Sukses

6 Cara Alami Atasi Kram Perut Saat Haid, Sehat dan Ampuh

Kram saat haid memang menyiksa wanita.

Liputan6.com, Jakarta Kram memengaruhi banyak orang sebelum dan selama haid. Sementara beberapa orang hanya mengalami kram ringan, yang lain tidak cukup beruntung. Dalam beberapa kasus, rasa sakit akibat kram haid bisa sangat parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Banyak wanita melaporkan mengalami sakit perut atau panggul pada awal siklus haid mereka. Gejala ini dapat berkisar dari tingkat keparahan mulai dari ketidaknyamanan ringan yang berlangsung 1 atau 2 hari hingga kram yang menyakitkan dan melemahkan.

Prostaglandin adalah bahan kimia yang terbentuk di lapisan rahim selama haid. Mereka menyebabkan kontraksi otot dan kram yang mirip dengan nyeri persalinan. Mereka juga dapat menyebabkan mual dan diare. Jika kram haid mengganggu aktivitas setiap bulannya ada beberapa cara alami untuk mengatasinya.

Pengobatan rumahan dapat meringankan masalah ini. Berikut cara alami mengatasi kram saat haid yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (19/8/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Kompres panas

Menerapkan panas ke perut dan punggung bagian bawah dapat menghilangkan rasa sakit. Sebuah studi pada tahun 2012 berfokus pada 147 wanita berusia 18 hingga 30 tahun yang memiliki siklus menstruasi teratur menemukan bahwa kompres panas pada suhu 40 ° C sama efektifnya dengan ibuprofen.

Masukkan air panas ke botol atau bantal pemanas. Jika Anda tidak memiliki botol air panas atau bantal pemanas, mandi air hangat atau gunakan handuk panas.

Menempatkan botol air panas atau bantal pemanas di perut dapat mengendurkan otot dan meredakan kram. Panas membantu otot rahim dan orang-orang di sekitarnya rileks, yang dapat meredakan kram dan ketidaknyamanan.

3 dari 7 halaman

Olahraga ringan

Olahraga berat mungkin tidak bermanfaat jika seseorang kesakitan, tetapi peregangan ringan, berjalan-jalan, atau melakukan yoga dapat membantu. Olahraga juga melepaskan endorfin, yang merupakan penghilang rasa sakit alami.

Sebuah studi Taiwan menemukan bahwa 12 minggu kelas yoga dua kali seminggu mengurangi kram menstruasi pada peserta studi. Menurut sebuah studi lainnya, atihan aerobik intensitas rendah hingga sedang dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh kram menstruasi.

Dalam studi ini, para ilmuwan menemukan bahwa wanita yang melakukan latihan aerobik 30 menit tiga hari seminggu, selama delapan minggu, menunjukkan pengurangan yang signifikan pada kram periode.

4 dari 7 halaman

Minyak esensial

Sebuah studi 2013 membandingkan pereda nyeri haid dengan pijat perut pada dua kelompok siswa perempuan. Satu kelompok mendapatkan pijatan yang hanya menggunakan minyak almond, sedangkan kelompok lain mendapatkan pijatan menggunakan campuran minyak esensial yang terdiri dari kayu manis, cengkeh, lavender, dan mawar dalam basis minyak almond.

Para peneliti menemukan bahwa kelompok yang menggunakan minyak esensial merasa lebih lega dari kram menstruasi daripada kelompok yang hanya menggunakan minyak biasa. Anda dapat mencoba menambahkan beberapa tetes setidaknya satu dari minyak esensial ini ke minyak utama untuk memijat sendiri perut secara efektif.

5 dari 7 halaman

Hindari makanan tertentu

Selama menstruasi, sebaiknya menghindari makanan yang menyebabkan kembung dan retensi air. Beberapa makanan tersebut meliputi makanan berlemak jenuh, alkohol, minuman berkarbonasi, kafein dan makanan asin. Cobalah menenangkan perut dengan jahe, teh mint atau air panas yang dibumbui dengan lemon.

Jika Anda membutuhkan gula, camilan buah-buahan seperti stroberi atau raspberry bisa jadi pilihan. Menurut sebuah penelitian tahun 2000, makanan vegetarian yang rendah lemak dapat membantu mengurangi gejala nyeri haid dan sindrom pramenstruasi (PMS).

6 dari 7 halaman

Konsumsi herbal

Bahan herbal mengandung senyawa anti-inflamasi dan antispasmodik yang diyakini para ahli dapat mengurangi kontraksi otot dan pembengkakan yang terkait dengan nyeri haid. Herbal ini seperti jahe, kunyit, kayu manis, adas, dan chamomile. Sebuah tinjauan studi tahun 2012 melaporkan teh chamomile meningkatkan kadar glisin dalam urin, yang membantu meredakan kejang otot. Glycine juga bertindak sebagai pereda saraf.

Sementara Pada 2015, wanita yang mengonsumsi kapsul kayu manis dalam sebuah penelitian melaporkan lebih sedikit pendarahan, rasa sakit, mual, dan muntah dibandingkan dengan kelompok plasebo. Satu studi terhadap mahasiswa menemukan bahwa 250 mg bubuk jahe empat kali sehari selama tiga hari membantu menghilangkan rasa sakit akibat menstruasi. Juga disimpulkan bahwa jahe sama efektifnya dengan ibuprofen.

Curcumin, bahan kimia alami dalam kunyit, dapat membantu dengan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Satu studi 2015 mengamati 70 wanita yang menggunakan dua kapsul curcumin selama tujuh hari sebelum menstruasi dan tiga hari setelahnya. Peserta melaporkan pengurangan signifikan dalam PMS.

7 dari 7 halaman

Tetap terhidrasi

Menurut para ahli, wanita lebih mungkin mengalami kram perut selama menstruasi jika mengalami dehidrasi. Usahakan untuk minum delapan gelas 8 ons air per hari. Anda akan membutuhkan lebih banyak jika cuaca panas, berolahraga, merasa haus.

Minum air menjaga tubuh dari menahan air dan membantu menghindari kembung yang menyakitkan selama menstruasi. Air hangat atau panas biasanya lebih baik untuk kram, karena cairan panas meningkatkan aliran darah ke kulit dan dapat mengendurkan otot yang kram. Anda juga bisa mengonsumsi makanan berbasis air untuk meningkatkan hidrasi seperti buah-buahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini