Sukses

Cara Video Call di WhatsApp Grup, Bisa Tatap Muka Bersama

Fitur ini memungkinkan penggunanya melakukan panggilan video satu sama lain dengan mudah

Liputan6.com, Jakarta Aplikasi WhatsApp saat ini telah menjadi andalan khalayak untuk berkirim pesan. Berbagai fitur WhatsApp dinilai mampu memanjakan penggunanya. Tak hanya berkirim pesan, WhatsApp menjelma menjadi jejaring sosial dengan fitur-fitur apiknya. 

Salah satu fitur andalan WhatsApp adalah Video Call. Fitur ini memungkinkan penggunanya melakukan panggilan video satu sama lain dengan mudah. Pada mulanya WhatsApp hanya dapat memungkinkan penggunanya untuk melakukan video call secara dua arah atau dari satu pengguna ke pengguna lain. Namun, pada pertengahan 2018 lalu, WhatsApp kembali memberikan inovasi dimana penggunanya dapat melakukan panggilan video secara grup atau kelompok.

Hal ini semakin memudahkan para pengguna WhatsApp dalam berinteraksi dengan grup atau kelompoknya. Dengan fitur ini, pengguna WhatsApp dapat bertatap muka secara bersamaan dan berkomunikasi dengan leluasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Fitur video call

Panggilan video WhatsApp adalah bagian dari fitur panggilan suara yang ada pada WhatsApp. Panggilan video WhatsApp secara teknis gratis, dalam arti bahwa WhatsApp tidak membebankan biaya pulsa pada penggunanya untuk melakukan panggilan.

Namun, panggilan video memerlukan koneksi internet, sehingga mereka akan mengurangi data dari paket data ponsel Anda. Jika Anda menggunakan WhatsApp untuk memanggil seseorang melalui koneksi Wi-Fi, operator jaringan ponsel Anda tidak akan membebankan biaya apa pun kepada Anda.

WhatsApp telah memudahkan penggunanya untuk melakukan panggilan video secara bersamaan dalam satu grup. Tak seperti aplikasi pesaingnya seperti Facebook Messenger, Skype, SnapChat, dan FaceTime Apple masing-masing mendukung hingga 50, 25, 16 dan 32 anggota dalam Panggilan Video Grup, WhatsApp membatasi panggilan Video Grup hanya untuk 4 orang.

Menurut WhatsApp, Panggilan Video Grupnya dienkripsi end-to-end seperti halnya Obrolan teks, jadi panggilan video ini terjamin keamanan dan privasinya. Selain itu, video call WhatsApp dirancang untuk dapat diakses di seluruh Dunia, termasuk di daerah dengan konektivitas jaringan yang lemah.

Nah, bagi Anda yang belum mengetahui caranya, simak cara video call di WhatsApp grup yang Liputan6.com lansir dari Techbout Jumat(5/4/2019)

3 dari 6 halaman

Cara video call di WhatsApp grup

Panggilan Video Grup WhatsApp dapat dimulai dengan memulai panggilan satu-ke-satu seperti biasa. Setelah Panggilan tersambung, Anda dapat mengetuk Ikon "Tambah Orang" atau “Add People” di sudut kanan atas untuk Menambahkan anggota berikutnya ke Panggilan Video Grup WhatsApp Anda.

Ikon "Tambah Orang" atau “Add People” akan dinonaktifkan otomatis setelah anggota ketiga ditambahkan, karena WhatsApp membatasi panggilan Video Grup hingga 4 orang. Berikut langkah video call grup dengan WhatsApp:

1. Buka WhatsApp di iPhone atau Ponsel Android Anda.

2. Buka grup WhatsApp yang ingin Anda ajak video call

3.Pilih Kontak pertama yang ingin Anda tambahkan ke Panggilan Video Grup dan ketuk ikon Panggilan Video yang terletak di dekat sudut kanan atas layar Anda.

4. Pada jendela pop up yang muncul, ketuk tombol Tambah (add) dan anggota berikutnya akan ditambahkan ke Panggilan Video Grup.

5. Demikian pula seterusnya, Anda dapat menambahkan satu orang lagi ke Panggilan Video Grup (terbatas untuk 4 anggota).

 

 

 

4 dari 6 halaman

Apa Yang Terjadi di Panggilan Video Grup WhatsApp

Dalam panggilan Video Grup WhatsApp, keempat peserta dapat saling berbicara. Tidak perlu bagi pemulai Panggilan untuk Menambahkan anggota, peserta mana pun yang lain dapat Menambahkan Kontak ke Panggilan Grup maksimal hingga 4 anggota.

Panggilan Grup WhatsApp tidak akan terputus jika salah satu dari empat anggota memutuskan panggilan, orang yang tersisa dapat melanjutkan dengan Panggilan Grup WhatsApp.

5 dari 6 halaman

Multitasking Saat di Panggilan Video WhatsApp

Yang menarik dari fitur panggilan video WhatsApp adalah fitur multitasking. Sebagian besar panggilan video smartphone memaksa Anda untuk menggunakan panggilan video dan tidak dapat melakukan aktivitas lain. Namun, WhatsApp tidak memiliki batasan seperti itu.

Anda dapat mengetuk tombol "Pesan" di titik mana saja untuk memeriksa pesan lain yang telah dikirimkan seseorang kepada Anda di WhatsApp, dan bahkan membalasnya. Untuk kembali ke panggilan video Anda, cukup ketuk bilah hijau di bagian atas aplikasi.

6 dari 6 halaman

Berapa Banyak Data yang Digunakan Panggilan Video WhatsApp?

Fokus WhatsApp adalah membuat panggilan video terlihat sebaik mungkin. Jadi jika itu bisa memberi Anda kualitas yang lebih tinggi, WhatsApp akan melakukannya. Aktivitas ini lantas menghasilkan penggunaan data yang tinggi. Jika Anda tidak menggunakan Wi-Fi, video call dapat dengan cepat memakan data seluler.

Dilansir Liputan6.com dari Make Use Of Jumat (5/4/2019), Rata-rata sebuah panggilan singkat dapat menghabiskan data 5MB pada 4G, 3,75MB pada 3G, dan 3MB pada 2G.

Pengaturan WhatsApp memiliki opsi untuk mengurangi data yang digunakan pada panggilan suara. Jika Anda khawatir tentang penggunaan data, Anda dapat mencoba opsi ini untuk melihat apakah itu juga mengurangi data panggilan video.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.