Sukses

Wali Kota Bogor Bima Arya Positif Corona Covid-19, Ini 5 Faktanya

Bima Arya sebelumnya sempat melakukan kunjungan kerja di luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto dinyatakan positif terinfeksi virus corona alias COVID-19. Sebelumnya ia telah menjalani serangkaian tes kesehatan di RS Bogor Senior Hospital, Selasa (17/3/2020). Kemudian Bima Arya menerima hasil tes SWAB pada Kamis (19/3/2020).

"Kamis sore, tanggal 19 Maret 2020, Wali Kota Bogor Bima Arya, telah menerima hasil tes Swab yang menunjukkan positif COVID-19," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno, Kamis (19/3/2020) malam.

Sri Nowo Retno juga menjelaskan bahwa Wali Kota Bogor, Bima Arya akan menjalani proses isolasi selama 14 hari ke depan. Kendati demikian, Bima mengatakan bahwa akan mengikuti protokol dan prosedur kesehatan untuk menjalani isolasi diri.

Wali Kota Bogor ini juga mempercayakan sepenuhnya penanganan masa isolasi dirinya di RSUD Kota Bogor karena sudah sangat siap untuk merawat pasien corona COVID-19. Ia mengimbau masyarakat Bogor agar benar-benar menjaga kesehatan, berhati-hati, jaga jarak dan jaga diri.

Bima Arya juga mengatakan bahwa virus corona ini bisa menyerang siapa pun. Namun banyak yang sembuh karena virus ini. Wali Kota Bogor ini pun meminta doa kepada masyarakat untuk kesembuhan dirinya. Berikut fakta-fakta Wali Kota Bogor, Bima Arya yang positif terinfeksi virus corona dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (20/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Awalnya Orang Dalam Pemantauan (ODP)

Bima mendapat pengawasan ketat sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan menjalani tes untuk memantau kemungkinan terpapar COVID-19. Berbagai protokol yang berlaku sudah dijalankan oleh Wali Kota Bogor bersama jajaran pejabat Pemkot yang lain sejak Senin 16 Maret 2020.

Serangkaian pemeriksaan itu, ia jalani sepulang dari kunjungan kerja ke luar negeri. Protokol ini termasuk mendapat pengawasan ketat sebagai Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan menjalani tes untuk memantau kemungkinan terpapar COVID-19.

3 dari 6 halaman

2. Sempat Melakukan Kunjungan ke Luar Negeri

Belum lama ini, Bima Arya sempat melakukan kunjungan kerja ke Turki dan Azerbaijan bersama 4 orang lainnya. Salah satu pejabat Pemerintah Kota Bogor yang turut mendampingi Bima dalam kunjungan kerja tersebut juga dinyatakan positif COVID-19.

"Selain Wali Kota Bogor, hasil tes juga menyatakan salah satu pejabat Pemkot lain juga positif COVID-19, sedangkan tiga anggota rombongan yang lain dinyatakan negatif," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno.

4 dari 6 halaman

3. Gejala Hanya Batuk-Batuk Kecil

Bima mengaku bahwa dirinya tidak merasakan adanya gejala yang berarti atas infeksi virus tersebut. Menurut Wali Kota Bogor ini ia hanya mengalami gejala batuk-batuk kecil.

Namun tes yang telah dijalani, Bima Arya positif terinfeksi COVID-19. Kemudian ia mengatakan bahwa akan mengikuti protokol dan prosedur kesehatan untuk menjalani isolasi diri. Ia pun mengaku mempercayakan sepenuhnya kepada RSUD Kota Bogor untuk menangani penyakitnya.

5 dari 6 halaman

4. Limpahkan Tugas ke Wakil Wali Kota

Menjalani isolasi selama 14 hari, untuk sementara waktu Bima mempercayakan seepenuhnya soal kepemimpinan Kota Bogor kepada Wakil Wali Kota. Ia juga memastikan akan tetap berjalan seperti biasa di bawah koordinasi Wakil Wali Kota Bogor untuk menjalankan tugas-tugas pemerintahan, dengan tetap fokus pada penanganan dan pencegahan Pandemi virus Corona lebih luas.

"Kami mohon doa bagi kesembuhan Wali Kota dan seluruh pasien yang dirawat, agar segera pulih dan beraktivitas kembali. Demikian pula Wali Kota juga selalu mendoakan keselamatan dan kesehatan seluruh warga Kota Bogor," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno.

6 dari 6 halaman

5. Tetap Optimis

Meski dinyatakan terinfeksi COVID-19, Bima Arya mengajak warganya untuk tetap optimis. Ia mengatakan bahwa banyak orang yang sudah sembuh. Wali Kota Bogor ini juga mendoakan warganya untuk selalu diberi kesehatan oleh Tuhan. Selain itu, warga Kota Bogor kini bisa memperolah informasi terkini tentang COVID-19 di sini, www.covid19.kotabogor.go.id.

"Jadi tetap optimis, namun selalu juga berhati-hati, jaga-jaga dan jaga jarak," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini