Sukses

Kooperatif Adalah Sikap yang Menunjukkan Kerjasama, Ketahui Tujuannya

Kooperatif adalah sikap yang menunjukkan kerjasama, tidak melakukan penentangan terhadap suatu sikap individu maupun golongan tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Kooperatif adalah sikap yang menunjukkan kerjasama, tidak melakukan penentangan terhadap suatu sikap individu maupun golongan tertentu. Secara etimologi, kooperatif berasal dari bahasa Latin cooperarl yang berarti ‘bekerja sama’.

Sedangkan secara umum, pengertian kooperatif adalah suatu kegiatan di mana tiap individu dapat bekerja sama dalam suatu hal untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam hal ini, kerjasama dalam bidang apapun termasuk hukum.

Sikap kooperatif yang ditunjukkan dengan kerjasama dapat memberikan keuntungan bagi suatu organisasi dan berpengaruh baik pada para anggotanya. Seperti terjalinnya kerjasama dan komunikasi diantara para anggota akan membantu seseorang untuk dapat membuat keputusan dengan baik.

Berikut ini ulasan mengenai pengertian kooperatif beserta tujuan, ciri-ciri, dan manfaatnya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (22/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian Sikap Kooperatif

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian kooperatif adalah sikap kerjasama antar individu maupun kelompok yang bersedia membantu apapun. Sementara dalam Cambridge Dictionary, kooperatif adalah bersedia untuk membantu atau melakukan apa yang orang tanya dan perintah. Dalam hal ini, menunjukkan suatu kesediaan untuk bertindak atau bekerja bersama-sama untuk tujuan bersama. Sedangkan dalam Collins Dictionary, kooperatif adalah dapat bersepakat untuk bekerja sama untuk meredakan ketegangan, dan melakukan apa yang orang minta tanpa mengeluh atau berdebat. Dengan begitu dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian sikap kooperatif adalah salah satu sikap yang menunjukkan sikap untuk mau bekerja sama dengan orang lain, saling berbagi, saling membantu satu sama lain tanpa adanya rasa mengeluh ataupun berdebat yang menyebabkan kedua belah pihak merasa tidak nyaman.

3 dari 5 halaman

Karakteristik Sikap Kooperatif

Kooperatif memiliki ciri-ciri yang mendasar. Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri atau karakteristik sikap kooperatif adalah:

1. Menerima perbedaan tiap Individu dalam sebuah kelompok

Ciri-ciri sikap kooperatif yang pertama adalah menerima perbedaan tiap Individu dalam sebuah kelompok. Hal ini sangat penting karena setiap individu memiliki pemikiran, kemampuan, dan latar belakang berbeda. Untuk menyatukannya, pemahaman tentang penerimaan perbedaan menjadi penting.

2. Mengutamakan tujuan untuk kelompok

Selanjutnya, ciri-ciri sikap kooperatif adalah mengutamakan tujuan untuk kelompok. Hal ini sesuai dengan pengertian kooperatif adalah kerja sama untuk mencapai tujuan. Bentuk dari mengutamakan tujuan tentu saja dengan meningkatkan kerja sama dalam kelompok.

3. Melengkapi kekurangan tiap individu dalam kelompok

Selanjutnya, ciri-ciri sikap kooperatif adalah melengkapi kekurangan tiap individu dalam kelompok. Hal ini sangat penting agar proses interaksi dan kerja sama dalam kelompok bisa berjalan dengan baik. Melengkapi kekurangan lebih baik daripada menonjolkan kelebihan.

4 dari 5 halaman

Tujuan Kooperatif

Sikap kooperatif tentunya memiliki tujuan. Berikut ini terdapat beberapa tujuan dari sikap kooperatif adalah:

1. Membuat Individu mampu menerima kekurangan orang lain

Tujuan sikap kooperatif yang pertama adalah membuat setiap individu bisa menerima kekurangan orang lain. Hal ini sangat penting karena dalam kelompok setiap individu memiliki latar belakang dan pemikiran yang berbeda. Adanya sikap menerima ini membuat kerja sama akan menjadi lebih lancar.

2. Meningkatkan keterampilan sosial

Tujuan sikap kooperatif selanjutnya adalah meningkatkan keterampilan sosial. Kooperatif terjadi karena adanya kerja sama. Adanya kerja sama tentu tidak lepas dari keterampilan sosial yang perlu ditingkatkan.

3. Mencapai hasil yang diinginkan dengan mudah

Tujuan sikap kooperatif yang terakhir adalah membuat hasil yang diinginkan bisa dicapai dengan mudah. Hal ini menjadi tujuan utama dalam kooperatif yang bisa diwujudkan dengan adanya kerja sama dalam kelompok.

5 dari 5 halaman

Manfaat Sikap Kooperatif

Setelah mengetahui pengertian, karateristik, hingga tujuannya. Berikut ini terdapat beberapa manfaat sikap kooperatif adalah:

1. Termotivasi untuk Bekerja sama

Manfaat kooperatif yang pertama adalah setiap individu dalam kelompok termotivasi untuk bekerja sama. Motivasi untuk kerja sama dalam kelompok tentu akan lebih baik daripada motivasi bersaing sendiri-sendiri.

2. Menghargai Tiap Individu

Selanjutnya, manfaat sikap kooperatif adalah adanya sikap menghargai setiap individu. Setiap individu akan memahami bagaimana kemampuan orang lain yang ada dalam suatu kelompok. Hal ini akan membuat setiap individu memiliki kesempatan yang sama ketika berdiskusi dalam kelompok.

3. Setiap Individu Aktif dalam Memecahkan Permasalahan

Manfaat sikap kooperatif yang berikutnya adalah setiap individu bisa lebih aktif untuk memecahkan suatu permasalahan. Hal ini tentu saja membuat setiap individu dalam kelompok memiliki kesempatan yang sama untuk mengutarakan pemikirannya. Dengan berbagai pemikiran, masalah yang ada akan segera teratasi.

4. Membuat Individu menghargai Proses

Manfaat sikap kooperatif yang lainnya adalah setiap individu mampu menghargai proses. Proses menjadi hal terpenting karena setiap individu di dalam kelompok akan merencanakan sesuatu hingga melakukan evaluasi untuk mencapai tujuan dan menyelesaikan masalah. Menghargai proses lebih baik daripada memperoleh hasil secara langsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.