Sukses

Fakta! Ponsel Memiliki Bakteri 18 Kali Lebih Banyak dari Toilet

Ponsel rata-rata memiliki 25.127 kuman per inci persegi, oleh karena itu kamu harus tahu cara pencegahan penyebarannya melalui gadget.

Liputan6.com, Jakarta Gadget menjadi perangkat elektronik yang banyak dimanfaatkan bukan sekadar untuk berkomunikasi saja. Lebih dari itu, gadget memudahkan kita untuk melakukan sejumlah transaksi online dengan efektif dan efisien. 

Tapi sayangnya, nggak banyak orang yang menyadari bahwa gadget seperti ipad, PC, laptop, ponsel dan gawai lainnya menjadi 'rumah' dari puluhan ribu bakteri dan berisiko menyebabkan penularan penyakit. Hal itu dibuktikan oleh peneliti asal Inggris bernama Julian. 

Dalam penelitian yang diterbitkan di Journal of Applied Microbiology pada Juli 2015 mengungkapkan, kuman paling banyak bersarang di ponsel yang sehari-hari kita pakai untuk berkomunikasi. 

Bahkan fakta mengerikannya lagi, ponsel mengandung bakteri 18 kali lebih banyak dari pada pegangan flash di toilet. Proporta, salah satu perusahaan kasing antimikroba juga menegaskan bahwa ponsel rata-rata memiliki 25.127 kuman per inci persegi. 

Dengan banyaknya kuman tersebut, artinya risiko penularan patogen atau mikroorganisme parasit dari benda mati atau gadget itu relatif tinggi. 

"Jadi jika kamu menggunakan ponsel yang memiliki banyak virus sebanyak 30 persen akan masuk ke ujung jari. Pada gilirannya jumlah kuman itu akan berpindah dari jari ke mata, mulut, atau hidung," jelas Julian seperti dikutip laman Seattle Times. 

Meski demikian, tak ada yang bisa memastikan berapa banyak orang yang sakit akibat gadget yang berpindah tangan dari satu orang ke orang lain. 

Lalu apa yang harus kita lakukan biar nggak gampang tertular penyakit dari gadget? Caranya sederhana banget, hanya saja butuh komitmen untuk membiasakan diri dalam menjaga kebersihannya. Yuk mulai #BikinJadiBiasa dengan cara ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Sanitizer

Nggak sedikit orang yang bertanya, apakah aman menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan layar ponsel atau gadget lainnya. Jawabannya aman banget! Asalkan kamu nggak menyemprotkan langsung hand sanitizer itu gadget. Cara mudahnya, semprotkan hand sanitizer itu ke kain berbahan microfiber. 

 

3 dari 4 halaman

2. Sabun dan Air

Kalau nggak ada atau kehabisan hand sanitizer, kamu bisa memanfaatkan sabun antibakteri yang dicampur air. Sediakan mangkuk kecil, tambahkan beberapa tetes sabun antibakteri, dan celupkan kain microfiber. Pastikan kamu memeras kain tersebut dengan cukup kering dan mulai bersihkan semua gadgetmu. Tahap akhir, bersihkan dengan tisu kering. 

 

4 dari 4 halaman

3. Tisu Beralkohol

Kalau kamu sedang berpergian atau berada di luar rumah, sediakan selalu tisu beralkohol. Pilihkan tisu beralkohol yang lembut untuk menghindari goresan di layar ponsel atau gadget lainnya. 

Nah sekarang sudah tahu kan, gimana caranya mencegah penyebaran kuman yang nyaman bersarang di gadget-mu? Dengan mulai #BikinJadiBiasa, kamu bisa tenang dan aman menggunakan gadget, senyaman kamu menuntaskan beragam transaksi online dengan DANA. 

DANA dipastikan dapat memudahkan kita untuk melakukan sejumlah pembayaran. Mulai dari bayar tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan internet, bayar BPJS. 

Kamu juga bisa beli makanan di merchant favorit, sampai membeli polis asuransi yang menunjang kesehatan dengan premi terjangkau. Yuk ganti dompet dan bergabung dengan DANA sekarang. Informasi selengkapnya klik di sini. 

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini