Sukses

Blogspot adalah Platform Blog, Ketahui Cara Membuatnya

Blogspot jadi andalan banyak orang untuk ber-blogging ria.

Liputan6.com, Jakarta Blogspot adalah salah satu platform blog yang populer. Blog adalah jenis situs web di mana konten disajikan dalam urutan kronologis terbalik. Konten blog sering disebut sebagai entri atau “posting blog”.

Salah satu penyedia situs blog adalah Blogger yang memiliki subdomain blogspot.com. Blogspot adalah tempat banyak orang di seluruh dunia berbagi informasi dalam bentuk blog. Blogspot adalah penyedia layanan blog gratis yang bisa diakses siapa saja.

Blogspot adalah jenis blog yang sederhana dan mudah dikelola bagi pemula. Saat ini Blogspot adalah layanan yang dikelola oleh Google. Tak ayal, Blogspot adalah andalan banyak orang untuk ber-blogging ria. Bermain Blogspot adalah pilihan bagus bagi kamu yang suka menuangkan ide atau pengalaman dalam bentuk tulisan.

Berikut penjelasan mengenai apa itu Blogspot dan cara membuatnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(9/08/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa itu Blogspot

Blogspot adalah subdomain yang dimiliki oleh penyedia layanan blog, Blogger. Masyarakat sering menyebut blog ini sebagai Blogspot atau Blogger. Blogger adalah platform penerbitan gratis, sedangkan BlogSpot adalah penyedia layanan domain gratis. Keduanya dimiliki oleh Google dan digunakan bersama di platform Blogger. Coba masukkan URL: blogspot.com dan kamu akan berakhir di URL: blogger.com.

Saat membuat blog di Blogger, kamu akan otomatis mendapatkan domain BlogSpot. Tetapi kamu tidak harus menggunakan domain BlogSpot, kamu juga dapat menambahkan domain khusus dengan bayaran tertentu.

Blogger pertama kali diluncurkan oleh Pyra Labs pada 1999 yang kemudian diakuisisi oleh Google pada 2003. Blogspot adalah salah satu penyedia layanan blog gratis terbesar dengan kurang lebih 200 juta pengguna.

Blog sendiri adalah jenis situs web di mana konten disajikan dalam urutan kronologis terbalik (konten yang lebih baru muncul lebih dulu). Blog biasanya dijalankan oleh individu atau sekelompok kecil orang untuk menyajikan informasi tertentu. Konten blog sering disebut sebagai entri atau “posting blog”.

3 dari 5 halaman

Sejarah perkembangan Blogspot

Aktivitas blogging mulai dikenal pada pertengahan 90-an. Dahulu, pengguna blog menggunakan blog sebagai pengganti buku harian atau jurnal online. Pada saat itu, pengguna internet sudah menjalankan halaman web pribadi di mana mereka menerbitkan pembaruan rutin tentang kehidupan pribadi, pemikiran, dan komentar sosial mereka.

Istilah web log pertama kali digunakan pada akhir tahun 90-an, yang kemudian menjadi 'weblog', lalu 'we blog', dan akhirnya hanya 'blog'. Pada tahun 1999, situs web blogging populer Blogger.com diluncurkan, yang kemudian diakuisisi oleh Google pada Februari 2003.

Akuisis oleh Google ini membuat Blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Pada Mei 2007, Blogger telah sepenuhnya pindah ke server yang dioperasikan Google. Pada September 2009, Google memperkenalkan fitur baru sebagai bagian dari perayaan ulang tahunnya yang kesepuluh. Fitur tersebut meliputi tampilan baru untuk menulis post, penyempurnaan penanganan gambar, dan implementasi berbasis Google Docs lainnya.

Pada 2010, Blogger memperkenalkan templat baru dan mendesain ulang situs webnya. Pada akhir 2016, Blogger tersedia dalam 60 bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Pada bulan Februari 2013, Blogger mulai mengintegrasikan blog pengguna dengan beberapa URL khusus negara. Misalnya, "exampleuserblogname.blogspot.com" akan secara otomatis dialihkan ke "exampleuserblogname.blogspot.ca" di Kanada, "exampleuserblogname.blogspot.co.uk" di Inggris.

4 dari 5 halaman

Cara membuat Blogspot di PC

Bagi kamu yang ingin memulai blogging, Blogspot adalah pilihan mudah untuk belajar. Cara membuat Blogspot juga terbilang praktis dan mudah. Membuat Blogspot bisa dilakukan di PC atau di ponsel sekalipun. Kamu cukup memiliki email atau akun Google untuk bisa membuat Blogspot. Berikut cara membuat Blogspot di PC:

1. Buka halaman browser. pada PC atau laptop kemudian ketikan alamat www.blogger.com pada kolom alamat website.

2. Setelah muncul halaman blogger.com kamu bisa mengklik pada tombol create your blog untuk memulai membuat blog baru.

3. Selanjutnya kamu bisa menuliskan alamat email dan juga password untuk membuat akun Blogspot. Cukup masukkan alamat Gmailmu karena blogspot langsung menghubungkan dengan data yang ada pada akum gmail.

4. Setelah masuk pada akun blogger.com, kamu akan diarahkan untuk mengisi profil pada blog. Jika kamu tidak ingin melengkapinya, kamu bisa mengisinya di lain kesempatan.

5. Pada halaman profil, kamu bisa langsung menuju dashboard untuk mengatur tampilan awal pada blog yang akan kamu buat. Pada dashboard ini kamu bisa untuk menuliskan judul serta alamat blog dan juga tema yang ada.

6. Selanjutnya pilih alamat blog sesuai keinginan. Jika kamu ditawari untuk membeli sebuah domain, jika kamu ingin domain gratis, kamu bisa menolak pembelian domain dengan mengklik No Thanks yang ada pada layar.

7. Langkah selanjutnya kamu akan menuju dashboard untuk mengatur blog dan juga menuliskan isi blog milik kamu. Kemudian kamu bisa mengklik publish jika telah selesai menulis isi blog.

8. Terakhir jika kamu ingin melihat bagaimana tampilan postingan tulisan kamu pada blog, kamu bisa mengklik visit blog ataupun mengetik alamat blog yang kamu buat.

5 dari 5 halaman

Cara membuat Blogspot di Ponsel

Berikut cara membuat Blogspot di Ponsel:

1. Unduh aplikasi Blogger di Play Store atau App Store.

2. Masukkan alamat gmail untuk membuat akun Blogspot.

3. Selanjutnya ialah lakukan sign up dengan memasukan alamat email dan juga password yang kamu miliki.

4. Setelah berhasil masuk pada aplikasi tersebut, kamu bisa untuk mulai mengisi profil yang ada sesuai dengan keinginan dan juga arahan pada halaman edit profil. Selanjutanya kamu bisa memilih buat blog baru.

5. Setelah menampilkan halaman buat blog baru, kamu bisa menuliskan alamat blog. Harus kamu perhatikan saat mengisi alamat blog ini, kamu harus menuliskannya dengan nama yang belum pernah dipakai oleh pengguna lainnya.

6. Jika sudah menuliskan alamat dan juga judul blog kamu bisa untuk memilih desain template yang sesuai dengan keinginan kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.