Sukses

Teknik 'I Love You' untuk Pijat Dada Bayi

Salah satu stimulasi yang tepat bagi bayi adalah memberikan pijat sehat untuk membantu kematangan struktur otak dan sistem saraf, yang merupakan kunci sukses tercapainya kecerdasan di masa belajar. (Baca: Orangtua Wajib Beri Baby Spa)

Tapi pijat sehat tidak sembarangan. Untuk bagian dada bayi misalnya, teknik ini disebut juga gerakan 'I Love You' karena kedua tangan di dada seperti membentuk gambar hati.

Lebih jelasnya, berikut praktisi neurosains terapan, Anne Gracia menjelaskannya untuk Anda, seperti ditulis Minggu (24/11/2013):

Sebelumnya, Anda harus memperhatikan bahwa yang Anda gunakan adalah ujung jari tangan Anda, 2 atau 3 jari untuk membuat pijatan-pijatan kecil melingkar di atas dada.

1. Urut dada bayi dari bawah lekukan leher, menuju ke atas perut membentuk huruf 'I'.

2. Urut bagian perut dengan membentuk tanda hati yang dimulai dari atas perut hingga kedua telapak tangan bertemu di bawah perut.

3. Urut dari kanan bawah perut bayi, lalu naik ke kanan atas perut bayi, hingga hampir menyentuh rusuk bawah kanan,  lanjutkan mendatar di bawah area lambung hingga ke area menjelang pinggang kiri, kemudian turun ke bawah kiri. Dapat ditambahkan tarikan dari arah pinggang belakang kiri ke arah pinggang depan bawah kiri, seolah-olah melengkung membentuk 'U'.

Anne menjelaskan, pada bagian dada di bawah leher, tepatnya di puncaktulang dada terdapat kelenjar thymus. Stimulasi di area ini bermanfaat untuk mencegah alergi dan menstimulasi pembentukan antibodi.

"Sentuhan lembut di area kelenjar getah bening di sekitar ketiak hingga samping dada, dan di selangkangan dapat membantu deteksi dini adanya perubahan dan gangguan pada kelenjar. Sedini mungkin gejala infeksi atau gangguan kesehatan dapat dikenali. Untuk tiap gerakan, ulangi sebanyak 3 - 6 kali," jelasnya.

Baca juga: Langkah pijat wajah bayi yang benar

(Fit/Igw)