Sukses

5 Wisata Halal Indonesia yang Telah Diakui Terbaik di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Wisata halal Indonesia sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Bahkan, Indonesia kembali menorehkan prestasi di level internasional dengan diraihnya peringkat pertama sebagai destinasi wisata halal dunia versi GMTI (Global Muslim Travel Index) 2019.

Setelah lima tahun fokus pada pengembangan pariwisata halal, Indonesia akhirnya mampu menunjukkan potensinya sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia. Pada tahun 2019 ini akhirnya Indonesia menduduki peringkat pertama wisata halal dunia versi GMTI 2019, bersanding dengan Malaysia.

Wisata halal Indonesia merupakan program prioritas Kementerian Pariwisata yang sudah dikerjakan cukup lama. Indonesia berhasil mengungguli berbagai negara lainnya, seperti Turki, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Maroko, Bahrain, Oman, dan Brunei Darussalam, yang berturut-turut menempati posisi di bawah Indonesia dan Malaysia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indoneisa dan berbagai sumber lainnya, Jumat (27/9/2019) tentang wisata halal Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Pengembangan Wisata Halal Indonesia

Pengembangan wisata halal Indonesia merupakan salah satu program prioritas Kementerian Pariwisata yang sudah dikerjakan sejak lima tahun yang lalu. Data GMTI 2019 menunjukkan bahwa hingga tahun 2030, jumlah wisatawan muslim diproyeksikan akan menembus angka 230 juta di seluruh dunia. Dengan berbagai faktor tersebut, peluang yang besar dalam wisata halal Indonesia ini ditindaklanjuti dengan baik oleh Kementerian Pariwisata.

Pengembangan 10 Destinasi Halal Prioritas Nasional di tahun 2018 yang mengacu standar GMTI seabagai wisata halal Indonesia, antara lain: Aceh, Riau dan Kepulauan Riau, Sumatera Barat, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur (Malang Raya), Lombok, dan Sulawesi Selatan (Makassar dan sekitarnya).

Tahun 2019 ini, penguatan destinasi pariwisata halal dilakukan dengan menambah keikutsertaan 6 Kabupaten dan Kota yang terdapat di dalam wilayah 10 Destinasi Halal Prioritas Nasional, yaitu Kota Tanjung Pinang, Kota Pekanbaru, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Cianjur.

3 dari 5 halaman

Top 5 Destinasi Wisata Halal Prioritas Indonesia

Untuk meriah prestasi baru ini, Indonesia melalui Kementerian Parwisata juga telah rutin melakukan bimbingan teknis serta workshop di 10 destinasi pariwisata halal unggulan.

Selain itu, guna mendorong percepatan pengembangan destinasi pariwisata halal nasional berstandar global, Kementerian Pariwisata juga menyelenggarakan Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) pada tahun 2018 dan 2019. Penilaian IMTI ini dilakukan langsung oleh CrescentRating-Mastercard yang bekerjasama dengan Indonesia.

Penilaian IMTI dilakukan menggunakan empat indikator utama yang telah ditetapkan oleh GMTI yakni: accessibility (aksesibilitas), communication (komunikasi), environment (lingkungan) dan service (layanan). Hasil penilaian dari empat aspek utama tersebut secara otomatis akan menentukan top 5 destinasi wisata halal Indonesia prioritas.

Top 5 destinasi wisata halal prioritas Indonesia 2019 secara berturut-turut diraih oleh Lombok (Nusa Tenggara Barat) dengan skor 70, Aceh dengan skor 66, Riau dan Kepulauan Riau dengan skor 63, DKI Jakarta dengan skor 59, serta Sumatera Barat dengan skor 59.

4 dari 5 halaman

Wisata Halal Indonesia

Lombok

Wisata halal Indonesia terfavorit didapatkan oleh Lombok. Siapa yang tidak akan kagum dengan keindahan yang ditawarkan oleh wilayah Lombok. Dengan berbagai penilaian  yang dilakukan, yaitu melihat dari aspek aksesibilitas, komunikasi, lingkungan, hingga layanan, Lombok berhasil menjadi yang terdepan dalam beberapa tahun terakhir.

Aceh

Tidak heran rasanya saat mendengar Aceh sebagai salah satu wisata halal Indonesia terbaik. Aceh bahkan terpilih sebagai wisata halal Indonesia peringkat kedua setelah Lombok. Destinasi wisata seperti Pulau Weh, Museum Tsunami, Masjid Raya Baiturrahman, dan berbagai pantai cantik di Aceh tentunya menjadi bukti bahwa Aceh memang layak disematkan sebagai wisata halal favorit.

5 dari 5 halaman

Wisata Halal Indonesia Lainnya

Riau dan Kepulauan Riau

Tidak kalah dengan Aceh, wisata halal Indonesia selanjutnya adalah Riau dan Kepulauan Riau. Menempati posisi ketiga sebagai destinasi halal prioritas Indonesia, Riau dan Kepulauan Riau menawarkan berbagai keindahan dengan pulau-pulau dan budayanya.

Sumatera Barat

Wisata halal Indonesia selanjutnya adalah Sumatera Barat yang menempati posisi kelima dalam destinasi halal prioritas Indonesia. Dengan menawarkan keunikan budaya dan juga alam yang beragam, tentunya tidak heran menjadikan Sumatera Barat sebagai salah satu destinasi wisata favorit.

DKI Jakarta

Bahkan ibukota DKI Jakarta juga merupakan salah satu destinasi wisata halal Indonesia favorit dengan menempati posisi keempat. Fasilitas yang memadai menjadi salah satu keunggulan yang tidak terelakkan dari Daerah Ibukota ini.

Selanjutnya Wisata halal Indonesia ini diikuti oleh berbagai daerah pengembangan lainnya seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur (Malang Raya),  dan Sulawesi Selatan (Makassar dan sekitarnya) yang tentunya tidak kalah mentereng dengan wisata halal lainnya.

Jadi, kamu tidak perlu jauh-jauh lagi ke luar negeri untuk menikmati destinasi wisata yang telah diakui oleh dunia. Indonesia bahkan merupakan destinasi wisata halal nomor 1 di dunia dengan berbagai wilayah yang memiliki beragam budaya, keindahan alam, dan tentunya fasilitas yang akan membuatmu nyaman.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS