Sukses

Kebiasaan Saat Gugup yang Berbahaya Bagi Kesehatan

Kebiasaan saat gugup seperti menggigit bibir atau kuku ternyata berdampak buruk bagi kesehatan.

Tanpa disadari saat sedang gugup, ada hal yang kerap dilakukan sepeti menggigit kuku atau bibir. Beberapa kebiasaan gugup ini ternyata berbahaya bagi kesehatan.

Dikutip Health, Senin (10/2/2014) kebiasaan gugup yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan yaitu:

1. Menggigit Kuku

Tidak sedikit orang yang melakukan hal ini ketika gugup atau takut, ketika itu menjadi kebiasaan maka akan dapat merusak kuku. Dermatologist di New York, Michael Shapiro mengatakan kuman dari mulut bisa ditransfer ke kulit.

"Bakteri pada kuku juga dapat masuk ke mulut dan menyebabkan infeksi pada gusi dan tenggorokan, bakteri dari mulut juga bisa ke kulit. Hentikan kebiasaan ini," katanya.

2. Memainkan Rambut

Dermatologis di New York, Ariel Ostad, MD mengatakan ketika seorang gugup kemudian memainkan rambut seperti melintir atau menariknya maka dapat menyebabkan kerontokan.

"Ini merusak akar rambut, kondisi gugup ini bisa menjadi risiko kejiwaan yang membutuhkan psikolog," katanya.

3. Menggemeretakkan Leher

Memiringkan kepala secara paksa ke salah satu sisi menurut Ahli Bedah Ortopedi dan Asisten Profesor di Afiliasi Florida Atlantic University Charles E. Schmidt College of Medicine di Boca Raton, Michael Gleiber, MD, dapat membuat persendian atau tulang menciptakan suara popping atau gemeretak.

"Kalau ini terjadi berulang kali menggemeretakkan leher maka dapat membuat ligamen sekitarnya hypermobile dan lebih rentan cedera. Selain itu, gerakan yang berlebihan ini pada sendi facet sendiri dapat menyebabkan keausan dalam sendi dan dapat mengakibatkan arthritis dari waktu ke waktu serta bisa stroke," katanya.

4. Menggigit Bibir

Menjilati atau menggigit bibir dapat meningkatkan produksi enzim pencernaan mulut. "Enzim ini dapat menyebabkan dermatitis dan cheilitis (radang), yang membuat bibir tampak kering dan pecah-pecah," kata Dokter Kulit di New York, Whitney Bowe, MD.

Selain itu menurut Dermatolog dan Presiden Connolly Dermatology di New Jersey, Coyle S. Connolly, MD menggigit bibir ketika gugup atau stres dapat menyebabkan perkembangan fibromas.

5. Menggigit Ujung Pensil

Kebiasaan ini dapat membuat kuman yang ada pada pensil atau pulpen dapat melukai jaringan yang ada pada mulut dan gusi, hal ini seperti dikatakan Direktur Penelitian di University of Rhode Island, Ted Myatt. (Mia/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini