Sukses

Pengertian Sinopsis dalam Sebuah Karya, Ketahui Cara Membuatnya

Sinopsis sangat berperan dalam memperkenalkan sebuah karya.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian sinopsis merupakan pengetahuan penting dalam penulisan. Sinopsis biasanya sering dibaca sebelum membeli buku, menonton film, atau pertunjukan. Pengertian sinopsis sangat berperan dalam memperkenalkan sebuah karya.

Sinopsis yang baik akan mudah menarik pembaca atau penonton. Ini sebabnya, penting memahami pengertian sinopsis bagi para penulis. Pengertian sinopsis juga sangat berguna bagi pembaca. Sinopsis adalah tulisan yang sebenarnya membantu buku diterbitkan atau film atau serial TV dibuat.

Pengertian sinopsis bisa dijabarkan menurut bahasa dan para ahli. Dengan memahami pengertian sinopsis, akan lebih mudah untuk menulisnya. Berikut pengertian sinopsis dan cara membuatnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(21/09/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Pengertian sinopsis menurut bahasa

Menurut KBBI, sinopsis adalah ikhtisar karangan yang biasanya diterbitkan bersama-sama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu. Pengertian sinopsis secara singkat adalah ringkasan cerita yang berisi cuplikan seluruh adegan sehingga membentuk tema cerita.

Sinopsis berasal dari kata synopical yang berarti ringkas. Sinopsis merupakan ringkasan atau garis besar dari sebuah cerita panjang atau naskah.

3 dari 8 halaman

Pengertian sinopsis menurut ahli

Carpenter

Menurut Carpenter, pengertian sinopsis adalah teks yang berisi kalimat naratif, penjelasan tentang masalah atau plot, karakter, dan bagaimana buku atau novel berakhir. Sinopsis berisi rangkuman tentang apa yang terjadi dan siapa yang berubah dari awal hingga akhir cerita.

Haryanta

Sinopsis adalah ikhtisar karangan yang biasanya diterbitkan bersama dengan karangan asli yang menjadi dasar sinopsis itu. Ini berupa ringkasan atau abstraksi.

Susanto

Sinopsis secara umum diartikan sebagai ringkasan suatu buku atau teks. Sinopsis dalam sastra merujuk pada ringkasan karya sastra. Sinopsis disusun berdasarkan urutan kronologis peristiwa dalam teks sehingga terlihat urutan cerita.

Komaruddin

Sinopsis dalam arti umum, suatu pernyataan yang singkat atau garis besar. Sinopsis bukan kesimpulan karangan.

4 dari 8 halaman

Pengertian sinopsis secara umum

Pengertian sinopsis secara umum adalah ringkasan singkat yang memberikan gambaran kepada audiens tentang sebuah karya. Sinopsis memberikan gambaran tentang alur cerita atau poin utama dan faktor penentu lainnya dari karya tersebut. Ini bisa termasuk gaya, genre, orang atau karakter catatan, latar, dan sebagainya.

Pengertian sinopsis adalah ringkasan dari sebuah karta yang membuat pembaca terbiasa dengan plot dan bagaimana hal itu diungkapkan. Sinopsis biasanya ditulis untuk menggambarkan sebuah buku fiksi atau nonfiksi, makalah akademis, artikel jurnal dan surat kabar, film, acara TV, dan bahkan video game.

Di bidang penerbitan, sinopsis bisa menjadi proposal untuk sebuah artikel atau buku. Dalam penulisan feature dan bentuk nonfiksi lainnya, sinopsis juga dapat merujuk pada rangkuman singkat dari suatu argumen atau peristiwa polemik.

5 dari 8 halaman

Isi sinopsis

Detail dan informasi yang diungkapkan dalam sinopsis tergantung pada tujuannya. Misalnya, penulis sering kali perlu memberikan sinopsis panjang saat mengusulkan buku, artikel, atau karya kepada penerbit atau editor potensial. Dalam hal ini, sinopsis akan menyertakan gambaran plot lengkap (yang mencakup pengungkapan bagian akhir), tanda-tanda perkembangan karakter, penjelasan mendetail tentang tema dan tone, dan sebagainya.

Ada juga sinopsis yang bertujuan untuk membujuk audiens. Misalnya, sinopsis sebuah film yang menggambarkan gambaran umum alur film dan membuat penonton penasaran untuk menontonnya.

6 dari 8 halaman

Fungsi sinopsis

Sinopsis adalah tulisan yang sangat berharga dan perlu bagi penulis, pembuat film, produser TV, penulis akademis, dan banyak lainnya. Sinopsis membantu sebuah karya mendapat tempat dan kemudian membantu mereka menjangkau audiens yang tepat. Berikut fungsi sinopsis pada suatu karta:

- Sinopsis membantu buku diterbitkan atau film atau serial TV dibuat. Sinopsis yang ditulis dengan baik akan dapat meyakinkan orang yang bertanggung jawab atas publikasi atau produksi untuk menghidupkan sebuah karya.

- Sinopsis menarik perhatian audiens potensial dan dapat meyakinkan mereka untuk membaca, menonton, atau mendengarkan sebuah karya. Sinopsis juga membantu para peresensi menemukan apa yang mereka cari dan memutuskan apakah sebuah karya punya kualitas atau tidak.

7 dari 8 halaman

Cara membuat sinopsis

Kumpulkan informasi utama

Saat menulis sinopsis, penting untuk mengumpulkan informasi utama dalam sebuah karya. Ini seperti judul, pengarang, alur cerita, penokohan, dan berbagai latar. Kamu harus membaca atau menonton keseluruhan buku atau film untuk mengetahui informasi-informasi ini.

Mencatat gagasan pokok

Pada novel atau karya tulis lainnya, kamu bisa mencari gagasan pokok. Catat informasi penting ini yang nantinya bisa dikembangkan sebagai sinopsis. Pada film atau karya visual lainnya, kamu bisa mencatat adegan atau cerita penting yang kamu saksikan.

8 dari 8 halaman

Cara membuat sinopsis

Mengembangkan gagasan dan menuliskannya

Ketika sudah mendapat gagasannya, kamu bisa mulai mengembangkannya ke dalam sebuah kalimat dan menuliskannya. Gunakan kalimat yang padat, efektif, dan menarik untuk merangkai jalan cerita menjadi sebuah karangan singkat yang menggambarkan karangan asli. Dialog dan monolog tokoh cukup ditulis isi atau dicari garis besarnya.

Sorot apa yang unik

Sekarang saatnya mempercantik sinopsis dengan menyoroti elemen-elemen yang membuatnya unik. Kamu bisa memasukkan plot twist, keunikan karakter, atau keunikan tempat. Jika novel atau karya memuat satu atau beberapa plot twist ini, terutama pada klimaksnya, pastikan sinopsis menonjolkan hal itu. Sinopsis tidak boleh menyimpang dari jalan cerita dan isi dari keseluruhan cerita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.