Sukses

Cara Daftar Gmail dari Berbagai Perangkat, Mudah dan Cepat

Daftar Gmail sangat mudah dan cepat.

Liputan6.com, Jakarta Cara daftar Gmail tak memerlukan waktu yang lama. Gmail merupakan layanan email milik Google. Akun Gmail menjadi bagian penting, terutama bagi pengguna Android.

Setiap pengguna ponsel Android diharuskan memiliki akun Gmail untuk mengintergrasikan fitur-fitur yang ada. Ini sebabnya penting mengetahui cara daftar Gmail untuk membuka akun.

Akun Gmail berguna untuk menghubungkan perangkat dengan fitur-fitur google seperti Google Drive, Google Chrome, Play store, Youtube, dan masih banyak lagi. Cara daftar Gmail bisa dilakukan melalui ponsel dan komputer.

Cara daftar Gmail sangat mudah dan cepat. Cara daftar Gmail juga tak cuma berguna untuk pengguna Android. Gmail yang banyak digunakan sebagai layanan email gratis juga penting dimiliki. Cara daftar Gmail ini bisa membantumu memiliki email yang penting untuk pekerjaan, belajar, atau bisnis.

Berikut cara daftar Gmail di berbagai perangkat, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (30/7/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara daftar Gmail di komputer

1. Buka browser lalu masuk ke https://accounts.google.com/signup. Saat membuat Akun Google, Google akan memintamu mengisi informasi seperti nama depan, nama belakang, username, dan password.

2. Pada isian setelah nama, kamu akan diminta untuk menuliskan username, kamu dapat memilih sendiri apa usernamemu.

3. Jika ternyata terdapat tulisan That username is taken. Try another. Ada beberapa kemungkinan hal ini terjadi, antaranya:

-Username yang kamu buat sudah digunakan orang lain

-Username yang kamu buat sangat mirip dengan nama pengguna yang sudah ada (misalkan, jika contoh@Gmail.com sudah ada, kamu tidak dapat menggunakan cont0h@Gmail.com)

-Username sama seperti nama pengguna yang pernah dipakai seseorang, yang kemudian telah dihapus

-Tidak disediakan oleh Google untuk mencegah spam atau penyalahgunaan

Jika menemui hal semacam ini kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka atau mencoba username yang lain.

6. Klik next dan Isi semua kolom yang belum terisi dengan data yang benar. Lalu kamu diminta untuk mengisi tanggal lahir dan jenis kelamin. Selain itu data yang diminta seperti nomor HP dan akun recovery bersifat opsional.

7. Klik Next Step, akan muncul agreement, atau kotak persyaratan, klik pada I Agree.

8. Kamu telah berhasil daftar Gmail sekarang. Akun Gmail sudah siap digunakan.

3 dari 5 halaman

Cara daftar Gmail di ponsel

Cara daftar Gmail di ponsel pada dasarnya sama seperti cara daftar Gmail di komputer.

1. Cari menu setting atau pengaturan di HP.

2. Cari menu account atau akun.

3. Pilih add account atau tambah akun.

4. Cari ikon google.

5. Akan muncul pilihan sign in dan create a new account.

6. Pilih create a new account.

7. Isi nama depan dan nama belakang.

8. Klik next.

9. Lalu isi tanggal lahir dan jenis kelamin.

10. Klik next.

11. Pilih nama sebagai username.

12. Klik next.

13. Jika ternyata terdapat tulisan "That username is taken. Try another" Itu tkamunya orang lain telah memakai username yang kamu pilih.

14. Kamu bisa mengakalinya dengan menambah angka.

15. Klik next.

16. Selanjutnya adalah memilih password. Minimal 8 karakter, bisa menggunakan huruf kecil, besar, angka, dan karakter unik. Jangan sampai lupa. Samakan isian kolom atas dengan bawah.

17. Klik next.

18. Langkah selanjutnya adalah tidak wajib diisi. Jika kamu ingin mengisinya kemudian klik next. Jika tidak, kamu klik skip.

19. Akan muncul kotak Privacy and Terms.

20. Klik I Agree.

21. Setelahnya akan ada konfirmasi username dan password.

22. Klik Next.

13. Kemudian muncul pilihan pembayaran. kamu bisa melewatinya dengan pilih No Thanks, lalu klik Next.Aplikasi akan memproses. Setelah itu kamu akan mendapat pemberitahuan yang mengatakan bahwa kamu telah memiliki akun Gmail baru.

14. Dengan daftar Gmail, kamu akan dengan semakin mudah mengakses layanan lain seperti YouTube, Google, dan Play Store. Oleh karena itu buatlah akun email di Gmail dengan cara di atas.

4 dari 5 halaman

Jenis email gratis selain Gmail

Outlook Mail

Outlook Mail adalah layanan email gratis Microsoft. Seperti Gmail, Outlook memiliki antarmuka yang solid yang mudah digunakan. Outlook menawarkan 15 GB penyimpanan gratis untuk setiap pengguna. Kamu dapat menghubungkan Skype, Facebook, PowerPoint, PayPal, dan bahkan perangkat lunak manajemen tugas seperti Trello.

Yahoo Mail

Yahoo Mail adalah akun email gratis yang ditawarkan oleh Yahoo. Setiap pengguna baru mendapat penyimpanan gratis 1 TB. Selain tema latar belakang khusus dan kemampuan untuk mencari informasi kunci dari kotak masuk, Yahoo! Mail juga memudahkan untuk menemukan setiap foto, video, dan dokumen yang pernah kamu lampirkan atau terima melalui email.

5 dari 5 halaman

Jenis email gratis selain Gmail

 AOL Mail

AOL Mail adalah opsi akun email gratis lainnya. America Online (AOL) merupakan alah satu penyedia internet dial-up paling populer di dunia. AOL memiliki sesuatu di atas Gmail yaitu penyimpanan tidak terbatas.

ProtonMail

Perbedaan utama antara ProtonMail dan layanan email lainnya di atas adalah bahwa layanan ini berpusat pada enkripsi. Artinya kamu dapat mengirim email tanpa rasa takut bahwa orang-orang di ProtonMail, atau siapa pun selain penerima, dapat membaca pesan tersebut.

Mail.com

Perbedaan utama antara Mail.com dan penyedia lain dalam daftar ini adalah kamu dapat memilih di antara lebih dari 200 domain gratis. Dengan email ini kamu bebas memilih domain email yang tersedia. Misalnya kamu bisa memiliki email dengan domain @myself.com atau engineer.com.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.