Sukses

Akibat Virus Corona COVID-19, 6 Artis Tanah Air Ini Pilih Tutup Bisnisnya

Sederet selebriti Tanah Air sementara menutup usaha dan bisnisnya akibat COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Wabah Virus Corona COVID-19 di Indonesia hingga kini masih menjadi perhatian utama pemerintah Tanah Air. Sejumlah kebijakan pun diupayakan pemerintah pusat hingga pemerintah daerah untuk meminimalisir angka orang terinfeksi. Beberapa kebijakan yang diterapkan di antaranya adalah social distancing.

Social distancing atau menjaga jarak dengan orang lain adalah salah satu upaya pemerintah untuk dapat menekan angka penyebaran Virus Corona COVID-19. Dari kebijakan tersebut sejumlah outlet, restoran, kedai dan tempat umum lainnya memilih untuk tutup sementara.

Menuruti imbauan pemerintah, sejumlah selebriti Tanah Air yang memiliki bisnis pun turut menutup sementara usaha mereka. Bisnis yang ikut ditutup sementara tersebut kebanyakan merupakan bisnis kuliner hingga tempat hiburan yang memang kerap menjadi tempat berkumpul banyak orang.

Tak ingin membahayakan banyak orang dan ikut berpartisipasi dalam memutus rantai penyebaran Virus Corona COVID-19, berikut ini 6 artis yang diketahui menutup bisnisnya. Kabar tersebut dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (27/3/2020). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Inul Daratista

Pedangdut kondang, Inul Daratista, dikenal luas masyarakat tak hanya sebagai penyanyi saja. Ibu satu anak ini memiliki sejumlah bisnis lainnya seperti di bidang kuliner dan tempat hiburan.

Salah satu bisnisnya yang ditutup akibat COVID-19 adalah tempat karaokenya. Pengumuman itu disampaikan Inul Daratista lewat akun Instagramnya. Langkah ini diambil Inul sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam memerangi wabah virus tersebut.

Keputusan Inul menutup sejumlah outlet karaokenya di beberapa daerah di Indonesia ini pun diapresiasi banyak netizen.

3 dari 7 halaman

2. Anang Hermansyah

Hampir serupa yang dilakukan oleh Inul Daratista, musisi Anang Hermasnyah juga memiliki usaha karaoke, Anang Family karaoke. Tengah marak COVID-29, Anang pun memutuskan untuk menutup sementara usahanya tersebut.

Kabar tersebut diketahui lewat akun Instagram @anangfamilykaraoke yang diunggah pada Jumat (20/3/2020) lalu. Karaoke yang ditutup diketahui berada di Malang. Dalam pengumuman karaoke milik suami Ashanty tersebut belum memastikan kapan akan buka kembali.

4 dari 7 halaman

3. Sahrul Gunawan

Aktor Sahrul Gunawan lewat video di Instagram yang ia unggah pada Kamis (5/3/2020) mengabarkan jika travel miliknya yakni AFI Travel tidak beroperasi sementara waktu. Hal tersebut dipengaruhi oleh kebijakan Arab Saudi yang belum bisa memastikan kapan akan dibukanya kembali penerimaan jamaah umroh akibat COVID-19.

Dalam video yang ia unggah, Sahrul berharap agar semua kondisi kembali seperti semua dan Arab Saudi segera membuka kembali penerimaan jamaah ke Tanah Suci.

5 dari 7 halaman

4. Irwansyah dan Zaskia Sungkar

Sama seperti Sahrul Gunawan, Irwansyah dan istrinya yaitu Zaskia Sungkar juga memiliki bisnis travel umrah. Pasangan seleb ini memutuskan untuk menutup sementara travel umrah Jannah Travel akibat keputusan Arab Saudi.

Negara Timur Tengah tersebut diketahui menangguhkan visa umrah dan izin masuk bagi beberapa negara untuk sementara. Pihaknya mengambil langkah tersebut sebagai upaya menekan merebaknya COVID-29 di area Tanah Suci.

6 dari 7 halaman

5. Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier yang diketahui memiliki usaha tempat gym pun turut untuk menutup sementara usahanya tersebut. Dalam video yang ia posting di Instargamnya, mengklarifikasi soal tempat gymny yang ia tutup sementara.

"Gue tutup @corbuziergymosbond sejak beberapa hari yang lalu krn mikir ttg kesehatan kita... Krn gym.. Tujuannya adalah untuk menjadi sehat..." tulis penggalan caption di Instagram milik Deddy Corbuzier.

Meski tak bisa datang ke tempat gym, Deddy Corbuzier meminta netizen tetap melakukan olahraga yang rutin agar selalu sehat. 

7 dari 7 halaman

6. Rian D'Masiv

Vokalis and D'Masiv, Rian Eka Pradipta memiliki bisnis di bidang kuliner. Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, usahanya pun turut merasakan dampaknya. Rian memutuskan untuk menutup Resto Food Update Cafe untuk sementara waktu.

Meski tutup total, tempat makan tersebut tetap melayani via online atau take away saja. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.