Sukses

Dian Sastro: Jangan Beri Stigma Negatif pada yang Tes HIV!

Menurut Dian Sastro, di zaman seperti sekarang ini dalam kondisi apa pun seseorang dapat tertular virus HIV sehingga perlu tes sejak dini.

Bintang film sekaligus brand ambassador TemanTemang.org, Dian Sastrowardoyo, meminta masyarakat Indonesia untuk tidak memberikan stigma negatif pada siapa pun yang ingin melakukan tes HIV sejak dini. Menurut istri Maulana Indraguna Sutowo, di zaman seperti sekarang ini dalam kondisi apa pun seseorang dapat tertular virus HIV.

"Karena di zaman sekarang ini, selain ditularkan dengan gaya hidup yang mungkin agak kurang sehat, seperti nge-drugs atau berganti pasangan, seseorang juga dapat tertular melalui hal-hal yang tidak disangka," kata Dian Sastrowardoyo menegaskan di acara `Peluncuran Portal Informasi Seputar HIV/AIDS dan Penyakit Menular TemanTeman.org`, di Gedung A Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), dan ditulis Jumat (8/11/2013).

Lebih lanjut mantan gadis sampul 1996 ini mengatakan, tidak banyak orang yang tahu, sekarang penularan HIV pun bisa berasal dari perkakas di dokter gigi. "Pernah ada yang membayangkan hal itu, enggak?," kata Dian menambahkan.

Memang, di Indonesia biasanya masyarakat enggan untuk melakukan tes HIV sejak dini, karena stigma negatif yang akan diterimanya dari lingkungan sekitar. Padahal, memeriksakan diri sedini mungkin berarti ia positif terkena virus itu.

(Adt/Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini