Sukses

6 Fakta Kondisi Terkini Menhub Budi Karya, Berangsur Membaik

Berangsur Membaik, Ini 6 Fakta Kondisi Terkini Menhub Budi Karya

Liputan6.com, Jakarta Menhub Budi Karya Sumadi sudah beberapa hari melakukan isolasi setelah dinyatakan positif terjangkit Corona Covid-19.  Kondisi Menhub, menurut Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Adita Irawati semakin baik hari ke hari usai dinyatakan positif terjangkit Corona Covid-19 pada 14 Maret 2020 lalu.  

"Alhamdulillah kondisi Pak BKS sangat baik. Sudah bisa berkomunikasi lagi dengan kami via pesan singkat," kata Adita saat dihubungi Liputan6.com, Senin (30/3/2020).

Diketahui sejak 14 Maret 2020 lalu, Budi Karya menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto. Dalam penanganannya, Budi Karya didampingi oleh dr Kapten Maulidi Abdillah sebagai dokter rehab medik.

Dalam sebuah yang diterima oleh Liputan6.com, Budi Karya sudah berkomunikasi lagi. Bahkan, sambil sambil berbalut masker, ia memuji kinerja dokter Maulidi dengan menggunakan bahasa Palembang. "Dokter Maulidi top banget. Visioterapi top. Keluar ilmunyo. Dulur kito," kata Budi Karya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas fakta terkini kondisi Menhub Budi Karya, Selasa (31/3/2020) usai dinyatakan positif corona.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Sudah Melepas Alat Bantu Pernapasan

Sempat dinyatakan positif Covid-19 pada tanggal 14 Maret lalu, kondisi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS) dikabarkan berangsur membaik. Menteri pertama kabinet Jokowi-Ma'ruf yang positif Corona ini sudah melepas alat bantu pernapasan.  

"Kondisi Pak BKS (Basuki Karya Sumadi) alhamdulillah sangat membaik. Semua alat bantu sudah dilepas dan beliau sudah bisa berkomunikasi," kata Jubir Kemenhub Adita lewat pesan pada Jumat (27/3/2020)

 

3 dari 7 halaman

2. Sudah Bisa Berkomunikasi Lagi

Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Adita Irawati mengungkapkan Budi Karya sudah berkomunikasi kembali, meski melalui pesang singkat. 

"Alhamdulillah kondisi Pak BKS sangat baik. Sudah bisa berkomunikasi lagi dengan kami via pesan singkat," kata Adita saat dihubungi Liputan6.com, Senin (30/3/2020)

4 dari 7 halaman

3. Dalam Tahap Pemulihan

Kendati demikian terkait hal yang menyangkut pekerjaannya sebagai menteri, Adita mengatakan, Menhub masih dalam tahap pemulihan. Sehingga, Menhub saat ini masih berfokus pada kesembuhannya.

"Saat ini beliau masih istirahat untuk pemulihan total, doakan lekas sembuh ya," ucap Adita.

 

5 dari 7 halaman

4. Belum Diketahui Kapan Tes Swab Lagi

Meski sudah dikatakan semakin membaik, Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi ini belum mengetahui pasti kapan Menhub kembali melakukan tes swab lanjutan guna memastikan pulih total dari Covid-19.

"Kalau terkait itu saya kurang tahu," pungkas Adita.

6 dari 7 halaman

5. Serukan Lawan Corona Covid-19

Dalam sebuah yang diterima oleh Liputan6.com, sambil berbaring dan berbalut masker Budi Karya juga menyerukan untuk perang melawan Virus Corona (Covid-19). 

"Semangat lawan Covid, Pam...pam..pam..!," ucap Menhub dalam video yang diterima Liputan6.com, Selasa (31/3/2020).

Tak hanya itu saja, Budi Karya memuji kinerja dokter Maulidi dengan menggunakan bahasa Palembang. "Dokter Maulidi top banget. Visioterapi top. Keluar ilmunyo. Dulur kito," kata Budi Karya.

7 dari 7 halaman

6. Dinyatakan Positif Corona Sejak 14 Maret 2020

Sebelumnya, Menhub Budi Karya disebut harus dirawat di rumah sakit setelah menderita penyakit tifus. Hingga akhirnya, Budi Karya dinyatakan positif Covid-19 pada 14 Maret 2020 lalu. 

Saat ini, Budi Karya tengah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto. Terhitung sejak 14 Maret, Budi Karya sudah dirawat selama 17 hari untuk menyembuhkan virus Corona. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.