.

Dengan Prancis di bawah pendudukan Nazi selama Perang Dunia II, peragaan busana semacam ini mulai diadakan di Amerika Serikat. Pada tahun 1943, New York Fashion Week, awalnya disebut "Press Week," lahir. Italia mengikutinya, pertama di Milan pada tahun 1958 dan kemudian di Florence pada tahun 1972. London Fashion Week dimulai pada tahun 1984.

Seiring waktu, pesta penuh gaya ini menjadi lebih megah dan canggih, berubah menjadi peragaan busana lengkap, lengkap dengan desain set, musik, dan tentu saja, paparazzi. Melansir Vogue UK, Paris Fashion Week resmi pertama berlangsung pada 1973 dengan pembentukan Fédération Française de la Couture, dan dibuka dengan Battle of Versailles Fashion Show atau "Pertempuran Versailles".

Di Istana Versailles yang megah, desainer Amerika baru Oscar de la Renta, Anne Klein, Bill Blass, Halston, dan Stephen Burrows berkompetisi melawan master Prancis, Yves Saint Laurent, Hubert de Givenchy, Pierre Cardin, Emanuel Ungaro, dan Marc Bohan dari Christian Dior. Acara ini kemudian membentuk Paris Fashion Week resmi di mana Haute Couture, Ready-to-Wear, dan Men's Fashion menjadi pusat perhatian.

5 dari 5 halaman

Kapan Paris Fashion Week berlangsung?

Paris Fashion Week berlangsung dua kali setahun dengan edisi Musim Semi/Musim Panas dan edisi Musim Gugur/Musim Dingin. Tanggal pasti PFW ditentukan oleh Fédération de la Haute Couture et de la Mode. Koleksi Haute-Couture selalu dihadirkan sebelum koleksi ready-to-wear yang mewakili separuh dari pertunjukan.

Untuk waktu yang lama, pertunjukan Paris Fashion Week telah berlangsung terutama di Carrousel du Louvre. Dilansir di laman resmi PFW, berikut jadwal Paris Fashion Week 2022:

- Pakaian pria Pria Musim Gugur/Musim Dingin: dari Selasa, 18 Januari hingga Minggu, 23 Januari 2022

- Haute Couture Pria Musim Gugur/Musim Dingin: dari Senin, 24 Januari hingga Kamis, 27 Januari 2022

- Pakaian Wanita Pria Musim Gugur/Musim Dingin dari Senin, 28 Februari hingga Selasa, 8 Maret 2022

- Pakaian pria Musim Semi/Musim Panas dari Selasa, 21 Juni hingga Minggu, 26 Juni 2022

- Haute Couture Musim Semi/Musim Panas dari Senin, 4 Juli hingga Kamis, 7 Juli 2022

- Pakaian Wanita Musim Semi/Musim Panas dari Senin, 26 September hingga Selasa, 4 Oktober 2022

Selama Fashion Week itu sendiri, seratus pertunjukan dan acara juga berlangsung di berbagai tempat di seluruh kota, seperti pertunjukan Chanel by Karl Lagerfeld yang ikonik, yang telah berlangsung di Grand Palais selama beberapa tahun.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS